Cuaca Kalsel Hari Ini: Waspada! Hujan Petir Melanda Hampir Seluruh Wilayah Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir

Inilah Dua Waktu Mustajab Doa di Hari Jumat

- Apahabar.com     Jumat, 8 Maret 2019 - 08:53 WITA

Inilah Dua Waktu Mustajab Doa di Hari Jumat

Ilustrasi doa. Foto-Jambi Daily

apahabar.com, BANJARMASIN – Bagi umat Islam, Jumat merupakan hari yang sangat istimewa dan penuh dengan keberkahan. Dalam sejumlah hadist bahkan disebutkan bahwa hendaknya umat Islam memperbanyak berdoa pada Jumat.

Pasalnya Jumat yang penuh berkah insya Allah doa akan lebih mudah dikabulkan. Sebab Jumat termasuk dalam waktu-waktu mustajabnya doa. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadist berikut ini seperti dilansir Islami.com.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan shalat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang dia minta.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad dan lainnya)

Lalu secara spesifik, pada waktu apa sajakah doa-doa akan mustajab dan dikabulkan oleh Allah pada hari Jumat? Berdasarkan beberapa hadist, rupanya ada dua waktu di hari Jum’at yang menjadi waktu mustajabnya doa. Lalu kapan sajakah kedua waktu tersebut?

Pertama, yaitu pada saat antara duduknya imam sampai selesainya salat Jumat. Dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy’ari. Ia berkata, “Abdullah bin Umar bertanya padaku, ‘Apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai waktu mustajabnya doa di hari Jumat?” Abu Burdah menjawab, “Iya betul, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah hingga imam menunaikan shalat Jumat.” (HR. Muslim dan Abu Daud).

Baca Juga: Doa Ibu Menyertai Riduan, Kabul Hajat Sampai ke Martapura

Dalam riwayat lain dari Amr bin Auf al-Muzanni Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya pada hari jumat terdapat satu waktu, jika para hamba memohon kepada Allah, pasti akan dikabulkan oleh Allah. Para sahabat bertanya, ‘Ya Rasulullah, waktu kapankah itu?’ Jawab beliau, “Ketika shalat dimulai hingga selesai shalat.” (HR. Turmudzi dan Ibnu Majah).

Kemudian waktu yang kedua yaitu setelah waktu ashar. dari Abu Said al-Khudri dan Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Di hari Jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah seteah asar. (HR. Ahmad)

Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pada hari jumat ada 12 jam. Diantaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah ashar.” (HR. Abu Daud dan An-Nasai)

Sedangkan dari Abdullah bin Sallam RA, beliau pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, “Kami menjumpai dalam kitabullah, bahwa di hari jumat ada satu waktu, apabila ada seorang hamba beriman melakukan shalat bertepatan dengan waktu tersebut, kemudian memohon kepada Allah, maka Allah akan penuhi permohonannya.” Kemudian Nabi SAW berisyarat kepadaku, ‘Itu hanya sebentar?’ ‘Anda benar, hanya sebentar.’ Jawab Abdullah bin Sallam. Lalu Abdullah bertanya, ‘Kapan waktu itu’. Jawab beliau, “Itu adalah waktu di penhujung hari.” ‘Bukankah itu waktu larangan shalat?’ Rasulullah SAW pun menjawab, “Benar, namun ketika seorang hamba melakukan shalat (di awal asar), lalu dia duduk menunggu shalat berikutnya, dia terhitung sedang melakukan shalat.” (HR. Ibnu Majah)

Demikianlah dua waktu di hari Jumat yang dipercaya merupakan waktu-waktu mustajabnya doa. Yaitu ketika antara duduknya imam sampai selesainya salat Jum’at dan setelah waktu ashar. Dengan begitu, umat Islam hendaknya memperbanyak memanjatkan doa kepada Allah di dua waktu tersebut.

Baca Juga: Doa Bersama, Tolak Bala Korban Kebakaran Belakang Pasar Sentra Antasari

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab

Hikmah

Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab
apahabar.com

Religi

Istirahat di Siang Hari, Umar bin Abdul Aziz Ditegur Putranya Sendiri
apahabar.com

Religi

Dalil Terkait Hari Kiamat, Manusia Harus Waspada
apahabar.com

Religi

Layanan Rekam Jejak Biometrik Dikeluhkan, Calon Jemaah Haji dan Umrah: Lamban
apahabar.com

Ceramah

Gus Baha: Senang Dunia Itu Penting, Asal…
apahabar.com

Habar

Sambut Ramadhan, Kemenang Siapkan Protokol Rukyatul Hilal di Tengah Covid-19
apahabar.com

Habar

Jemaah Positif Covid-19, ‘Pemberangkatan’ Umrah Dievaluasi Kembali
apahabar.com

Religi

Di Zaman Raja Siapa Penindasan Ashabul Kahfi Terjadi?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com