Jokowi Sebut Potensi Wakaf Uang Bisa Tembus Rp 188 Triliun Naik 1.000 per Gram, Segini Harga Emas Antam Hari Ini BREAKING NEWS: Belasan Warga Tanah Bumbu Diduga Terjebak Longsor di Tambang Batu Bara Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang

Haul Guru Sekumpul, Ada 2 Kapal Evakuasi

- Apahabar.com Sabtu, 9 Maret 2019 - 16:21 WIB

Haul Guru Sekumpul, Ada 2 Kapal Evakuasi

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang menyiapkan 2 kapal evakuasi pada Haul Abah Guru Sekumpul. Foto-Ahya Firmansyah

apahabar.com, BANJARMASIN – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang menyiapkan 2 kapal evakuasi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saat pelaksanaan haul Abah Guru sekumpul ke-14. Evakuasi air ini akan berguna saat evakuasi jalur darat mengalami kemacetan.

Kasubag Umum Dan Kepegawaian Kesehatan Provinsi Kalimantan, Selatan Riko Ijami mengemukakan, kalau evakuasi lewat air bisa lebih cepat dan tak ada hambatan.

“Selain itu ada juga pos kesehatan yang tersebar di tiga titik. Pos kesehatan ini akan saling terkoneksi dengan pos kesehatan lainnya” kata Riko Ijami kepada Apahabar.com saat ditemui di pos kesehatan Sungai Paring.

Evakuasi air milik Dinkes Kalsel ini terdiri dari enam titik jalur evakuasi dengan memanfaatkan aliran sungai yang terdapat di Kabupaten Banjar.

“Mengacu dari tahun sebelumnya, jalur evakuasi air ini sangat berguna sekali. Prinsipnya, pos kesehatan ini terintegrasi dengan kepolisian, Dinas Perhubungan, dan berbagai pihak terkait lainnya,” katanya.

Baca Juga: Haul Guru Sekumpul, Satpol PP Banjarmasin pun Buka Posko

Baca Juga: Meski Terik, Ribuan Jemaah Mulai Padati Haul Guru Sekumpul ke-14

Menurut dia, pos kesehatan Haul guru sekumpul ini tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan yang bersifat kuratif rehabilitatif, tetapi juga pelayanan yang bersifat preventif promotif.

“Misalnya, pos-pos kesehatan ini juga melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pengemudi angkutan umum atau para jamaah. Selain itu juga memberikan informasi kesehatan masyarakat,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa pos-pos kesehatan milik Dinkes Kalsel akan melayani para pemudik selama 24 jam nonstop dengan sistem sif yang ditangani oleh tenaga kesehatan atau perawat, dan sopir ambulans.

Wartawan apahabar.com pun berkesempatan mengikuti patroli kesehatan bersama petugas medis dengan menggunakan perahu karet dengan menyusuri sungai Paring. Masing-masing titik evakuasi pun tak luput dari pantauan. Mulai dari titik evakuasi 1 di Pintu Air Sungai Paring, hingga di titik ke enam yang terletak di samping stadion Demang Lehman.

Baca Juga: RS Mini Beroperasi Selama Haul Abah Guru Sekumpul, Tengok Lokasinya!

Baca Juga: BPBD Banjarmasin Dirikan Posko Haul Abah Guru Sekumpul

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Syarif

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bertambah 52 Orang, Kasus Covid-19 di Kalsel 10.289
Awasi Pilkada 2020, Bawaslu Banjarmasin Libatkan Penyandang Disabilitas

Kalsel

Awasi Pilkada 2020, Bawaslu Banjarmasin Libatkan Penyandang Disabilitas

Kalsel

VIDEO: Kebakaran Hebat di Andalas Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Skandal Hubungan Sedarah di Kotabaru, Pelaku Ancam Sembelih Korban

Kalsel

Miliki Toleransi Tinggi, BPIP RI Tunjuk Kalsel Jadi Tuan Rumah Lokakarya
apahabar.com

Kalsel

Imbauan Tidak Cukup, Guru Bakhiet: Perlu Tindakan Tegas untuk Hindari Sebaran Covid-19
apahabar.com

Kalsel

DPRD Banjarmasin Terima Tamu dari Kotim dan Magetan

Kalsel

Buntut Pemanggilan Awak Media, Puluhan Jurnalis Surati Bawaslu Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com