Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

189 Rumah Terbakar di Palangka Raya

- Apahabar.com Sabtu, 30 Maret 2019 - 16:20 WIB

189 Rumah Terbakar di Palangka Raya

Ilustrasi kebakaran di Palangka Raya, Sabtu (30/03/2019). Foto-tribratanews

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Sedikitnya 189 rumah berbahan kayu di kompleks perumahan Jalan Rindang Banua (Punton), Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah habis terbakar, Sabtu (30/03/2019) dini hari.

Dugaan sementara kebakaran di kawasan padat penduduk tersebut berasal dari rumah sekaligus warung milik Yanti.

“Tapi, itu dugaan sementara dan kami masih terus melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran tersebut. Korban jiwa, tidak ada,” kata Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar saat berada di lokasi dikutip dari Antara, Sabtu.

Kepolisian juga sudah memintai keterangan beberapa orang saksi. Yanti pemilik rumah belum bisa dimintai keterangan karena pingsan dan di rawat ke RS Bhayangkara akibat syok.

“Dari hasil penyelidikan itu nantinya baru diketahui secara pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah tersebut,” terang Timbul.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah saat meninjau lokasi kebakaran itu, mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial Pronvisi Kalteng untuk memberikan bantuan.

Dia mengatakan jika bangunan rumah lebih dari 10 unit yang terbakar, maka sesuai aturan yang berlaku Dinsos Pemerintah Kota Palangka Raya bisa mengajukan bantuan sembako serta lain sebagainya ke Dinsos Provinsi Kalteng.

Baca Juga: Warga Mangga Gelar Tolak Bala, Berharap Jauhkan Dari Kebakaran

“Alhamdulillah semua bantuan, baik itu pemberian makanan melalui dapur umum serta bantuan lainnya sedang diproses,” kata Umi.

Pemkot Palangka Raya juga akan mencoba melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial Pusat meminta bantuan. Karena bangunan rumah milik warga yang terbakar ini jumlahnya di atas 50 unit.

Sembari menunggu data valid seperti berapa jumlah kepala keluarga yang menjadi korban dan jumlah bangunan yang hangus terbakar, pemerintah setempat akan mencoba mengajukan bantuan apa saja yang bisa diberikan kepada para korban kebakaran tersebut.

“Pemkot yang berkolaborasi dengan Pemprov Kalteng juga sudah menyiagakan petugas kesehatan, tenda darurat serta hal-hal lainnya yang diperlukan oleh para korban kebakaran untuk sementara ini,” katanya pula.

Korban kebakaran itu, sebagian saja yang menempati tenda darurat karena lebih memilih untuk mengungsi ke tempat sanak keluarganya yang tidak jauh dari lokasi kebakaran.

Sedangkan mengenai penyebab kebakaran masih simpang siur, ada yang menyebutkan karena kompor, ada juga yang mengatakan dari arus pendek listrik. Namun hal ini masih dilakukan penyelidikan pihak kepolisian setempat.

Sehari sebelumnya, insiden kebakaran juga terjadi di Kompleks Perumahan Kampung Baru tepatnya di Jalan Nangka. Akibatnya dua bangunan rumah milik warga hangus dilalap si jago merah.

Peristiwa tersebut juga sudah ditangani oleh jajaran Polres Palangka Raya. Penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik, namun lagi-lagi hal tersebut masih dalam penyelidikan pihak yang berwajib.

Baca Juga: Biddokkes Polda Kalsel Blusukan ke Lokasi Kebakaran

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Ingin Tingkatkan PAD, Sekda Kapuas Imbau Masyarakat Patuhi Perda Walet
apahabar.com

Kalteng

Pasar Ramadhan di Barut Digelar Online
apahabar.com

Kalteng

Paduan Suara di Istana, 4 Siswa Asal Barut Wakili Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Resmi, Polres Palangka Raya Naik Tipe Jadi Polresta
apahabar.com

Kalteng

Pemkab Tapin Belajar Penanganan Stunting ke Kapuas
apahabar.com

Kalteng

Unit Motor Polres Pangkalan Bun Sita Puluhan Ulin Ilegal
apahabar.com

Kalteng

Satlantas Barut Sikat Pengendara Knalpot Blong
apahabar.com

Kalteng

PMI Bersama PWI Kapuas Gelar Donor Darah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com