16 Hari Anti-Kekerasan, Aktivis Perempuan Kampanyekan Kesetaraan Gender di Banjarmasin Suhu Tubuh Tinggi, Wali Kota Samarinda Positif Covid-19 Kronologi Lengkap 2 Bocah asal Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Ketika Pejabat Pemkot Banjarmasin Rame-Rame Balikan Duit Korupsi KONI

Dukungan MUI Diakui Meningkatkan Pelaksanaan Imunisasi Vaksin MR di HSS

- Apahabar.com Selasa, 5 Maret 2019 - 23:13 WIB

Dukungan MUI Diakui Meningkatkan Pelaksanaan Imunisasi Vaksin MR di HSS

Bupati HSS H Achmad Fikry bersalaman dengan Menkes Prof Dr Nila F Moeloek, SPM (K) saat Rakerkesda di Banjarmasin, Selasa (5/3). Foto-humas.

apahabar.com, BANJARMASIN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry secara khusus mempresentasikan tentang Imunisasi, TB Paru dan penyakit tidak menular (PTM), pada rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di Aula Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Selasa (5/3).

H Achmad Fikry mempresentasikan tentang Imunisasi, TB Paru dan penyakit tidak menular (PTM), dihadapan, Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI) Prof Dr Nila F Moeloek, SPM (K), Gubernur Kalsel H Sahbirin Nor, dan bupati dan wali kota se Kalsel.

Dalam presentasinya H Achmad Fikry, menyampaikan apa saja yang sudah dilakukan oleh pemkab HSS. Begitu pula dengan kendala yang dihadapi pemerintah setempat.

Dengan harapan semua kendala itu mendapat perhatian dari menteri kesehatan Prof Dr Nila F Moeloek. Salah satunya mengenai pemberian vaksin halal. Khususnya terkait pemberian vaksin MR.

“Imunisasi vaksin halal itu sedianya selesainya tingkat pusat, maka di daerah tinggal melaksanakan. Namun (di) Hulu Sungai Selatan untuk vaksin Measles dan Rubela (MR) (terjadi kendala), (tapi) dengan dukungan Majelis Ulama Kabupaten HSS (dapat meningkat),” katanya.

Baca Juga: Waria Patah Tangan di Banjarmasin, PKBI Mencak-Mencak

Dijelaskan Achmad Fikry, dengan dukungan MUI HSS yang diketuai Tuan Guru H Muhammad Ridwan Basri atau Guru Kapuh maka pemberian vaksin MR meningkat tajam. Dari 33 persen menjadi 80 sekian persen.

Masih menurut Achmad Fikry, pencegahan percepatan Penyakit Tidak Menular (PTM) itu adalah menyangkut perilaku. Dan sebenarnya lanjut Achmad Fikry secara khusus pemerintah mempersiapkan fasilitasi yang memungkinkan untuk mereka bisa berolahraga, tempat berekreasi dan lain sebagainya.

Pemkab HSS juga telah menggelar makan sayur dan buah sebagai salah satu gerakan masyarakat hidup sehat. Karenanya dengan adanya Rakerkesda ini agar mendapat catatan untuk apa yang nanti akan dilakukan daerah.

Pada kesempatan itu juga Pemprov Kalsel melaksanakan penandatangananan komitmen kepala daerah bupati dan wali kota se Kalsel. Yaitu kolaborasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah bergerak untuk mewujudkan Kalimantan Selatan sehat.

Adapun kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 4 hingga 7 maret 2019, dengan mengambil tema “Kolaborasi kebijakan pemerintah pusat dan daerah bergerak untuk mewujudkan Kalimantan Selatan Sehat”.

Baca Juga: Sikeudes Memudahkan Desa Buat APBDes

Reporter: Norda Simah
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ciptakan Suasana Aman, Bhabinkamtibmas Amankan Penyaluran BLT Tahap 3
apahabar.com

Kalsel

Pilkada Banjar Makin Panas, HM Rusli Akui Kemampuan Andin Sofyanoor
apahabar.com

Kalsel

Cermati Kegiatan Harian, Sekretariat Bawaslu Kalsel Gelar Evaluasi
apahabar.com

Kalsel

Takut Sial, Pedagang Lakukan Siraman Air Kembang di Lokasi Temuan Mayat
apahabar.com

Kalsel

Cegah Politik Uang di Pilkada, Bawaslu Libatkan Mahasiswa
apahabar.com

Kalsel

Realisasi PAD Kota Banjarmasin Capai Rp316 Miliar Lebih, 2020 Target Ditingkatkan
apahabar.com

Kalsel

STKIP PGRI Banjarmasin: PTS Mampu Bersaing dengan PTN
apahabar.com

Kalsel

Besok, Slank Tiba di Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com