Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

Festival Basirih Akan Hadir di Kota Banjarmasin, Apa Itu?

- Apahabar.com Selasa, 26 Maret 2019 - 11:15 WIB

Festival Basirih Akan Hadir di Kota Banjarmasin, Apa Itu?

Foto-picgra.com/habib_fathurrachman_bahasyim

apahabar.com, BANJARMASIN – Tidak lama lagi, festival bertemakan religi terbesar di Banjarmasin dipastikan akan menjadi sajian menarik. Rencananya, festival ini akan menyatukan kegiatan religi dan budaya setempat dengan melibatkan ribuan jamaah.

Bertajuk Festival Basirih, acara yang dipusatkan di Jalan Keramat Basirih RT. 13, Kelurahan Basirih, Banjarmasin Barat, itu akan digelar selama dua hari, yakni pada tanggal 2 hingga 3 April 2019 mendatang.

Agenda rutin yang dilakukan setiap menyambut perayaan Isra Mi’raj tersebut, kini sudah masuk tahun kedua dan menjadi bagian dari syiar Islam dan juga untuk mendorong destinasi wisata di Banjarmasin.

Panitia kegiatan Festival Basirih 2019, Habib Fathurrahman Bahasyim mengatakan, Festival bertemakan nuansa religi ini akan menampilkan sejumlah kebudayaan khas Banjarmasin dan menjadi salah satu yang perlu dilestarikan sebagai daya tarik wisata.

“Selain itu kita ingin mengangkat kampung Basirih sebagai salah satu destinasi wisata religi di kota ini. Di Samping itu, kita juga ikut sukseskan program pemerintah, yakni susur sungai. Tapi susur sungai kali ini tentunya akan bernuansa religi,” kata Habib Fathurrahman Bahasyim saat berbincang dengan apahabar.com di Banjarmasin.

Baca Juga: Mewujudkan Cinta Lalu Lintas Lewat Milenial Road Safety Festival

Dari festival tersebut ada beberapa acara yang diselenggarakan. Diantaranya, parade sinoman hadrah, lomba mewarnai anak, panggung hiburan Islami hingga bazar aneka produk dan kuliner.

“Yang tak kalah serunya, akan ada olahan kuliner khas Banjar yakni Lakatan. Jadi beragam wadai (kue) berbahan dasar ketan ini dibuat langsung oleh masyarakat Basirih dan hasilnya bisa dinikmati oleh para jemaah. Pastinya ini gratis,” tutur Habib Fathurrahman Bahasyim

Festival ini rencananya tidak hanya akan dihadiri para raja dan sultan dari seluruh Nusantara, namun tidak menutup kemungkinan akan dihadiri pula para raja dari mancanegara.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Banjarmasin dan seluruh umat Islam untuk bisa hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan yang digelar pada awal April 2019 mendatang,” serunya.

Saat ini berbagai persiapan terus dilakukan agar semua peserta yang ikut bisa berjalan dengan nyaman dan lancar.

“Akan banyak kejutan juga dalam kegiatan ini dan dipastikan akan memberikan hiburan pada warga yang hadir,” pungkas buyut Habib Hamid bin Abbas Bahasyim –keramat Basirih- itu.

Baca Juga: Punipun Sukses Hibur Penonton Even Japan Festival Fuyuzakura SMAN 2 Banjarmasin

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Makanan Ini Disebut Bagus untuk Menjaga Tubuh Selama Puasa
apahabar.com

Habar

Mulawarman Peduli: Cerita Jemaah Haul Guru Sekumpul saat Menikmati Sajian Gratis Prajurit TNI
apahabar.com

Habar

Salat Id di Masjid Sabilal Muhtadin, Guru Syukri: Kuatkan Persatuan Umat!
apahabar.com

Habar

Hadirkan Dua Ulama Humoris, Majelis Taklim Ini Dibanjiri Jemaah

Habar

Prof Nizar Ali Dilantik Jadi Sekjen Kemenag
apahabar.com

Habar

Kenang Jasa Pahlawan, Guru Zuhdi Ajak Jemaah Nyanyikan Lagu Indonesia Raya
apahabar.com

Habar

Umat Muslim Kotabaru Laksanakan Salat Gerhana Berjemaah
apahabar.com

Habar

Amalan Jumat Terakhir Bulan Rajab
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com