Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain

Entry Briefing BPK RI Bersama Pemkab HSS

- Apahabar.com Selasa, 26 Maret 2019 - 18:17 WIB

Entry Briefing BPK RI Bersama Pemkab HSS

Bupati H Achmad Fikry saat menyambut Tim Pemeriksa Keuangan dari BPK RI Perwakilan Kalsel di Pendopo Kabupaten HSS. Foto-Humas Pemkab HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kalsel menggelar Entry Briefing bersama Pemkab HSS menjelang pelaksanan pemeriksaan tahap kedua laporan keuangan daerah (LKPD) 2018, di Pendopo Kabupaten, Selasa (26/3).

Bupati HSS, Drs H Achmad Fikry M.AP mengatakan, kedatangan Tim Pemeriksa Keuangan dari BPK RI Perwakilan Kalsel  merupakan tindaklanjut dari penyerahan LKPD Pemerintah Kabupaten HSS 2018 pada tanggal 22 Maret yang lalu.

Baca Juga: Manajemen Mercure Hotel Banjarmasin Menunggu Kepastian

Disampaikan bupati, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah 2018 sudah diserahkan kepada DPRD HSS. “Hal ini merupakan kewajiban-kewajiban yang harus dilaksanakan kepala daerah,” katanya.

H Achmad Fikry juga mengimbau pada kepala SKPD untuk tetap berada di tempat, agar memperlancar pemeriksaan. Kecuali ada hal-hal lain yang mendesak dan harus seizin bupati.

Apabila ada permintaan dari BPK RI agar segera ditindaklanjuti. Karena kewajiban memberikan yang nyaman untuk kelancaran tugas Pemeriksaan BPK RI. “Semoga kita bisa mempertahankan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kembali, dengan kualitas yang lebih baik,” harapnya.

Baca Juga: Kampanye Akbar di Kalsel, Polres Banjarbaru Kawal Datang dan Pulang Jokowi

Sementara itu, Wakil Penanggung Jawab Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan Sarjono menyampaikan bahwa audit ini sesuatu yang rutin dilakukan tiap tahun. Hal ini harus dilakukan karena merupakan amanat Undang Undang (UU).

Kemudian Sarjono mengatakan ini melanjutkan pemeriksaan beberapa waktu yang lalu, namun kali ini dengan formasi yang lengkap dengan melakukan pemeriksaan terinci atas LKPD Pemerintah Kabupaten HSS 2018.

“Tim Pemeriksa akan bekerja lebih dari tahun yang lalu. Jika secara akuntansi penilaian hanya berdasarkan kewajaran. Maka kali ini, pemeriksaan akan menekankan dari sisi kepatuhan. Sisi kepatuhan ini mungkin akan berdampak pada opini yang diterbitkan oleh BPK. Karena HSS sudah memperoleh opini WTP selama lima tahun, diharapkan Pemkab HSS tidak terlena dan tetap melakukan pengendalian intern,” ujarnya.

Baca Juga: Berkah Pedagang Banjarmasin Menjelang Kampanye Akbar Joko Widodo

Disampaikannya audit laporan keuangan dilakukan selama 30 hari, dengan 1 Ketua Tim Pemeriksa dan 5 anggota Tim Pemeriksa. Adapun pemeriksaan menggunakan metode berbasis resiko. Yang artinya, berisiko memberikan opini yang salah. Kesalahan terjadi jika SKPD juga memberikan dokumen yang salah.

Hadir juga pada acara tersebut diantaranya, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten HSS Drs H Hubriansyah M.AP, Asisten Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten HSS Drs Tafrinsyah,M.Si, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan Ir H Syaifullah.

Baca Juga: Ditinggal UN, Rumah Siswi SMKN 4 Banjarmasin Terbakar

Reporter: AHC
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ibnu Sina Akui Sudah Buktikan Program Baiman Sejahterakan ASN
BPK RI

Kalsel

BPK RI Perwakilan Kalsel Audit Dana Covid-19 Pemkab Tala, Tunggu Hasilnya
apahabar.com

Kalsel

Program BI; Modal Ponsel Bisa Naik Klotok dan Belanja di Pasar Terapung
apahabar.com

Kalsel

Bergejala Ringan, 80 Pasien Covid-19 di Kalsel Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa Tapin di Banjarbaru Siap Gelar Bukber 
apahabar.com

Kalsel

Wakapolda Kalsel Buka Kegiatan Sertifikasi Penyidik Polri Jajaran Polda Kalsel
apahabar.com

Kalsel

TNI AL di Kotabaru Kenang Kembali Pertempuran Laut Paling Heroik di Indonesia
apahabar.com

Kalsel

Trafo Meledak, Tayangan Haul Guru Sekumpul di Pemkot Banjarmasin Mendadak Putus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com