Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh

Debat Capres Angkat Tema Kebijakan Luar Negeri, Ini Usulan PCINU Tiongkok

- Apahabar.com Jumat, 29 Maret 2019 - 13:59 WIB

Debat Capres Angkat Tema Kebijakan Luar Negeri, Ini Usulan PCINU Tiongkok

Jajaran PCINU Tiongkok foto bersama Ketua KPU Arif Budiman dan anggota KPU lainnya di Jakarta. Foto–Istimewa/Antara

apahabar.com, BEIJING – Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Tiongkok mengusulkan debat putaran keempat calon presiden mengangkat isu hubungan bilateral Indonesia-China.

“Hubungan Indonesia dan Tiongkok dapat dibedah secara lebih mendalam oleh capres dalam acara debat besok,” kata Katib Syuriah PCINU Tiongkok, Su’udut Tasdiq, di Beijing seperti dilansir Antara, Kamis (28/3) malam.

Ia menyebutkan pengangkatan isu tersebut dengan mempertimbangkan situasi saat ini atas munculnya pemberitaan dan informasi yang manipulatif, bahkan insinuatif.

“Kondisi tersebut merugikan hubungan kedua negara, termasuk mengganggu kondisi psikologis para mahasiswa dan pelajar kita yang sedang belajar di Tiongkok,” ujarnya.

Selain itu, pengangkatan isu tersebut juga bertujuan agar rakyat Indonesia dapat memahami visi dan misi kedua capres secara utuh sehingga terhindar dari upaya-upaya pihak tertentu yang ingin menggunakan isu hubungan Indonesia-China untuk memecah belah sesama anak bangsa.

Oleh sebab itu, PCINU Tiongkok yang anggotanya kebanyakan para pelajar tersebut menganggap penting isu tersebut menjadi salah satu topik yang dibicarakan dalam debat tersebut.

Baca Juga: Soal Debat Ketiga, Pengamat: Berlangsung Datar

Seperti diketahui, debat Capres keempat jelang Pilpres 2019 dijadwalkan berlangsung Sabtu (30/3) pukul 20.00 WIB. Debat kali ini, hanya kedua calon presiden yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang akan saling beradu argumen.

Debat akan diselenggarakan di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menunjuk dua jurnalis senior sebagai moderator debat, yaitu pembawa acara di SCTV, Retno Pinasti; dan presenter berita Indosiar, Zulfikar Naghi. Pemilihan debat juga telah disepakati oleh Tim Kemenangan Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga Uno.

Debat tetap mempertahankan format dan durasi seperti debat ketiga, yaitu enam segmen dengan berkisar 90-94 menit. Segmen 1 Penyampaian visi-misi; Segmen 2 dan 3 Pendalaman visi-misi capres lewat pertanyaan tim panelis; Segmen 4 dan 5 Capres saling bertanya; dan Segmen 6 Pernyataan penutup.

Baca Juga: Gelar Nobar Debat Cawapres, TKD Jokowi-Amin Tanbu Sediakan Makanan Gratis

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kapolri Dalami Keterlibatan Asing Dalam Ricuh di Papua
apahabar.com

Nasional

Pasien Corona asal China Meninggal di Eropa
apahabar.com

Nasional

Kerusuhan Wamena, Polri: 23 Meninggal Dunia dan 77 Orang Luka-luka
apahabar.com

Nasional

Kampanye Akbar Jokowi di Kalsel, Ada Agenda Ngopi Bareng Generasi Milenial

Nasional

Mencekam, Buaya Seret Penambang Pasir di Depan Saudaranya

Nasional

Sebagian Ventilator Produksi Indonesia Masih Uji Ketahanan
apahabar.com

Nasional

Adik Gus Dur KH Hasyim Wahid Wafat, Dimakamkan di Jombang
apahabar.com

Nasional

Kasus Suap Korupsi Terbesar Di Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com