Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas Jalan Provinsi di HSU Rusak Parah, Truk Bermuatan Semen Amblas Persiba Cuci Gudang, Coret Tujuh Pemain Jelang Delapan Besar Liga 2

Bandara Wamena Siap Didarati Boeing

- Apahabar.com     Rabu, 13 Maret 2019 - 14:52 WITA

Bandara Wamena Siap Didarati Boeing

Sejumlah aktifitas bongkar muat di Bandara Wamena. Foto-Dok http://ceuceumeo2.blogspot.com

apahabar.com, JAKARTA – Manajemen Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Wamena di Jayawijaya, Provinsi Papua, berkoodinasi dengan pemerintah setempat terkait rencana perpanjangan landasan pacu (runway) agar mampu didarati pesawat jenis Boeing 737 seri 800.

Kepala Bandara Kelas I Wamena Joko Harjani di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Rabu, mengatakan bahwa saat ini landasan pacu yang dimiliki hanya bisa didarati pesawat Boeing 737 seri 300.

Baca Juga: Pasca Haul, Tiket Pesawat Banjarmasin-Balikpapan Rp 2 juta!

“Sesuai rencana awal, target pesawat yang beroperasi di Wamena adalah Boeing 737 seri 300, tetapi kami akan mengubah target, pesawat yang beroperasi yang lebih besar menjadi Boeing 737 seri 800,” katanya, tulis ANTARA, Rabu (13/3).

Untuk menunjang pendaratan dan penerbangan pesawat jenis Boeing seri 800 akan dilakukan perpanjangan ke arah landasan pacu 33 sepanjang 100 meter pada 2019 dan pada 2020 direncanakan perpanjangan lagi 226 meter.

“Perpanjangan landasan pacu kami tergetkan menjadi 2.700 dari yang sekarang 2.175. Kami akan lakukan perpanjangan secara bertahap. Tetapi kami harapkan tahun depan sudah menjadi 2.500 meter,” katanya.

Jika perpanjangan landasan pacu sudah mencapai 2.500 meter, akan dilanjutkan perpanjangan ke arah landasan pacu 15, sepanjang 200 meter sehingga target 2.700 meter dengan lebar 40 meter bisa tercapai.

Baca Juga: Garuda Indonesia dan Lion Air Tak Lagi Operasikan Boeing 737 – 8 Max

“Mudah-mudahan minggu depan kami bisa bertemu dengan pimpinan kami di Jakarta untuk menyampaikan rencana ini sebab setelah berkoordinasi dengan pemerintah, bupati dan wakil merespon baik pembebasan lahan untuk pengembangan Bandara Wamena,” katanya.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengatakan alokasi anggaran pembebasan lahan untuk perpanjangan landasan pacu tersebut pada APBD Perubahan 2019 dan APBD 2020 segera dibahas.

“Kami akan membebaskan arah runway 33, sekitar 300 meter. Kami siap membebaskan karena itu kebutuhan masyarakat. Saya dan wakil sudah bersedia, sedang negosiasi dengan masyarakat terkait pembebasan lahan,” katanya.

Bupati mengatakan Wakil Bupati Marthin Yogobi sudah bertemu pemilik ulayat, namun karena belum ada kesepakatan besaran anggaran yang harus dibayarkan sehingga belum ada penetapan.

Baca Juga: Hari Ini, Boeing 737 Max 8 Sementara Dilarang Terbang

“Kami tidak bisa menganggarkan sebelum ada negosiasi dan Wakil Bupati sudah melakukan negosiasi dengan pihak keluarga dan kami masih menunggu penyampaian harga,” katanya.

Editor: Fariz F

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ali Kora

Nasional

Kelompok Ali Kora Bersembunyi di Hutan, Polisi dan TNI Kesulitan?
Dinosaurus

Nasional

Viral! Petugas MFP Magetan Berjibaku Turunkan Dinosaurus dari Truk
JCH

Nasional

Batal Berangkat, Kemenag: JCH Dapat Ajukan Pengembalian Setoran Lunas
apahabar.com

Nasional

Reaksi Tokoh Madura Usai Adanya Perusakan Posko Penyekatan di Suramadu
apahabar.com

Nasional

8 Rumah Sakit di Bogor Putus Kontrak dengan BPJS Kesehatan
Presiden

Nasional

Pelibatan TNI dalam Terorisme Jangan Gunakan Pendekatan Perang
apahabar.com

Nasional

Djoko Santoso: Penyelundupan Narkoba Ancam Indonesia

Nasional

Ke Arab Saudi, Menteri Yaqut Perjuangkan Kepastian Haji Tahun Depan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com