Tensi Politik Memanas, Bawaslu RI Turun Gunung ke Kalimantan Selatan Buntut Video Guru Wildan, Bawaslu Klarifikasi PWNU Kalsel Resmi! PPKM Mikro di Banjarbaru Kembali Diperpanjang hingga 19 April Hore! Tanah Laut Segera Miliki Stadion Berkapasitas 10.000 Penonton Perhatian! Bandara Syamsudin Noor Tetap Beroperasi Selama Larangan Mudik

Waspada Potensi Angin Kencang dan Hujan Berpetir di Kalsel

- Apahabar.com Senin, 18 Februari 2019 - 06:00 WIB

Waspada Potensi Angin Kencang dan Hujan Berpetir di Kalsel

Prakiraan cuaca kalsel. Foto-apahabar.com/infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Warga Kalimantan Selatan patut waspada. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Giofisika kembali mengeluarkan dini untuk kondisi cuaca hari ini.

Secara keseluruhan, jika melihat data BMKG, nyaris tidak ada kab/kota di Kalsel yang bebas dari hujan. Hanya saja tingkat potensi hujan bervariasi. Mulai dari hujan lokal, ringan, hingga berpetir.

Terdapat delapan kab/kota di Kalsel yang diprakirakan mengalami hujan disertai petir dan angin kencang. Karenanya warga diminta berhati-hati atas ancaman potensi itu.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kota/Kab Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Batola, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah dan Balangan,” demikian peringatan dini BMKG melalui situs resminya, Senin (18/2).

Kendati demikian ada empat daerah mengalami potensi hujan berpetir. Berdasarkan data BMKG, tiga di antaranya kab/kota termasuk dalam peringatan dini yakni Banjarbaru, Martapura dan Paringin. Sementara sisanya Amuntai (Hulu Sungai Utara).

BMKG memprakirakan Amuntai mengalami hujan berpetir pada malam hari. Dengan suhu udara berada pada 26 derajat celcius dan tingkat kelembaban 85 persen, kecepatan angin Amuntai pada 9 km/jam.

Kondisi yang sama juga dialami kota Paringin (Balangan).

Sementara untuk Banjarbaru dan Martapura (Banjar) hujan disertai petir terjadi pada siang hari. Kondisi suhu udara kedua wilayah itu berada 32 derajat celcius dan tingkat kelembaban 60 persen. Sedangkan kecepatan angin 19 km/jam. Kondisi ini cukup rawan, sehingga warga patut waspada jika melakukan aktifitas di luar rumah.

Berbeda dengan Banjarmasin. Ibu kota Provinsi Kalsel ini pagi dan siang hari kondisi cuacanya berawan. Kedati demikian, potensi hujan terjadi pada malam hari. Dari data BMKG, hujan ringan terjadi di bawah suhu 26 derajat celcius dan tingkat kelembaban sebesar 85 persen. Angin bertiup cukup kencang 9 km/jam.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Traffic Light di Pal 6 Sari Gadung Error, Kasat Lantas: Waspada!
Gowes ala Polres HSU: Semangatku Mengalahkan Lelahku

Kalsel

Gowes ala Polres HSU: Semangatku Mengalahkan Lelahku
apahabar.com

Kalsel

Mengail Kesejahteraan, DPRD Berencana Manjakan Investor
Bunuh Anak

Kalsel

Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah
apahabar.com

Kalsel

Dari Pentol Bakar, Paridah Untung Rp 200 Ribu Per Hari
Di tengah Wabah Covid-19, HMR Rajin Turun Salurkan Bantuan ke Warga

Kalsel

Di tengah Wabah Covid-19, HMR Rajin Turun Salurkan Bantuan ke Warga

Kalsel

Untuk Pelanggan PLN, Waspada Penipuan Subsidi Listrik Melalui Website
apahabar.com

Kalsel

Lingkungan Sekolah dan Media Belum Ramah Anak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com