Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi Pekan Ini, Rupiah Berpeluang Tembus Rp 14.000 Dini Hari, Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km

Waspada, Pelaihari dan Lima Wilayah di Kalsel Berpotensi Hujan Berpetir Hari Ini

- Apahabar.com Sabtu, 16 Februari 2019 - 06:00 WIB

Waspada, Pelaihari dan Lima Wilayah di Kalsel Berpotensi Hujan Berpetir Hari Ini

Prakiraan cuaca dari BMKG. apahabar.com/infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk kondisi cuaca di Kalimantan Selatan, hari ini.

Khususnya Pelaihari (Tanah Laut) dan lima kab/kota berpotensi mengalami cuaca ekstrem.
BMKG memprakirakan, hujan sudah terjadi pada pagi hari untuk Pelaihari. Hujan dengan intensitas ringan itu, akan berubah cukup drastis di siang harinya.

Baca Juga: Pipa PDAM di Jalan Gubernur Sarkawi Bocor, Sebagian Wilayah di Banjarmasin Mati Total

Dari pantauan situs resmi BMKG, hujan berpetir terjadi dengan kecepatan angin kencang mencapai 28 km/jam. Suhu udara diprakirakan berada pada 30 derajat celcius dan tingkat kelembaban sebesar 60 persen.

Hujan juga berpotensi terjadi di malam hari. Hanya saja intensitasnya ringan. Demikian dengan kecepatan angin di ibu kota Tanah Laut itu, yang turun jadi 9 km/jam.

Meski tak separah Pelaihari, lima kabupaten/kota yang berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Seperti Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Batola dan Tapin.

Di Banjarmasin, BMKG memprakirakan hujan berpetir terjadi pada siang hari. Dengan suhu berada pada 31 derajat celcius dan tingkat kelembaban 60 persen, kecepatan angin Banjarmasin cukup kencang yakni 19 km/jam.

Kondisi itu juga dialami Banjarbaru, Martapura (Kab Banjar), Marabahan (Batola), Rantau (Tapin) . Hanya saja tingkat suhu udara dan kelembaban serta kecepatan angin berbeda-beda tiap daerah.

Karenanya, BMKG mengingatkan agar waspada saat melakukan aktifitas di luar rumah. “Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kota/Kab Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Batola, Tapin dan Tanah Laut,” demikian peringatan BMKG lewat situs resminya, Sabtu (16/2).

Terkait cuaca pagi hari, nyaris seluruh wilayah Kalsel dalam kondisi berawan. Sementara hujan dengan intensitas ringan, selain terjadi di Pelaihari juga dialami Banjarbaru, Banjarmasin, Martapura, dan Marabahan.

Secara umum suhu udara Kalsel berada pada kisaran 23-33 derajat celcius. Sementara tingkat kelembaban di rentang 60-95 persen.

Baca Juga: Pertanyakan Kejelasan SHGB, Warga Kuin Cerucuk Datangi DPRD Banjarmasin

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

mencuri

Kalsel

Mencuri, Pria Pengangguran di Banjarmasin Barat Ditangkap
apahabar.com

Kalsel

Covid-19 di Kalsel, Banjarmasin Kembali Jadi Penyumbang Tertinggi
apahabar.com

Kalsel

Gaji Tenaga Kontrak Dinkes Banjarmasin Berbeda, Simak Nominalnya
apahabar.com

Kalsel

BMKG Prakirakan Hujan Bakal Mengguyur Seluruh Wilayah Kalsel Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Cegah Covid-19, Anang-Daus Sasar Penyemprotan di Teluk Kelayan
apahabar.com

Kalsel

Di Barito Kuala, Bantuan Bahan Pokok Mulai Didistribusikan
apahabar.com

Kalsel

Jadi Narasumber Talk Show TVRI Kalsel, Wakapolda Kalsel Bicara Soal Pengamanan Pilkada
Covid-19

Kalsel

Kabar Covid-19 Tabalong, 11 Sembuh, 11 Positif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com