BANJIR KALSEL: 2 Ribu Jiwa Mengungsi, Pasukan Khusus TNI Mendarat di Banjarbaru Jokowi Telepon Gubernur Soal Banjir Kalsel, Gak Kebalik Pak? Breaking News: Respons Jokowi Atas Banjir di Kalsel, Segera Kirim Perahu Karet Tak Ucapkan Dukacita, Habib Banua Tantang Presiden ke Kalsel Warga Banjiri IG Presiden Jokowi: Kalsel Juga Berduka Pakkk!!!

DPRD Sesalkan Infrastruktur Kotabaru dan Tanah Bumbu Jauh Beda

- Apahabar.com Jumat, 8 Maret 2019 - 09:45 WIB

DPRD Sesalkan Infrastruktur Kotabaru dan Tanah Bumbu Jauh Beda

Sejumlah PJU Led Smart System yang dipasang di Jalan Lingkar Batulicin. Foto-apahabar.com/Puja Mandela

apahabar.com, BANJARMASIN – Kotabaru dan Tanah Bumbu (Tanbu) merupakan dua kabupaten yang bertetangga di Kalsel. Namun kini pembangunan infrastruktur di kedua kabupaten tersebut dinilai jauh berbeda.

Seperti diungkap Anggota Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Surinto. Dikutip dari Antara, ia berpendapat pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu (Tanbu) jauh berbeda.

“Maaf, kalau boleh saya umpamakan, pembangunan infrastruktur pada kedua daerah bertetangga (Kotabaru dan Tanbu) itu bagaikan bumi dengan langit,” tuturnya menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin, Jumat (8/3).

Wakil rakyat asal daerah pemilihan (dapil) Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Tanbu itu menunjuk contoh pembangunan jalan.

“Jalan di Tanbu jauh lebih baik dari Kotabaru. Padahal ‘Bumi Bersujud’ Tanbu pemekaran Kotabaru pada 23 April 2003,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bergelar sarjana teknik tersebut.

Baca Juga: Pengaduan Terbanyak Soal Infrastruktur

Ia menambahkan perbedaan atau ketidakseimbangan pembangunan tersebut, tidak saja pada daerah kepulauan, tetapi juga di daratan Pulau Kalimantan yang menjadi bagian dari Kabupaten Kotabaru.

Oleh karenanya, walau Surinto tinggal di Batulicin (sekitar 260 kilometer timur Banjarmasin), ibu kota Tanbu, dia tetap mengharapkan, agar pemerintah pusat, terutama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel memberikan perhatian ekstra terhadap pembangunan infrastruktur Kotabaru.

“Pasalnya saya juga sebagai wakil rakyat Kotabaru sesuai daerah pemilihan (dapil). Oleh sebab itu pula secara moril berkewajiban memperjuangkan pembangunan di daerah tersebut,” tegasnya.

Kotabaru sendiri juga memiliki sumber daya alam (SDA) yang mempunyai sumbangsih terhadap pembangunan Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota dan kini berpenduduk lebih empat juta jiwa.

“Oleh karena itu pula, mungkin tidak terlalu berlebih-lebihan kalau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru bersama masyarakatnya meminta peningkatan pembangunan yang seimbang, seperti hal prasarana perhubungan,” pungkas Surinto.

Baca Juga: Kapan PJU Smart System Difungsikan? Ini Kata Dinas PUPR Tanbu

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ada Konser Dangdut dan Doorprize di TPS 001 Sungai Baru
apahabar.com

Kalsel

Pelajar di Batola Dilarang Berkendaraan ke Sekolah
apahabar.com

Kalsel

Ada Hantu Api di Gang Murai
apahabar.com

Kalsel

BPJS Barabai Terapkan Sistem Sidik Jari
apahabar.com

Kalsel

Dukung Perjuangan Tim Medis Lawan Covid-19, Bhayangkari Tanah Laut Bantu APD dan Konsumsi
apahabar.com

Borneo

153 Truk Sampah Bakal Merayap di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Communication Week Dibuka dengan Seminar Nasional dan Sharing Session
apahabar.com

Kalsel

Satgas Covid-19 Visitasi Bioskop XXI Duta Mall Banjarmasin, Mau Buka Lagi?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com