Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan 13 Menit di SDL, Jokowi Disambut Meriah Ribuan Pengungsi Banjir Kalsel

Cukup Pakai KTP-el atau Suket Warga Sudah Bisa Nyoblos

- Apahabar.com Rabu, 20 Maret 2019 - 06:30 WIB

Cukup Pakai KTP-el atau Suket Warga Sudah Bisa Nyoblos

Ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – DPR RI, KPU, dan Bawaslu, sepakat warga bisa nyoblos pada Pemilu 17 April nanti, cukup pakai kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Sementara pemilik surat keterangan (Suket) yakni KTP-el-nya belum dicetak, hanya dapat menggunakan hak pilihnya jika namanya tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Kesepakatan tersebut sebagaimana dikutip dari Antara, merupakan salah satu kesimpulan dari Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi II DPR RI dengan KPU, Bawaslu, serta Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (19/3) malam.

Baca Juga: Wapres JK Sebut Alasan KTP-EL Belum Bisa Multifungsi

Mereka sepakat penduduk yang memenuhi syarat sebagai pemilih, tapi tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dapat menggunakan hak pilihnya jika memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

Sementara itu, pemilih yang memiliki Suket yakni surat keterangan bahwa KTP-el-nya belum dicetak, hanya dapat memilih jika namanya tercantum dalam DPT. Sebaliknya, jika namanya tidak tercantum dalam DPT, maka tidak dapat menggunakan hak pilihnya.

RDP tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Nihayatul Wafiroh (PKB) yang didampingi oleh Wakil Ketua Komisi II lainnya yakni, Ahmad Riza Patria (Gerindra), Herman Khaeron (Partai Demokrat), dan Mardani Ali Sera (PKS).

Pada RDP tersebut, Herman Khaeron mempertanyakan kepada KPU dan Bawaslu soal kepastian pemilih yang dapat menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS), mengingat sampai saat ini masih dilakukan perbaikan daftar pemilih tetap.

Menurut Herman, berdasarkan aturan dalam UU No. 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan KPU, pemilih yang dapat menggunakan hak pilihnya adalah yang memiliki KTP-el.

Menurut dia, pemilih yang memiliki KTP-el secara administratif sudah, tapi persoalan yang terjadi di lapangan, ada pemilih yang terdaftar dalam DPT tapi belum memiliki KTP-el, kemudian ada juga pemilih yang sudah memiliki KTP-el tapi belum terdaftar.

Pada pembahasan dalam RDP tersebut disepakati, bahwa pemilih yang dapat menggunakan hak pilihnya di TPS pada hari pemungutan suara tanggal 17 April mendatang, adalah pemilih yang memiliki KTP-el atau pemilih yang memiliki Suket (surat keterangan) karena KTP-el-nya belum dicetak.

“Pemilih yang memiliki KTP-el dan Suket dapat menggunakan hak pilihnya jika namanya terdaftar dalam DPT. Namun, jika namanya tidak terdaftar dalam DPT, maka hanya pemilih yang memiliki KTP yang dapat menggunakan hak pilihnya,” kata Komisioner KPU, Hasyim Asy’ari.

Pada kesempatan tersebut, pimpinan Komisi II DPR RI juga menyebut masih ada sekitar 4,2 juta penduduk yang belum melakukan perekaman retina untuk KTP-el, terutama di Papua, Papua Barat, dan Maluku.

Karena itu, Pimpinan Komisi II DPR RI mendesak Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Dukcapil untuk melakukan percepatan perekaman retina maupun pencetakan KTP-el hingga akhir Maret 2019.

Baca Juga: Pasca Teror New Zealand, Ini Langkah Polda Kalsel

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi: Kenaikan Gaji PNS Bulan Depan
apahabar.com

Nasional

Waduh ! Banjir Terjang Lapas, Napi di Dalam Berteriak-teriak Minta Tolong
apahabar.com

Nasional

Polda Jatim kirim 100 Brimob ke Papua
apahabar.com

Nasional

RUU Keamanan dan Ketahanan Siber Segera Tuntas
apahabar.com

Nasional

Korban Tewas Sempat Sapa Pelaku Teror:’Hello, Brother’
Divaksin Covid-19

Nasional

Tidak Semua Orang Bisa Divaksin Covid-19, Simak Daftarnya
apahabar.com

Nasional

Atasi Virus Corona, PM Malaysia Umumkan Lockdown Selama Dua Pekan
apahabar.com

Nasional

Hari Pers, AJI Balikpapan: Jangan Sekadar Seremoni
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com