Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta Demo di Pelaihari Berbuntut Laporan Polisi, Sekda Tala Minta Maaf Harga Tiket Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin Turun, Simak Daftar Lengkapnya Kedai Terapung, Unggulan Wisata Baru di Barito Kuala

Waspada, Pelaihari dan Lima Wilayah di Kalsel Berpotensi Hujan Berpetir Hari Ini

- Apahabar.com Sabtu, 16 Februari 2019 - 06:00 WIB

Waspada, Pelaihari dan Lima Wilayah di Kalsel Berpotensi Hujan Berpetir Hari Ini

Prakiraan cuaca dari BMKG. apahabar.com/infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk kondisi cuaca di Kalimantan Selatan, hari ini.

Khususnya Pelaihari (Tanah Laut) dan lima kab/kota berpotensi mengalami cuaca ekstrem.
BMKG memprakirakan, hujan sudah terjadi pada pagi hari untuk Pelaihari. Hujan dengan intensitas ringan itu, akan berubah cukup drastis di siang harinya.

Baca Juga: Pipa PDAM di Jalan Gubernur Sarkawi Bocor, Sebagian Wilayah di Banjarmasin Mati Total

Dari pantauan situs resmi BMKG, hujan berpetir terjadi dengan kecepatan angin kencang mencapai 28 km/jam. Suhu udara diprakirakan berada pada 30 derajat celcius dan tingkat kelembaban sebesar 60 persen.

Hujan juga berpotensi terjadi di malam hari. Hanya saja intensitasnya ringan. Demikian dengan kecepatan angin di ibu kota Tanah Laut itu, yang turun jadi 9 km/jam.

Meski tak separah Pelaihari, lima kabupaten/kota yang berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Seperti Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Batola dan Tapin.

Di Banjarmasin, BMKG memprakirakan hujan berpetir terjadi pada siang hari. Dengan suhu berada pada 31 derajat celcius dan tingkat kelembaban 60 persen, kecepatan angin Banjarmasin cukup kencang yakni 19 km/jam.

Kondisi itu juga dialami Banjarbaru, Martapura (Kab Banjar), Marabahan (Batola), Rantau (Tapin) . Hanya saja tingkat suhu udara dan kelembaban serta kecepatan angin berbeda-beda tiap daerah.

Karenanya, BMKG mengingatkan agar waspada saat melakukan aktifitas di luar rumah. “Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kota/Kab Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Batola, Tapin dan Tanah Laut,” demikian peringatan BMKG lewat situs resminya, Sabtu (16/2).

Terkait cuaca pagi hari, nyaris seluruh wilayah Kalsel dalam kondisi berawan. Sementara hujan dengan intensitas ringan, selain terjadi di Pelaihari juga dialami Banjarbaru, Banjarmasin, Martapura, dan Marabahan.

Secara umum suhu udara Kalsel berada pada kisaran 23-33 derajat celcius. Sementara tingkat kelembaban di rentang 60-95 persen.

Baca Juga: Pertanyakan Kejelasan SHGB, Warga Kuin Cerucuk Datangi DPRD Banjarmasin

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pro Kontra Gowes di Tengah Pandemi, Bang Dhin Buka Suara
apahabar.com

Kalsel

Bentengi Kampung dari Virus Corona, Polsek Kelumpang Utara Bangun Portal di Perbatasan
apahabar.com

Kalsel

Korsleting, Api Bakar Dapur Rumah Pendeta Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Tantangan Pemuda Kian Berat, Ibnu Sina: Jangan Sampai Ciut!
apahabar.com

Kalsel

AP 1 Bantah Proyek Bandara Syamsudin Noor Rusak Sumur Bor Gambut
apahabar.com

Kalsel

Ingin Viral, Zaman Sebar Video Hoaks Covid-19 di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Kapolda Kalsel Apresiasi Inovasi Poskotis untuk Pelajar Kurang Mampu
apahabar.com

Kalsel

Dirawat di RSUD Barabai, OTG asal BAT Keluhkan Gejala Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com