Hari Tahu Sedunia: Walhi Kalsel Desak Pemerintah Buka-bukaan soal Kontrak Tambang Raksasa Kilang Minyak Rp300 Triliun di Kotabaru Masih Angan-Angan Komandan Macan Kalsel ke Pembunuh Brutal Gambah HST: Serahkan Diri! Keselamatan Dijamin Ribut-Ribut Salah Tangkap Mahasiswa HMI Barabai Berakhir Antiklimaks Tinjau Penataan Sekumpul, Dirjen Cipta Karya Ngomel-Ngomel!

Dapoer Wasaka, Rumah Makan Klasik dengan Beragam Menu ‘Bahari’

- Apahabar.com     Sabtu, 23 Maret 2019 - 22:26 WITA

Dapoer Wasaka, Rumah Makan Klasik dengan Beragam Menu ‘Bahari’

RM Dapoer Wasaka di pinggir Jalan Raya Jafri Zam zam No. 08 Banjarmasin Barat. Foto-apahabar.com/Edoz

apahabar.com, BANJARMASIN – Berlibur dan ingin berwisata kuliner dengan konsep rumah makan unik, mungkin Rumah Makan (RM) Dapoer Wasaka adalah jawabannya.  RM di Kota Banjarmasin dengan menu Makanan ‘Bahari’ atau tempo dulu itu, hingga kini berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman tak terlupakan untuk Anda.

Nah! Di 2019, kebetulan rumah makan khas Banjar berlokasi di pinggir Jalan Raya Jafri Zam zam No. 08 Banjarmasin Barat ini baru selesai direnovasi.

Nuansa ‘Bahari’ di tengah kota merupakan tema yang mereka usung untuk menggoda lidah penikmat kuliner Nusantara.

Baca Juga: Efek Kebakaran, Kawasan Veteran Padat Merayap

Rumah Makan Dapoer Wasaka ini cukup unik. Karena selain menyajikan menu makanan lokal yang sangat lezat, rumah makan ini juga berfungsi sebagai museum mini yang menampilkan koleksi benda-benda kuno yang akan membawa kalian travel time ke masa lalu.

Saat pertama memasuki rumah makan ini, kalian akan disambut dengan pajangan alat penumbuk padi ‘bahari’ mulai dari Gumbaan banih hingga lesung atau aluh.

Dengan setting rumah makan Banjar klasik, membuat siapa saja mungkin lupa bila kini hidup di 2019.

Kursi dan bangku terbuat dari kayu. Memberi kesan tak mudah dilupakan.

Bisa jadi bila kamu tidak di Banjarmasin tak akan mendapat spot unik ini.

Aneka menu tempo dulu juga sangat instagramable untuk diabadikan.

Tak jarang mereka berkunjung ke sini pada mulanya penasaran akan konsep diusung.

Namun begitu menikmati aneka menu zaman dulu akan membuat ketagihan dan ingin datang kembali.

Baca Juga: BREAKING NEWS..!! Si Jago Merah Luluh Lantakkan Rumah di Jalan Veteran Banjarmasin

Muhammad Rian Zulfikar, sang pemilik, memang sengaja membuat konsep ini agar konsumen tidak hanya sekedar datang, dan pulang setelah kenyang.

Tapi juga bisa menambah value dalam dirinya dengan lebih mengenal sejarah Kalimantan Selatan, khususnya para anak muda.

“Nah, semoga saja dengan konsep tempat makan yang kami usung, pengunjung akan banyak mengetahui sejarah masa lalu. Selain itu, kita juga ingin bantu dinas pariwisata promosikan masakan ‘bahari’,” kata Rian saat berbincang dengan apahabar.com

Apa saja sih menu terbaiknya?

apahabar.com

Makanan yang paling sering dipesan adalah Soto Banjar, Nila goreng krispi, Patin Goreng krispi. Kemudian ada sate tulang yang sangat lezat dan jarang ditemui saat ini.

Lalu ada menu paisan yang benar-benar menggugah selera. Yaitu paisan peda, paisan manis saluang. lalu ada paisan intalu iwak, paisan bawang hingga paisan patin.

Nah, khusus paisan patin ini recommended banget untuk dicoba. Kita gak perlu khawatir dengan bau amis atau bibir becek ketika menyantap paisan Patin khas Dapoer Wasaka ini.

Juru masak Dapoer Wasaka benar-benar tahu bagaimana caranya mengeluarkan semua lemak dan minyak pada ikan patin tersebut sekaligus tetap membuat dagingnya lembut, garing, kering, dan empuk.

“Dengan apa yang berkembang di luar, dan kami sudah punya menu andalan, bukan berarti kami ‘alergi’ makanan kekinian. Yang kami lakukan ini justru menjadikan menu tambahan di warung ini, agar banyak orang yang lebih suka makan di sini. Apakah itu orang tua atau anak muda sekalipun,” katanya Mahasiswa semester 8, Universitas Bina Nusantara itu.

Waluh umbut, waluh balamak katuhung, asam batang tanding, asam kepala patin hingga keladi dan sayur bening menjadi aneka sayur yang harus dicoba manakala ke sini.

Tapi jangan khawatir untuk sayur di sini telah diolah dengan cara yang pas dan bikin tamu ketagihan.

Berbicara tentang menu, Dapoer Wasaka tidak hanya menyajikan olahan nasi dan ikan saja.

Namun juga ada menu minuman hingga wadai zaman dulu. Seperti wadai serabi kuah gula, lupis, lempeng pisang nangka, pundut nasi, lumpia, pisang goreng lapis, babongko hingga buras.

apahabar.com

“Untuk minumnya beragam. Di antaranya es timun serut limau banjar, es sanja kuning kuini, es cendol cincau nangka dan beberapa minuman lainnya,” tutur Rian

Menurut Herliana, satu di antara pengunjung yang datang, Dapoer Wasaka merupakan tempat kongko yang pas untuk mencari makanan dan suasana jadul.

“Tempatnya asyik, dan menu makanan yang ditawarkan juga enak-enak. Gak nyesel deh kalau berkuliner sambil kongko di sini,” aku guru SMP Negeri 1 Banjarmasin Itu.

Penasaran bukan, yuk kita buktikan sendiri bahwa rumah makan unik di Banjarmasin benar adanya kaya akan berbagai kuliner dan menu tempo dulu yang tidak bisa dilupakan.

Selain itu pelanggan juga dapat melihat menu yang disediakan dan juga promo-promonya di sosial media instagram @dapoerwasaka, facebook Dapoerwasaka, atau memesannya langsung via  0511 4241265

Baca Juga: VIDEO: Si Jago Merah Hanguskan Rumah di Jalan Veteran

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Idulfitri

Kalsel

Momen Idulfitri, Peziarah Luar Daerah Mulai Datangi Makam Datu Sanggul
apahabar.com

Kalsel

Bergairah Lagi, Ribuan Penumpang Mulai Banjiri Bandara Syamsudin Noor
apahabar.com

Kalsel

Gerak Cepat Polisi Buru Pembawa Kabur Balita Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Diterpa Isu Pencabulan, Ketua KPU Banjarmasin Klarifikasi ke KPU Kalsel

Kalsel

Peduli Korban Banjir Batola, Karang Taruna Kotabaru Salurkan Selimut

Kalsel

Sektor Pertanian di Kalsel Janjikan Masa Depan Cerah
apahabar.com

Kalsel

Pelayanan Kesehatan Calon Haji Banjarmasin Dialihkan ke RS Sultan Suriansyah
apahabar.com

Kalsel

Larangan Mudik, Jalanan di Kalsel Dijaga Ketat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com