Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Cegah Pelanggaran Kode Etik Pemilu, Ini Langkah DKPP

- Apahabar.com Sabtu, 9 Maret 2019 - 19:09 WIB

Cegah Pelanggaran Kode Etik Pemilu, Ini Langkah DKPP

Sosialisasi Peraturan DKPP RI dengan pesertanya Panwas dan Bawaslu kabupaten/kota se Kalsel di Hotel Royal Jelita, Jalan Ahmad Yani Km 5, Banjarmasin, Sabtu (9/3/2019). Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terus berupaya melakukan pencegahan terkait pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu.

Sebab, pengaduan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu terhadap DKPP terus mengalir. Makanya perlu trik dan tips dalam melakukan pencegahan.

Salah satunya dengan sosialisasi peraturan DKPP RI dengan pesertanya Panwas dan Bawaslu kabupaten/kota se Kalsel di Hotel Royal Jelita, Jalan Ahmad Yani Km 5, Banjarmasin, Sabtu (9/3/2019).

Baca Juga: TKD Jatim: Lawan Jokowi Sebenarnya Hoaks dan Fitnah

“Sosialisasi ini sangat diperlukan, karena peserta Pemilu mengerahkan segala cara dalam melanggar kode etik saat mendekati waktu Pemilu. Untuk itu, Bawaslu dan KPU selalu waspada untuk terus melakukan pengawasan,” ucap Ketua DKPP Harjono kepada apahabar.com.

Lanjutnya, ia menyampaikan bahwa apabila kader sudah memahami peraturan, maka harus ditegakkan lurus berjalan sesuai pemahamannya supaya mencegah tindak pidana Pemilu.

Sebab, harga diri sebagai penyelenggara pesta demokrasi lima tahunan tersebut terletak pada integritasnya hak dan kewajibannya masing masing.

“Jadi penyelenggara dan pengawas tidak hanya terampil dan profesional. Namun harus juga berintegritas,” tegasnya.

Baca Juga: Caleg Datangi Makam, Berdoa Menang Pileg

DKPP, sambungnya mengharapkan Panwas, KPU dan Bawaslu bisa berkomunikasi dengan baik untuk menaati aturan dan menuruti aspek aspek etika dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan mengatakan bahwa pengetahuan yang diberikan oleh DKPP ini akan sangat berguna bagi penyelenggaraan Pemilu.

Sebab, jebakan pelanggaran Pemilu seperti money politik rentan dilakukan oleh peserta Pemilu mengoyah etika penyelenggara.

“Mendekati Pemilu, money politik biasanya rentan mendekati penyelenggara. Hal ini yang kami antisipasi terlebih dahulu,” tegasnya.

Baca Juga: KPU Terbantu dengan Lembaga Survei Dalam Pemilu

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Ma’ruf Anggap Pidato AHY Dukungan Demokrat
apahabar.com

Politik

Romahurmuziy Ungkap Fakta Tabloid Hoaks Obor Rakyat
apahabar.com

Politik

Legislative Goes To Campus, Bang Dhin Ajak Milenial Pilih Pemimpin yang Berintegritas
apahabar.com

Politik

Deklarasi Maju Pilwali Banjarmasin 2020, Hj Ananda: Musuh Susah Tidur!
apahabar.com

Politik

Alpiya Rahman, Calon Wakil Bupati Tanah Bumbu yang Sederhana
apahabar.com

Politik

Tanggapi Ajakan Rekonsiliasi Pasca Pilpres, BPN: Kita Tidak Sedang Perang
apahabar.com

Politik

Reses ala Rosehan
apahabar.com

Politik

Melihat Akun Medsos Paslon Pilbup HST, Pasangan Sabil Terbanyak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com