Jadi Sekolah Unggulan, Intip Sederet Program Almazaya Islamic School Banjarmasin Resmi, Gugatan Anandamu Tunda Kemenangan Ibnu-Ariffin di Pilwali Banjarmasin Tidak Mau Diisolasi di Palembang, 2 Peserta PTQ asal Kalteng Kabur Tak Buat Bingung, Dewan Kalsel Minta Informasi Satu Pintu Soal Aktivitas Mudik Jelang Idulfitri, Disdag Banjarbaru Jamin Harga Bapokting Aman

Kampanye Akbar Jokowi di Kalsel, Bawaslu Ingatkan ASN

- Apahabar.com Selasa, 26 Maret 2019 - 14:28 WIB

Kampanye Akbar Jokowi di Kalsel, Bawaslu Ingatkan ASN

Calon Presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo (kanan) menyapa pendukung saat kampanye terbuka di Banyuwangi. Foto-ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

apahabar.com, BANJARMASIN – Esok, kampanye terbuka calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo bakal berlangsung di Stadion 17 Mei Banjarmasin.

Sedari dini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel mewanti-wanti agar aparatur sipil negara (ASN) tak ikut nimbrung selama kampanye capres petahana itu. Sebab, agenda kampanye terbuka nantinya akan bertepatan dengan jam kerja ASN.

“ASN harus tetap menjaga netralitasnya. Salah satunya yakni dengan tidak turut hadir dalam kampanye terbuka tersebut,” ujar Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan kepada apahabar.com.

Larangan ASN ikut kampanye itu merujuk pada Pasal 2 Undang-Undang Nomor 5/2014 tentang ASN pada Pemilu 2019. Selain aturan, ada juga larangan terkait dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Baca Juga: Kunjungan Jokowi ke Kalsel, TNI-POLRI Turunkan 2.000-an Personel

“ASN dilarang menghadiri rapat terbuka atau kampanye capres. Aturan ini jelas dari Badan Kepegawaian Nasional,” ujarnya.

Selain itu, ASN juga tak diperkenankan untuk membawa atau meminjamkan fasilitas negara seperti mobil dinas daerah dalam mengikuti kampanye capres. Jika peraturan tersebut diabaikan, maka siap-siap saja sanksi mulai dari teguran sampai penurunan pangkat oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Sanksi yang diberikan bisa berupa teguran, pemindahan tempat kerja, bahkan sampai penurunan pangkat kalau dia jadi jurkam (juru kampanye),” ujar Iwan.

Diketahui selain berkampanye terbuka, Jokowi akan melakukan beberapa agenda penting di Kalsel. Di antaranya Ngopi Bareng bersama Milenial di Taher Square, dan memenuhi hajatan TKD di Hotel Mercure Banjarmasin.

Baca Juga: Persiapan Kampanye Akbar Jokowi di Banjarmasin, Stadion 17 Sudah 70 Persen

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jelang Pilgub Kalsel

Politik

Jelang Pilgub Kalsel, Puluhan Anggota KPPS Banua Lawas Tabalong Dilantik
apahabar.com

Politik

Quick Count Bakal Segera Dimulai, Ada 40 Lembaga Survey Resmi KPU
AnandaMu

Politik

Pilwali Banjarmasin, DPP PKS Instruksikan Kader Menangkan AnandaMu
apahabar.com

Politik

Ulama Depok Deklarasi Dukung Ma’aruf Amin

Politik

Di Sungai Loban, Syafruddin H Maming Sosialisasikan Cara Mencoblos
apahabar.com

Politik

Ovie-Iwan Mundur, PDIP: Pilkada Banjarbaru Tanpa Tandingan
Denny

Politik

Proses Laporan Denny, Bawaslu Pusat Minta Sahbirin Ajukan Kontra Memori Keberatan

Politik

Hadapi Gugatan Marzuki Ali CS, Demokrat Utus 11 Pengacara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com