Hari Tahu Sedunia: Walhi Kalsel Desak Pemerintah Buka-bukaan soal Kontrak Tambang Raksasa Kilang Minyak Rp300 Triliun di Kotabaru Masih Angan-Angan Komandan Macan Kalsel ke Pembunuh Brutal Gambah HST: Serahkan Diri! Keselamatan Dijamin Ribut-Ribut Salah Tangkap Mahasiswa HMI Barabai Berakhir Antiklimaks Tinjau Penataan Sekumpul, Dirjen Cipta Karya Ngomel-Ngomel!

BMKG Ingatkan Tujuh Wilayah Kalsel Agar Waspada Hari Ini

- Apahabar.com     Senin, 25 Maret 2019 - 06:00 WITA

BMKG Ingatkan Tujuh Wilayah Kalsel Agar Waspada Hari Ini

Prakiraan Cuaca Kalsel. Foto-apahabar.com/infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk kondisi cuaca hari ini. Sedikitnya tujuh wilayah berpotensi mengalami cuaca ekstrem.

BMKG melihat adanya potensi hujan dengan intensitas tinggi disertai petir. Bahkan kondisi itu disertai pula oleh angin kencang. Setidaknya dari 13 kab/kota di Kalsel, tujuah di antaranya mengalami kondisi cuaca tersebut.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten/Kota Banjar, Banjarmasin, Banjarbaru, Batola, Tapin, Tanah Bumbu dan Kotabaru,” demikian peringatan dini BMKG melalui situs resminya, Senin (25/3) dini hari.

Kondisi seperti itu diprakirakan terjadi pada siang hari. Seperti Banjarmasin, Batulicin (Tanah Bumbu), Kotabaru dan Marabahan (Batola). Sementara untuk Martapura (Kab. Banjar), Rantau (Tapin) dan Banjarbaru meski kemungkinannya kecil namun potensi cuaca ekstrem pada siang hari tetap ada.

Sebagai gambaran, untuk Banjarmasin potensi hujan berpetir pada siang hari berada pada suhu udara 33 derajat celcius. Suhu udara bisa turun mencapai 24 derajat celcius. Kemungkinan kecepatan angin berada pada 19 km/jam. Angin bertiup normal terjadi pada dini hari dengan kecepatan 0 km/jam. Pada saat itu kondisi cuaca cerah berawan.

Meski demikian, tidak seluruh wilayah Kalsel berpotensi cuaca ekstrem. Sebab untuk beberapa wilayah hulu sungai cuaca cukup bersahabat. Seperti Amuntai (Hulu Sungai Utara) Barabai (Hulu Sungai Tengah), Paringin (Balangan), dan Tanjung (Tabalong) terpantau dari data BMKG, bebas dari hujan. Kondisi cuaca didominasi cerah berawan.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pembalap Liar di Tapin Disanksi Tegas, Kasatlantas: Agar Jera
Polda Kalsel

Kalsel

Terima Perintah MK, Polda Kalsel Siap Amankan PSU
apahabar.com

Kalsel

Dukung Adaptasi Kesiapan Baru, Polresta Banjarmasin Gelar Patroli Malam
apahabar.com

Kalsel

Apes, Simak Kronologi Penangkapan Oknum Petugas SAR Banjarmasin

Kalsel

PPKM Level IV, Surga Bawah Laut di Kotabaru Tetap Memesona
Hotel Banjarmasin

Kalsel

Mayat di Hotel Banjarmasin Diduga WTS, Polisi Dapati Pisau Serbaguna
apahabar.com

Kalsel

Bawa Lari Motor Pelanggan, Pekerja Bengkel di Tabalong Ditangkap Tim Gabungan
apahabar.com

Kalsel

Ngaku Bisa Gandakan Uang, Guru Spiritual Palsu di Amuntai Selatan Ditangkap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com