#SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah VIDEO Momen Polisi Banjarmasin Kena Pentung Saat Ricuh #SaveKPK Jilid II

Kampanye Akbar Jokowi di Kalsel, Polisi Sebar Mata Mata

- Apahabar.com Selasa, 26 Maret 2019 - 19:52 WIB

Kampanye Akbar Jokowi di Kalsel, Polisi Sebar Mata Mata

Ilustrasi pengamanan presiden. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak hanya personel bersenjata lengkap, Polda Kalsel juga menyebar puluhan intelijen dan keamanan (Intelkam) jelang kedatangan Joko Widodo (Jokowi) ke Banjarmasin, Rabu (27/3) esok.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Polda Kalsel, Kombes Pol Mochamad Rifai, personel intel diturunkan untuk mencari informasi-informasi sedini mungkin. Terlebih yang sifatnya dapat mengancam situasi kamtibmas.

“Personel Intelkam ini merupakan mata dan telinga pimpinan ya. Jadi ketika ada riak-riak peristiwa unjuk rasa dan aksi massa lainnya, kita bisa melakukan deteksi dini,” ucap Kombes Pol Mochamad Rifai kepada apahabar.com, Selasa (26/3).

Selain menurunkan personel Intelkam, Polda Kalsel juga menyiagakan anggota satuan lainnya. Di antaranya, personel Sabhara, Brimob, Reserse serta satuan K9 (anjing pelacak).

Baca Juga: Hoax Masuk ke Lokasi Kampanye Jokowi Pakai Tiket

“Satgas Pamwil tamu VVIP memang dipegang Danrem 101/Antasari, namun Polda Kalsel sebagai backup pengamanan juga siagakan 600 personel yang terdiri dari seluruh satuan,” terang Rifai.

Ditanya adanya kemungkinan unjuk rasa, Rifai yakin hal itu tidak terjadi. Menurutnya, tidak ada masalah yang memicu demonstrasi, apalagi Kalsel selama ini jauh dari konflik.

Ia mengimbau masyarakat Kalimantan Selatan yang terkenal dengan keramahannya dapat menyambut Jokowi dengan rasa kekerabatan. Rifai berujar pihaknya tetap akan mengantisipasi adanya aksi demo.

“Kita antisipasi dan kalau mereka melakukan unjuk rasa anarki, akan kita tindak tegas,” tandas polisi dengan tiga melati di pundaknya itu.

Perlu diketahui, selain berkampanye terbuka, Jokowi akan melakukan sejumlah agenda di Kalsel. Di antaranya Ngopi Bareng Milenial di Taher Square, Salat Maghrib berjamaah di Mesjid Sabilal Muhtadin, serta bertemu ulama di Hotel Mercure Banjarmasin.

Selain itu, sesuai kebiasaanya, Jokowi dikabarkan akan blusukan ke sejumlah tempat guna menyapa masyarakat secara langsung. Karenanya, pengamanan selama Jokowi di Kalsel akan menggunakan standar pengamanan Presiden.

Kurang lebih 2.000 personel akan menjamin keamanan Jokowi selama kunjungannya. Mereka terdiri dari sebanyak 1.428 personel TNI, 526 personel Polri dan sisanya dari unsur pemprov Kalsel.

Baca Juga: Kampanye Akbar di Kalsel, Polres Banjarbaru Kawal Datang dan Pulang Jokowi

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kemarau di Kalsel Diprediksi Juli 2020, Waspada Karhutla!

Banjarbaru

Q-mall Ditutup, Hypermart Banjarbaru Tetap Buka
apahabar.com

Kalsel

Ikatan Mahasiswa Banjarmasin Berbagi Berkah di Hari Terakhir Ramadan
apahabar.com

Kalsel

RSUD Ulin Bangun Pusat Jantung Terpadu, Siap Operasi 2021
apahabar.com

Kalsel

Ditinggal ke Kebun, 2 Rumah beserta Emas Puluhan Gram Ludes Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Disnakertrans Bentuk Tim Selesaikan Tuntutan FSPMI
Banjir Susulan

Kalsel

Banjir Susulan, Warga Bincau ini Terpaksa Salat di Atas Tumpukan Material
apahabar.com

Kalsel

Heboh Premium dan Pertalite Dihapus, DPRD Kalsel Bersikap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com