Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Alasan Mencengangkan Disdik Mengapa Anak SMP di Banjarmasin Harus Sekolah Tatap Muka Resmi, Banjarmasin Hanya Izinkan SMP Sekolah Tatap Muka Januari 2021

Kampanye Akbar Jokowi di Kalsel, Bawaslu Ingatkan ASN

- Apahabar.com Selasa, 26 Maret 2019 - 14:28 WIB

Kampanye Akbar Jokowi di Kalsel, Bawaslu Ingatkan ASN

Calon Presiden petahana nomor urut 01 Joko Widodo (kanan) menyapa pendukung saat kampanye terbuka di Banyuwangi. Foto-ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

apahabar.com, BANJARMASIN – Esok, kampanye terbuka calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo bakal berlangsung di Stadion 17 Mei Banjarmasin.

Sedari dini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalsel mewanti-wanti agar aparatur sipil negara (ASN) tak ikut nimbrung selama kampanye capres petahana itu. Sebab, agenda kampanye terbuka nantinya akan bertepatan dengan jam kerja ASN.

“ASN harus tetap menjaga netralitasnya. Salah satunya yakni dengan tidak turut hadir dalam kampanye terbuka tersebut,” ujar Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan kepada apahabar.com.

Larangan ASN ikut kampanye itu merujuk pada Pasal 2 Undang-Undang Nomor 5/2014 tentang ASN pada Pemilu 2019. Selain aturan, ada juga larangan terkait dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Baca Juga: Kunjungan Jokowi ke Kalsel, TNI-POLRI Turunkan 2.000-an Personel

“ASN dilarang menghadiri rapat terbuka atau kampanye capres. Aturan ini jelas dari Badan Kepegawaian Nasional,” ujarnya.

Selain itu, ASN juga tak diperkenankan untuk membawa atau meminjamkan fasilitas negara seperti mobil dinas daerah dalam mengikuti kampanye capres. Jika peraturan tersebut diabaikan, maka siap-siap saja sanksi mulai dari teguran sampai penurunan pangkat oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Sanksi yang diberikan bisa berupa teguran, pemindahan tempat kerja, bahkan sampai penurunan pangkat kalau dia jadi jurkam (juru kampanye),” ujar Iwan.

Diketahui selain berkampanye terbuka, Jokowi akan melakukan beberapa agenda penting di Kalsel. Di antaranya Ngopi Bareng bersama Milenial di Taher Square, dan memenuhi hajatan TKD di Hotel Mercure Banjarmasin.

Baca Juga: Persiapan Kampanye Akbar Jokowi di Banjarmasin, Stadion 17 Sudah 70 Persen

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Butuh 715 Relawan Bantu KPU Sosialisasi Pemilu
apahabar.com

Politik

Petahana Banjarmasin Klaim Restu PKB, Hilyah: Mana Suratnya?
apahabar.com

Politik

Hari Ini, PDIP Umumkan Lagi 75 Paslon Pilkada 2020
apahabar.com

Politik

Besaran Biaya Perserta Kampanye Belum Ditetapkan
apahabar.com

Politik

Siapkan Poros Ketiga, Rosehan Gandeng Putra Eks Gubernur Kalsel
apahabar.com

Politik

Cuncung Syafruddin H Maming, Dari Kades Pulau Burung Menuju Parlemen di Senayan (Bagian 1)
apahabar.com

Politik

Pilkada Ditunda, Darmawan Jaya: Penanganan Covid-19 Lebih Prioritas
apahabar.com

Politik

Pelamar Relawan KPU Banjar Baru 22 Orang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com