Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu

Cerita Pilu Korban Kebakaran di Jalan Veteran: ‘Rumah Saya Baru Renovasi’

- Apahabar.com Minggu, 24 Maret 2019 - 12:11 WIB

Kebakaran yang melanda dua RT di kawasan Jalan Veteran, Gang Baru, RT 26 dan RT 25, Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur, Sabtu (23/3) malam, menyisakan cerita pilu bagi para korban.

Eddy Andriyanto, BANJARMASIN

Abdur Rauf (52), Ketua RT 26 itu sudah menetap di Banjarmasin sejak puluhan tahun silam, hanya bisa tawakal melihat rumah yang menjadi tempat berteduh sehari-harinya terbakar.

Warga asal Pulau Kangean, Sumenep tersebut, tak pernah menduga, tak pula datang firasat apa-apa, musibah bia datang di kegelapan malam yang penuh misteri baginya.

Beberapa saat, hening kegelapan malam pecah, oleh teriakan yang mengabarkan ada api yang menyala. Masyarakat pun berdatangan. Suasana berubah mencekam. Suhu udara seketika naik dari normalnya.

“Awal kejadian saya sedang mengikuti acara Isra Mikraj, tiba-tiba saya dikejutkan teriakan warga. Saya pun seketika keluar untuk melihat apa yang terjadi, ternyata api mulai menyala dan membakar tempat-tempat sekitar. Saya bergegas menyelamatkan barang berharga yang sempat saya selamatkan,” ungkap Abdurrauf saat berbincang dengan apahabar.com di lokasi kebakaran.

Baca Juga: BREAKING NEWS..!! Si Jago Merah Luluh Lantakkan Rumah di Jalan Veteran Banjarmasin

Kata dia, barang yang bisa diselamatkan hanya satu unit sepeda motor serta baju yang melekat di badan. Sementara yang lainnya hangus jadi arang. Ditaksir kerugiannya mencapai ratusan juta rupiah.

“Saya tidak bisa sebutkan secara pasti berapa. Rumah ini baru saja direnovasi. Sekarang hancur dan rata sudah,” bebernya.

Pria 52 tahun itu tak bisa menutupi rasa sedih dari mukanya. Matanya sembab, dan masih berkaca kaca. Dia berjalan perlahan memasuki rumah dua lantai yang tinggal puing itu. Para tetangga terlihat menenangkan ayah 5 anak itu.

“Ini meja rias harganya 12 juta saya membelikan untuk istri saya. Lihat (sambil menunjuk), sekarang jadi arang mas,” mimik mukanya mulai memerah menahan amarah.

Namun begitu, dia masih tampak tabah dan bersyukur dapat selamat dari musibah mengerikan itu. Selain ia, istri dan anak serta keponakannya, dan sepeda motor masih dapat diselamatkan.

Baca Juga: VIDEO: Si Jago Merah Hanguskan Rumah di Jalan Veteran

“Alhamdulillah istri dan anak saya selamat,” tuturnya.

Ke depan, dirinya berharap Pemerintah Kota Banjarmasin mau membantu mengurangi derita para korban kebakaran.

“Semoga Pemkot dapat melihat kami yang sekarang tak punya apa-apa karena harta kami sudah habis terbakar api, ya setidaknya kami berharap pemerintah membuka mata untuk membantu kami membangun rumah kembali,” tandasnya.

Malam tadi, Sabtu (24/3), kebakaran meluluhlantakkan belasan rumah di kawasan Jalan Veteran, Gang Baru.

Terbaru, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin mencatat ada 10 rumah di dua RT, yakni RT 25 dan RT 26, Kelurahan Kuripan, Banjarmasin Timur. Rinciannya, enam rumah terbakar 100 persen, dua rumah rusak berat dan, dua buah mengalami rusak ringan.

Baca Juga: Efek Kebakaran, Kawasan Veteran Padat Merayap

“Taksiran kerugian Rp 1,1 miliar,” jelas Kepala BPBD Banjarmasin Muhammad Hilmi dihubungi apahabar.com, Minggu (24/2) pagi tadi. Dari dua RT tadi, total terdapat 12 kepala keluarga berisikan 46 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Pantauan apahabar.com, api baru bisa dipadamkan sejam kemudian atau pukul 23.16 Wita. Embusan angin malam membuat korban api membesar dan merembet ke rumah di sekitarnya. Ada puluhan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

“Sumber air ada, namun sulit dan jauh. Kendala di lapangan bangunan terbuat dari kayu dan berdempetan membuat api cepat menjalar. Akses ke TKP juga sempit,” jelas Hilmi.

Baca Juga: Kebakaran Hebat di Veteran Banjarmasin, Pasha Ikut Berduka

Berdasarkan pengamatan apahabar.com di lapangan, rumah yang terbakar jumlah rinciannya 6 unit di jalur 2 Gang Baru RT 26, dan di jalur 1 Gang Baru RT 25 sisanya.

“Rumah-rumah ini berdekatan,” tutur Bahrudin, saksi mata di lokasi kebakaran.

Soal penyebab pasti, Bahrudin belum tahu. Di satu sisi, sampai sekarang polisi masih menyelidikinya. Hasilnya pun serupa BPBD. Polisi menduga penyebabnya korsleting.

“Untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran, harus melalui penyelidikan. Itu yang masih kita lakukan sekarang,” konfirmasi Kapolsek Banjarmasin Timur Kompol H. Uskiansyah melalui Kasi Humas Aiptu Partogi.

Usai api jinak, terlihat sejumlah warga terdampak terlihat menyelamatkan sisa-sisa material yang masih dapat digunakan. Sebagian, hanya bisa melihat rumahnya yang hangus dilalap api.

Baca Juga: Update Terbaru Kebakaran Kawasan Veteran Banjarmasin, Cek Datanya

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kloter Pertama Calon Haji Banjarmasin Dilepas dari Sabilal
apahabar.com

Kalsel

Kalimantan Selatan Masih Dikuasai Hujan Siang Ini
apahabar.com

Kalsel

DPRD Kalsel ke Kaltim, Susun Rencana Pembangunan Gerbang Perbatasan
apahabar.com

Kalsel

Penyebab Kebakaran di Trisakti Diselidiki, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta
apahabar.com

Kalsel

Rental Perlengkapan Bayi Diminati Saat Libur Lebaran
apahabar.com

Kalsel

Lelang Proyek Banjarmasin Tersisa 10 Item, Terbanyak dari Dinkes
apahabar.com

Kalsel

Anggota Karang Taruna Tapin Bingung Cari Tumpangan ke Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Habar Haji 2019; Suhu Hingga 50 Derajat Celcius, CJH Kalsel Terus Dipantau
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com