Sejumlah Guru di Banjarbaru Positif Covid-19, Aktivitas 2 Sekolah Dihentikan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Suami Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Dikenal Penanambaan Tak Seberuntung THM, Pembukaan Siring Pierre Tendean Ditunda Lagi Benarkah Depresi? Ibu Terduga Pembunuh Anak Kandung di Batu Benawa HST di Mata Warga

Bupati HSS Didaulat Wakili Bupati & Walikota Se-Kalsel Berikan Sambutan Pada Penyerahan Lkpd Tahun 2018

- Apahabar.com Jumat, 22 Maret 2019 - 22:15 WIB

Bupati HSS Didaulat Wakili Bupati & Walikota Se-Kalsel Berikan Sambutan Pada Penyerahan Lkpd Tahun 2018

Bupati H Achmad Fikry saaf menyerahkan LKPD TA 2018. Foto-Protokol dan Humas HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan, Achmad Fikry, didaulat menyampaikan sambutan untuk mewakili sembilan Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan, dalam acara Penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran (LKPD TA) 2018, Jumat (22/3/2019).

Kegiatan ini digelar oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel), di Aula BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel, Banjarbaru.

Diketahui selain HSS, delapan Kabupaten/Kota yang menyerahkan LKPD TA 2018 yaitu, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan, Tabalong, Tanah Laut,  Tanah Bumbu, dan Kabupaten Kotabaru.

Dalam sambutannya, Achmad Fikry mengucapkan terimakasih atas segala masukan, koreksi, dan langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan yang dilakukan BPK RI.

Menurutnya, sangat disadari, banyak hal yang menjadi kelemahan dan kekurangan  selama audit berjalan. Sehingga, jajaran Pemerintah Kabupaten HSS ke depannya harus terus bertekad untuk melakukan perbaikan.

Baca Juga: Gelar Sispamkota, Polres HSS Terjunkan Ratusan Petugas

Bupati juga memohon bimbingan dan arahan dari BPK agar dalam proses selanjutnya dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Perkenankan saya mewakili Bupati/Walikota se Kalimantan Selatan, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Selatan beserta seluruh jajarannya, yang pada hari ini berkenan menerima LKPD tahun 2018,” ucap Achmad Fikry dalam sambutannya.

Pada saatnya nanti, sambungnya, pihaknya siap untuk dilakukan audit kembali dan tentu saja selalu berharap dan berdo’a, semoga semua bisa mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Menurut Kepala Perwakilan BPK RI Prov Kalsel, Tornanda Syaifullah SE MM Ak, tahun ini ada dua kali penyerahan LKPD. Gelombang pertama dilakukan pada hari ini (22 Maret) dan gelombang kedua pada 29 Maret.

Diharapkan, semua Kabupaten/Kota bisa menyerahkan LKPD TA 2018 tepat waktu. Dikatakan Tornanda, LKPD sudah harus diserahkan paling lambat akhir Maret.

“Laporan keuangan akan diperiksa, dan hasilnya kami serahkan paling lambat 60 hari sejak diterima,” jelasnya.

Menurut Tornanda, ada empat kriteria yang menjadi acuan dalam pemeriksaan laporan keuangan, yaitu Pengelolaan keuangan harus sesuai standar akuntansi pemerintahan. Kecukupan pengungkapan laporan keuangan. Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Dan, efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI).

Tornanda berharap, jajaran pemerintah daerah tidak memberikan batasan terhadap pemeriksaan yang dilakukan BPK RI. Karena menurutnya, jika ada pembatasan, akan mempengaruhi laporan keuangan yang disampaikan dan opini yang akan diberikan.

Dari pemeriksaan pertama, sambungnya, ada beberapa poin yang harus ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, diantaranya mengenai administrasi dana hibah dan masih ada laporan aset yang belum tertib administrasi. Pertanggungjawaban keuangan yang dilakukan, harus ada korelasi positif dengan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Acara Penyerahan LKPD TA 2018 dihadiri pula oleh Inspektur Kabupaten,  Ir Rusmajaya MT, Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten HSS, H M Noor, Bupati/Walikota dari sembilan Kabupaten/Kota atau yang mewakili beserta Kepala SKPD terkait, dan jajaran BPK RI Perwakilan Prov Kalsel.

Pada kesempatan itu, dilakukan juga penandatanganan Berita Acara Serah Terima LKPD oleh masing-masing Kepala Daerah atau yang mewakili dan Kepala Perwakilan BPK RI Prov Kalsel.

Baca Juga: Peringati Isra Mi’raj, PGRI HSS Diminta Solid

Reporter: ahc01
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Bupati HSS Keluarkan SK Siaga Karhutla
apahabar.com

HSS

Kalsel Expo 2019, Kuliner HSS Diserbu Pengunjung
apahabar.com

HSS

TP PKK HSS Gelar Penyuluhan Pusat Informasi dan Konseling Keluarga
apahabar.com

HSS

Bakti Sosial Kodim 1003, Kursi Roda Untuk Lansia Hingga Potong Rambut Gratis
apahabar.com

HSS

BKKBN Kalsel Sosialisasikan Program KKBPK untuk HSS
apahabar.com

HSS

8 Calon Bersaing Duduki Jabatan Sekda HSS
apahabar.com

HSS

Fikry Minta Radio Sehati Kandangan Jadi Mitra Pemerintah
apahabar.com

HSS

Pasien Covid-19 Meninggal di HSS Didominasi Pengidap Penyakit Penyerta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com