Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi SMP Swasta di Banjarmasin Belajar Tatap Muka, Berikut Daftar Lengkapnya Menteri Edhy Ditangkap, Cita-Cita Prabowo Presiden Tamat! Sudah Beristri, Oknum Guru Olahraga di Banjarbaru Tega Cabuli Muridnya Sendiri Kasus Korupsi KONI Seret 2 Pejabat Pemkot Banjarmasin

Down, Facebook Pastikan Bukan Akibat Serangan DDoS

- Apahabar.com Kamis, 14 Maret 2019 - 10:44 WIB

Down, Facebook Pastikan Bukan Akibat Serangan DDoS

Ilustrasi Sosmed. Foto-Lemoot.com

apahabar.com, JAKARTA – Sejak pagi ini, seluruh pengguna media sosial mengeluhkan lantaran tak bisa menggunakan facebook. Namun facebook meyakinkan pengguna bahwa masalah yang menimpa sejumlah aplikasi miliknya, termasuk Instagram, dan WhatsApp, bukan akibat serangan DDoS (denial-of-service).

“Kami tengah fokus menyelesaikan masalah ini secepat mungkin tapi kami mengonfirmasikan bahwa ini tidak terkait dengan serangan DDoS,” cuit Facebook dikutip cnniindonesia, Kamis (14/3).

Baca Juga: Facebook ‘dan Kawan-kawan’ Down di Seluruh Dunia

Serangan Distributed Denial of Service (DDoS) adalah serangan ciber dimana peretas sengaja menyerang server layanan tertentu. Caranya dengan membanjiri server layanan itu dengan lalu lintas yang sangat tinggi, sehingga situs atau aplikasi tersebut sulit diakses oleh pengguna lain.

Serangan ini dilakukan secara terus menerus hingga sistem tidak dapat menampung data dan akhirnya rusak. Sejak meledaknya era internet, serangan ini makin marak dilakukan peretas untuk melumpuhkan suatu situs.

Serangan pertama terjadi pada awal Februari 2000. Serangan besar dilakukan sehingga situs seperti Amazon, CNN, eBay, dan Yahoo! lumpuh selama beberapa jam.

Akibatnya, situs yang tidak dapat diakses secara penuh, data-data yang diakses rusak, juga mengakibatkan akses situs yang memakan waktu sangat lama.

Laporan mengenai masalah akses di berbagai layanan Facebook ini telah dilaporkan sejak semalam sekitar pukul 23:00 WIB.

Kesulitan akses ini ditandai dengan peringatan yang menyebut kalau “Facebook akan segera kembali” ketika pengguna mencoba masuk ke akun mereka. Sementara pengguna lain, kesulitan membuka profil Facebook mereka.

Pengguna tak bisa mengunggah foto atau membuat status anyar. Setiap kali pengguna akan membuat status anyar, pesan berbunyi ‘Ada masalah dalam pembaharuan status Anda’ akan muncul dan membuat pengguna terus mencobanya dalam beberapa menit ke depan.

Di seluruh dunia laporan mengenai masalah WhatsApp, Instagram, dan Facebook mengemuka sejak Rabu (14/3) pukul 23:00 WIB.

Akibat kelumpuhan ini, tagar #FacebookDown, #InstagramDown, dan #WhatsApp Down pun menjadi tagar-tagar terpopuler di Twitter.

Sebelumnya, Facebook dan Instagram sudah membuat pengakuan bahwa beberapa layanan mereka memang mengalami masalah saat ini.

Baca Juga: Jokowi-Prabowo Selisih 20% di Survei Konsep, TKN Makin Semangat

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

Arab Saudi Umumkan Persyaratan dan Protokol Umrah
apahabar.com

Internasional

Kopi Indonesia Dipromosikan di Rusia, Tiga Importir Tertarik
apahabar.com

Internasional

Soroti Kasus Karikatur Nabi Muhammad, Ini Seruan PBB
apahabar.com

Internasional

SIM Mati Saat Pandemi, di Inggris Diperpanjang Otomatis
apahabar.com

Internasional

Penembakan di Masjid Selandia Baru, Tiga WNI Selamat, Tiga Lainnya Belum Ada Kabar
apahabar.com

Internasional

WHO Akui Bukti Baru Covid-19 Menyebar Lewat Partikel di Udara

Internasional

Konon Sembuhkan Trump, AS Izinkan Penggunaan Antibodi Covid-19 Regeneron
apahbaar.com

Internasional

Viral, Penumpang Buka Pintu Darurat Pesawat dan Duduk di Sayap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com