Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Dongkrak Sektor Pariwisata, Peran Duta Wisata Masih Dianggap Penting

- Apahabar.com Jumat, 8 Maret 2019 - 14:20 WIB

Dongkrak Sektor Pariwisata, Peran Duta Wisata Masih Dianggap Penting

Pengumuman penerimaan Duta Wisata Tanbu 2019. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Untuk mendongkrak sektor pariwisata di Bumi Bersujud, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) masih berharap banyak dengan keberadaan duta wisata.

Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanbu, Hamaluddin Taher, sejatinya dunia parawisata tidak akan lepas dari peran duta wisata.

Sebab, kata Hamal, duta wisata memiliki tugas pokok yakni membantu mempromosikan sekaligus mempublikasikan destinasi wisata yang ada di suatu daerah.

“Sesungguhnya sektor pariwisata tidak akan terlepas dari peran duta wisata, karena mereka adalah sarana atau kelompok yang dapat menbantu mempublikasikan destinasi wisata yang ada di wilayah Tanbu,” kata Hamal, kepada¬†Wartawan Apahabar.com, Jumat (8/3/2019).

Baca Juga: Pemkab Tanbu Anggap Karhutla Persoalan Serius

Peran duta wisata tak sampai di situ. Menurut Hamal, duta wisata juga berperan pada setiap even seni dan budaya daerah, baik kegiatan yang diinisiasi oleh pemerintah, komunitas masyarakat, maupun oleh duta wisata itu sendiri.

Namun, Hamal mengakui eksistensi duta wisata di Tanbu memang belum maksimal. Hal itu lagi-lagi terkendala oleh anggaran pagelaran seni budaya yang minim. Itu juga berdampak pada minimnya even-even budaya lokal yang digelar tiap bulan.

Meski demikian, Hamal optimistis ke depan pihaknya dapat menganggarkan dana setiap bulan agar peran duta wisata dapat lebih terlihat di masyarakat.

Tahun ini, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanbu kembali membuka pendaftaran pemilihan Duta Wisata Bersujud. Pendaftaran Duta Wisata Bersujud berakhir sampai dengan 13 Maret 2019.

Persyaratan untuk mengikuti pemilihan Duta Wisata Bersujud yaitu WNI Tanbu, usia 16 sampai 24 Tahun, pendidikan minimal SLTA sederajat, belum menikah, tinggi badan pria minimal 165 cm, wanita 160 cm, memiliki pengetahuan tentang kepariwisataan di Tanbu, memiliki penampilan menarik, cerdas, dan berkepribadian baik.

Selain itu, memiliki keahlian khusus atau bakat, serta memiliki motivasi kuat menjadi duta wisata bersujud. Peserta pendaftaran terbuka untuk umum. Peserta yang mendaftar nantinya akan diseleksi oleh pihak panitia pelaksanaan pemilihan duta wisata bersujud.

Baca Juga: PMI Dapat Hibah Rp1 Miliar, Ini Harapan Sekda

Reporter: Puja Mandela
Editor: Aprianoor

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Sudian Noor Resmikan Padepokan Tangguh PSHT Tanah Bumbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Karhutla Menghilang, Puting Beliung Datang
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Tangguhkan Perjalanan Dinas ke Luar Daerah
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Dinkes Tanbu Rapid Tes Puluhan Pedagang Pasar di Pagatan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Peringatan HSN, Sudian Noor Serahkan Bantuan 500 Mushaf Alquran
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

HUT DWP ke-20, Ratusan Anak di Tanbu Ikut Sunatan Massal
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Era Digital, Pejabat Publik Berperan Penting Sampaikan Informasi ke Masyarakat
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Imbau ASN dan Non ASN Sosialisasikan Pencegahan Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com