Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel Meletus! Gunung Semeru Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer Edan! 2 Pria Pembawa Sabu 11 Kg Tertangkap di Duta Mall Licin, Bos Travelindo Terduga Penipu Jemaah DPO Sejak Tahun Lalu

BMKG: Kalsel, Waspada Potensi Hujan dan Angin Kencang Hari Ini!

- Apahabar.com Selasa, 12 Maret 2019 - 06:00 WIB

BMKG: Kalsel, Waspada Potensi Hujan dan Angin Kencang Hari Ini!

Prakiraan Cuaca Kalsel. Foto-apahabar.com/infografis

apahabar.com, BANJARMASIN – Kondisi cuaca Kalsel hari ini tak berbeda jauh dari hari kemarin. Potensi hujan dan angin kencang masih terjadi di sejumlah 13 kab/kota.

Sedikitnya ada delapan kab/kota yang masuk dalam peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Antara lain Kabupaten Banjar, Tanah Laut (Tala), Barito Kuala (Batola), Tapin, Kotabaru, Tanah Bumbu (Tanbu), Kota Banjarmasin dan Banjarbaru.

Potensi hujan paling besar terjadi pada siang hari. Dengan kecepatan angin bervariasi di setiap daerah, namun angin bertiup cukup kencang, yakni bisa mencapai 28 km/jam.

Kendati demikian, suhu udara Kalsel cukup panas. Pasalnya suhu udara berada pada kisaran 23-32 derajat celcius, dengan tingkat kelembaban mulai 65 hingga 95 persen.

Kondisi hujan dan angin kencang juga berpotensi pada malam hari. Meski peluangnya kecil, namun situasi kondisi cuaca bisa saja mengalami perubahan, yang tadinya hanya diprakirakan hujan lokal di beberapa lokasi di malam hari.

Berbeda pada pagi hari, hampir seluruh wilayah dalam kondisi cerah berawan. Terkecuali Pelaihari (Tala), BMKG memprakirakan potensi hujan lokal kemungkian besar terjadi.

Karenanya BMKG mengingatkan warga Kalsel khususnya yang termasuk dalam peringatan dini terjadi cuaca ekstrem. Mereka dihimbau untuk waspada saat melakukan aktivitas di luar rumah.

“Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kab. Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala, Tapin, Kotabaru, Tanah Bumbu, Kota Banjarmasin dan Banjarbaru,” demikian peringatan dini BMKG melalui situs resminya, Selasa (12/3).

Sementara itu, warga di luar wilayah yang tidak termasuk dalam peringatan dini BMKG tersebut harus tetap waspada, karena perubahan cuaca bisa saja terjadi. Khususnya potensi hujan dan angin kencang pada siang hari seperti di Amuntai (Hulu Sungai Utara), Barabai (Hulu Sungai Tengah), Kandangan (Hulu Sungai Selatan), Paringin (Balangan) dan Tanjung (Tabalong).

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Penurunan Harga Tiket Pesawat Picu Deflasi Kalsel!

Kalsel

Covid-19 Kalsel Kembali Melonjak, Temuan 85 Kasus di Tanah Bumbu
apahabar.com

Kalsel

Diduga Catut Ponpes Darussalam Minta Bantuan, Pria di Martapura Diamankan
apahabar.com

Kalsel

Bangun Infrastruktur di Kotabaru, Sebuku Cairkan Rp 700 M
apahabar.com

Kalsel

Seleksi Perangkat Desa, Batola Menggunakan CAT
apahabar.com

Kalsel

Setelah Positif Covid-19, 8 Peserta Pilkada Kalsel 2020 Jalani Tes Kesehatan di RSUD Ulin Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Peringatan Hari Kearsipan Nasional, Kalsel Masih Minim SDM Arsiparis
apahabar.com

Kalsel

Sambangi Warga di Wilayah Hukumnya, Polsek Tambang Maksimalkan Pencegahan Karhutla
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com