Refleksi Setahun Jokowi-Ma’ruf, BEM Kalsel Ancam Demo Tiap Pekan NASA Tunjuk Nokia untuk Bangun Jaringan Seluler di Bulan, 2024 Kirim Manusia Bermukim di Sana Demo Setahun Jokowi-Ma’ruf, Pelajar di Banjarmasin Kepergok Bawa Miras Jadwal Liga Champions Liverpool Vs Ajax, Klopp Pastikan Van Dijk Bakal Lebih Tangguh Setahun Jokowi-Ma’ruf, Map Merah Penuhi Jalanan Banjarmasin

Warga Palangkaraya Tangkap Macan Dahan Usai Memakan Kucing

- Apahabar.com Selasa, 19 Februari 2019 - 22:08 WIB

Warga Palangkaraya Tangkap Macan Dahan Usai Memakan Kucing

Macan Dahan (clouded leopard). Foto-Tribunnews.com.

apahabar.com, PALANGKARAYA – Masyarakat di kawasan Jalan Wisata II, Kelurahan Pahandut Seberang, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah geger atas kehadiran Macan Dahan (clouded leopard), di pemukiman warga yang ada di daerah itu.

Meski demikian, Macan tersebut berhasil ditangkap sekitar 30 warga yang kebetulan melihat satwa langka tersebut usai menyantap seekor kucing.

“Usai memakan seekor kucing di depan rumah pak Sahrun, kami langsung mengepung untuk menangkapnya. Penangkapan satwa yang dilindungi pemerintah itu memerlukan waktu dua jam,” kata Ahmad (30) salah satu warga yang ikut menangkap macan dahan tersebut, seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/2/2019).

Dia menegaskan, macan tersebut harus mereka tangkap karena takut bisa memangsa anak-anak yang bermukim di daerah setempat.

Dengan inisiatif sejumlah warga setempat, macan dahan yang diduga berjenis kelamin jantan tersebut berhasil ditangkap dengan cara menggunakan jala ikan.

Usai dimasukan dalam jala ikan milik warga, satwa yang dilindungi pemerintah itu tidak bisa berkutik sama sekali. Bahkan ia kalah kuat dengan jumlah warga yang sudah mengincarnya sejak diketahui keberadaannya dari masyarakat.

“Sepertinya macan dahan ini muncul dari hutan yang berada di belakang rumah pak Sahrun. Beberapa hari sebelumnya satwa tersebut tidak pernah menampakkan diri di komplek pemukiman kami, baru kali ini saja ia muncul,” beber Ahmad yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan itu.

Di lokasi yang sama, Lurah Pahandut Seberang Balap mengatakan, munculnya macan dahan di pemukiman warga sekitar pukul 09.00 WIB.

Ia menerima laporan dari salah satu warga, bahwa di kawasan Jalan Wisata II warga sedang melakukan penangkapan macan dahan yang nyasar ke pemukiman warga.

Dengan adanya laporan tersebut, Balap didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa langsung menuju lokasi penangkapan macan dahan tersebut untuk memastikan mengenai informasi itu.

Setelah melihat memang benar, ia langsung menghubungi pihak Damkar Kota Palangka Raya, namun yang datang pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota setempat.

“Takut satwa tersebut kenapa-kenapa, dengan menggunakan mobil pribadi saya, satwa tersebut langsung dievakuasi menuju kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng untuk diserahkan,” beber Balap.

Balap menambahkan, dari proses penangkapan satwa tersebut tidak ada warga yang menjadi korban keganasan macan dahan yang memiliki kekuatan cukup dahsyat apabila menerkam mangsanya.

“Proses penangkapan aman dan tidak ada warga yang menjadi korban,” tandasnya.

Baca Juga: Kapal Bermuatan Puluhan Pelajar Karam di Sungai Mentaya

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Wow! Aset Pemprov Kalteng yang Dibawa Mantan Pejabat Capai Rp 9 Triliun
apahabar.com

Kalteng

Kabut Asap Hilang, Aktivitas Warga di Muara Teweh Kembali Normal
apahabar.com

Kalteng

Dekranasda: Pengembangan Batik Khas Kalteng Belum Optimal
apahabar.com

Kalteng

Cegah Corona, Tim Gabungan Gugus Tugas Barut Razia THM
apahabar.com

Kalteng

Bisnis Lendir di Pangkalan Bun, Mahasiswa Jajakan 7 Gadis Online
apahabar.com

Kalteng

Gubernur Sugianto Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Banjir
apahabar.com

Kalteng

Padamkan Karhutla, BPBD Kapuas Kalteng Datangkan Water Bombing
apahabar.com

Kalteng

Maha Besar Allah, Alquran Masih Utuh Saat Api Melahap 2 Rumah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com