3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Ini Keinginan Korban Kebakaran Jalan Veteran Banjarmasin Timur

- Apahabar.com Selasa, 26 Maret 2019 - 23:18 WIB

Ini Keinginan Korban Kebakaran Jalan Veteran Banjarmasin Timur

Abdurrauf salah satu korban kebakaran Jalan Veteran, Banjarmasin Timur. Foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto.

apahabar.com, BANJARMASIN – Korban kebakaran di Jalan Veteran, Gang Baru, RT 25 dan RT 26, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin saat ini masih menumpang di rumah sanak famili. Lantaran rumah yang biasa mereka huni musnah dilalap si ‘jago merah’ pada Sabtu (23/3) malam lalu.

Salah satu korban kebakaran, Abdurrauf (52) mengaku belum mampu membangun rumah pasca peristiwa tersebut. Terlebih lagi, selama ini ia tak memiliki pekerjaan tetap layaknya pegawai kantoran.

Baca Juga: Apes, Rumah Mat Dei Dibobol Maling Saat Kebakaran di Jalan Veteran

Ia pun berharap ada bantuan dari pemerintah untuk membangun tempat tinggalnya kembali. “Kalau ditanya bantuan apa yang kita harapkan dari pemerintah, sudah tentu bantuan mendirikan rumah kembali ya. Tapi itu sulit, kita ya pasrah pada yang Kuasa,” ujar pria yang juga menjabat sebagai ketua RT 26 itu.

Abdurrauf mengakui, pemerintah Kota Banjarmasin memberikan perhatian yang luar biasa kepada para korban terdampak, pasca kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah tersebut.

“Memang sangat perhatian, bahkan bapak walikota Ibnu Sina sendiri bersama beberapa pejabat penting datang memberikan support dan bantuan secara langsung,” terang Abdurrauf.

Baca Juga: Cerita Pilu Korban Kebakaran di Jalan Veteran: ‘Rumah Saya Baru Renovasi’

Di tempat terpisah, Kabid Bantuan Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Kemiskinan Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Aep Ruhya saat dimintai tanggapan ada atau tidaknya pengajuan untuk bantuan rumah bagi korban kebakaran.

Menurutnya, program tersebut adanya ditingkat pusat. “Kalau untuk pembangunan bantuan program rumah di pemko tidak ada programnya, yang ada di tingkat pusat. Itupun jumlah rumah yang terdampak kebakaran minimal 30 unit, baru bisa diusulkan ke pusat,” terang Aep Ruhya.

Saat ini, tambah Aep Ruhya, Dinas Sosial Kota Banjarmasin sudah memberikan bantuan masa panik atau tanggap darurat kepada korban kebakaran berupa beberapa kebutuhan pokok.

“Alhamdulillah juga aksi penggalangan dana di depan lokasi kebakaran yang dilakukan oleh para relawan pada hari kedua terkumpul kurang lebih Rp24 juta. Ini dari warga Banjarmasin dan pengguna jalan,” tambah Aep.

Baca Juga: Korban Kebakaran di Jalan Veteran Butuh Pasokan Makanan

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Minimarket Indomaret Teluk Tiram Dibobol
apahabar.com

Kalsel

Kematian Pengunjung HBI Masih Misteri, Dokter Sebut Mulut Berbusa!
apahabar.com

Kalsel

Masih Ada Pertanda Hujan di Kalimantan Selatan
apahabar.com

Kalsel

Terjebak Dalam Rumah, Wanita Tua di Barito Utara Tewas Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Balitbangda Kaji Reklamasi Lahan Pasca-Tambang Kalsel, Simak Hasilnya
apahabar.com

Kalsel

Heboh Pelajar Ikut Demo di Banjarmasin, Polisi: Sudah Kami Lepas
apahabar.com

Kalsel

Paripurna Jawaban Gubernur Soal LPPA 2019 Dikawal Ratusan Polisi
apahabar.com

Kalsel

Masuk Daerah Rawan, Polsek Berangas Tambah Intensitas Patroli
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com