Salah Tulis, Perbaikan Plang Nama SDN di Banjarmasin Tunggu Dana BOS Cair Bawa Pesan Damai ke Ukraina-Rusia, Jokowi Dianggap Layak Raih Nobel Diguyur Hujan Berjam-Jam, Sejumlah Kawasan di Banjarbaru Tergenang Banjarmasin Terendam Lagi, Masyarakat Diminta Waspada Air Kiriman! Banjarbaru Terendam, Sejumlah Warga Dievakuasi

Kalteng Jadi Percontohan Desa Adat Nasional

- Apahabar.com     Sabtu, 16 Maret 2019 - 20:44 WITA

Kalteng Jadi Percontohan Desa Adat Nasional

ilustrasi rumah adat kalimantan tengah. Foto-Elizato.com

apahabar.com, Palangkaraya – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia menunjuk Kalimantan Tengah menjadi percontohan desa adat. Kalteng jadi satu dari tujuh provinsi percontohan dalam menciptakan desa adat.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalimantan Tengah, Hamka saat ini sedang disusun perencanaan dalam merealisasikan terciptanya desa adat tersebut.

Baca Juga: BKSDA Kalteng Lepasliarkan Dua Ekor Kukang

“Rencananya di tiap kabupaten se-Kalteng ada desa adat. Tapi kami memang masih dalam proses penyusunan kriteria-kriteria desa adat,” kata dia, dikutip dari ANTARA, Sabtu (16/3).

Selain percontohan, DPMD Kalteng juga sedang berupaya mewujudkan desa bersinar atau bersih dari Narkoba. Untuk merealisasikannya, DPMD Kalteng menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Polda Kalteng.

Tujuan dari adanya percontohan desa adat dan desa bersinar itu, sebagai upaya menjaga dan melestarikan adat, sekaligus mencegah masyarakat desa menggunakan narkoba.

“Kami sedang berupaya keras agar program tersebut bisa terealisasi di tahun ini. Sekarang ini terus disusun perencanaan dan lainnya,” kata dia.

Mengenai penggunaan dan realisasi dana desa di seluruh Provinsi Kalteng untuk tahun 2018, dianggap sudah semakin baik karena mencapai 90 persen. Hanya, DPMD Kalteng menemukan masih banyak aparatur desa belum mengerti penataan administrasi desa.

Adapun, Pemerintah Provinsi sekarang ini terus berupaya melaksanakan pelatihan, untuk meningkatkan pemahaman aparatur desa terkait penataan administrasi desa maupun pelaporan penggunaannya.

“Kepala desa di Kalteng ini ada cukup banyak yang masih baru. Itu yang membuat banyak yang belum terlalu mengerti terkait administrasi desa. Tapi, dengan berbagai pelatihan, kami optimis mereka akan semakin paham,” demikian Hamka.

Baca Juga: Peredaran Narkoba di Kalteng Terbesar Kelima di Indonesia

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kapuas

Kalteng

Tahun Depan, Dinas PU Kapuas Tak Lagi Tangani Persampahan dan PJU
Covid-19

Kalteng

Akibat Covid-19, Begini Kondisi Perekonomian Kalteng 2020
RSUD Kapuas

Kalteng

Antisipasi Lonjakan Covid-19, RSUD Kapuas Tambah Bed Isolasi
apahabar.com

Kalteng

Hendak ke Banjarbaru, Penganiaya Anak di Sampit Ditangkap Tak Sengaja
apahabar.com

Kalteng

Satresnarkoba Polres Bartim Ringkus Bandar Sabu Bersama 2 Senpi Rakitan
apahabar.com

Kalteng

Usai Robohnya Fender Jembatan Kalahien, Tongkang Dilarang Melintas
apahabar.com

Kalteng

Sebaran Covid-19 di Kobar Kalteng Tembus 1.161 Kasus
apahabar.com

Kalteng

Bulog: Stok Bahan Pokok di Kalteng Aman Beberapa Bulan ke Depan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com