Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

Warga Palangkaraya Tangkap Macan Dahan Usai Memakan Kucing

- Apahabar.com Selasa, 19 Februari 2019 - 22:08 WIB

Warga Palangkaraya Tangkap Macan Dahan Usai Memakan Kucing

Macan Dahan (clouded leopard). Foto-Tribunnews.com.

apahabar.com, PALANGKARAYA – Masyarakat di kawasan Jalan Wisata II, Kelurahan Pahandut Seberang, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah geger atas kehadiran Macan Dahan (clouded leopard), di pemukiman warga yang ada di daerah itu.

Meski demikian, Macan tersebut berhasil ditangkap sekitar 30 warga yang kebetulan melihat satwa langka tersebut usai menyantap seekor kucing.

“Usai memakan seekor kucing di depan rumah pak Sahrun, kami langsung mengepung untuk menangkapnya. Penangkapan satwa yang dilindungi pemerintah itu memerlukan waktu dua jam,” kata Ahmad (30) salah satu warga yang ikut menangkap macan dahan tersebut, seperti dikutip dari Antara, Selasa (19/2/2019).

Dia menegaskan, macan tersebut harus mereka tangkap karena takut bisa memangsa anak-anak yang bermukim di daerah setempat.

Dengan inisiatif sejumlah warga setempat, macan dahan yang diduga berjenis kelamin jantan tersebut berhasil ditangkap dengan cara menggunakan jala ikan.

Usai dimasukan dalam jala ikan milik warga, satwa yang dilindungi pemerintah itu tidak bisa berkutik sama sekali. Bahkan ia kalah kuat dengan jumlah warga yang sudah mengincarnya sejak diketahui keberadaannya dari masyarakat.

“Sepertinya macan dahan ini muncul dari hutan yang berada di belakang rumah pak Sahrun. Beberapa hari sebelumnya satwa tersebut tidak pernah menampakkan diri di komplek pemukiman kami, baru kali ini saja ia muncul,” beber Ahmad yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan itu.

Di lokasi yang sama, Lurah Pahandut Seberang Balap mengatakan, munculnya macan dahan di pemukiman warga sekitar pukul 09.00 WIB.

Ia menerima laporan dari salah satu warga, bahwa di kawasan Jalan Wisata II warga sedang melakukan penangkapan macan dahan yang nyasar ke pemukiman warga.

Dengan adanya laporan tersebut, Balap didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa langsung menuju lokasi penangkapan macan dahan tersebut untuk memastikan mengenai informasi itu.

Setelah melihat memang benar, ia langsung menghubungi pihak Damkar Kota Palangka Raya, namun yang datang pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota setempat.

“Takut satwa tersebut kenapa-kenapa, dengan menggunakan mobil pribadi saya, satwa tersebut langsung dievakuasi menuju kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng untuk diserahkan,” beber Balap.

Balap menambahkan, dari proses penangkapan satwa tersebut tidak ada warga yang menjadi korban keganasan macan dahan yang memiliki kekuatan cukup dahsyat apabila menerkam mangsanya.

“Proses penangkapan aman dan tidak ada warga yang menjadi korban,” tandasnya.

Baca Juga: Kapal Bermuatan Puluhan Pelajar Karam di Sungai Mentaya

Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Nikmatnya Soto Batara Kuin, Kuliner Banjar di Muara Teweh yang Raih Bintang 4
apahabar.com

Kalteng

Setelah Mantap ‘Cerai’ Sugianto Sabran di Pilkada Kalteng Mendatang, Habib Ismail Wait and See
apahabar.com

Kalteng

Tidak Semua PNS di Barut Dapat THR
8 Kasus Baru Positif Covid-19 di Kalteng

Kalteng

8 Kasus Baru Positif Covid-19 di Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Angkut Kayu Ilegal, 2 Sopir Asal HSU Ditangkap Polisi di Teweh Timur
Kapuas

Kalteng

Apa Kabar Pengolahan Lahan Food Estate di Kapuas?
apahabar.com

Kalteng

Malam Terakhir Ramadan, Pusat Perbelanjaan di Palangka Raya Diserbu Pengunjung
apahabar.com

Kalteng

Bandara Haji Muhammad Sidik Barito Utara Kalteng Beroperasi Tahun Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com