Lantik Sekdakot Banjarmasin, Ibnu Sina Beri Ikhsan Budiman Sederet PR Bukan Pepesan Kosong, Kades Se-Amuntai Sweeping Truk Conch! Terkesan Plin-plan, PPKM Level 3 Nataru Batal, Kalsel Perlu Lakukan Ini Truk Conch Disweeping di Amuntai, Kapolres HSU Buka-bukaan Akhirnya, Buronan Pelaku Penggelapan Motor Scoopy di HST Diringkus Tim Resmob

Long Boat Karam di Riam Udang Mahulu, Tiga Masih Hilang

- Apahabar.com     Jumat, 22 Maret 2019 - 10:59 WITA

Long Boat Karam di Riam Udang Mahulu, Tiga Masih Hilang

Ilustrasi kapal motor tenggelam. Kapal long boat membawa 6 penumpang menjadi korban keganasan riam Udang di Mahakam Ulu. Foto: Shutterstock

apahabar.com, SAMARINDA – Hingga kini, tiga orang dinyatakan masih hilang dalam kecelakaan air atau laka air di kawasan Riam Udang, Kabupaten Mahakam Ulu. Sebelumnya, laka air terjadi di kabupaten termuda di Kaltim itu, Kamis (21/3).

Informasi yang dihimpun, taksi air bermuatan penumpang dan barang itu hendak mudik dari Long Bagun menuju Long Pahangai.

“Riam Mahakam Ulu makan korban lagi…satu long boat karam di riam Asiu. Mudik dari long bagun menuju Long pahangai tadi pagi,” ujar ?Gideon Geraldi?, dalam unggahan caption foto di facebooknya.

Dalam sejumlah foto yang diupload-nya, tampak seorang bapak tengah menggendong anaknya dalam kondisi basah kuyup diduga merupakan salah satu korban laka maut tersebut. Di satu sisi, sejumlah petugas terlihat melakukan pendataan.

Tiga orang, seperti dikutip dari prokal.co, masih hilang dalam kecelakaan tersebut. Yaitu, Oktavianus Laing alias Bang (7), Albina Buaq Huvat (48) dan Alex (30). Sementara, satu ditemukan meninggal dunia yakni Yosefa Veronica Mujan Ngau (60).

Baca Juga: Kapal Bermuatan Puluhan Pelajar Karam di Sungai Mentaya

apahabar.com

Korban dievakuasi. Foto-facebook Gideon Geraldi

“Saat ini tim gabungan dari Polsek Long Bangun, Tim SAR Kabupaten Mahulu dibantu masyarakat setempat masih melakukan pencarian korban yang hilang,” ujar Katerina Uan, Petugas SAR Kabupaten Mahakam Ulu.

Long boat dikemudikan motoris Arang Hajat membawa enam penumpang. Mereka bertolak dari pelabuhan di Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun menuju Kampung Long Pahangai.

Sampai di Riam Asiu sekira pukul 10.00, long boat menabrak batu dan naik di atas batu tersebut. Dengan cepat, air masuk ke kapal dari bagian belakang. Yang menyebabkan kapal miring dan penumpang loncat keluar.

Para penumpang bersama barang akhirnya terseret derasnya sungai Mahakam. Satu korban Veronica warga Kampung Jawa Samarinda ditemukan meninggal dunia.

Untuk diketahui, Riam Udang sangat terkenal dengan arus sungai yang deras. Sehingga, kapal yang melaluinya harus memiliki tenaga mesin yang besar untuk mengendalikan arus deras sungai Mahakam.

Terpisah, Kanit Intel Kepolisian Sektor (Polsek) Long Bagun Aiptu Juan Higang kepada RRI membenarkan, kronologi kejadian berdasarkan keterangan motoris. Bahwa ketika menanjak riam, perahu tersebut terhempas kemudian tersangkut di atas batu di tengah Riam. Kondisi tersebut diperparah dengan kondisi mesin long boat yang bermasalah.

Baca Juga: 12 Penumpang Kapal Karam di Sungai Kapuas Meninggal Dunia

Editor: Fariz F

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Balikpapan Kebakaran Lagi, Satu Toko Mainan Hangus

Kaltim

Mahasiswa Desak Kejari Balikpapan Segera Tetapkan Tersangka Kasus KKT
apahabar.com

Kaltim

Wagub Kaltim Open House Bersama Ribuan Warga dan Tokoh Masyarakat

Kaltim

Aksi Pedagang Bakso Sikat Kotak Amal Masjid di Balikpapan Terekam CCTV
apahabar.com

Kaltim

Masjid Agung Penajam Bakal Disulap Mirip Masjid Nabawi
apahabar.com

Kaltim

Pendapatan Daerah Kaltim Bertambah Ratusan Miliar
Diterkam Buaya

Kaltim

Mengenaskan, Buruh Sawit di Kaltim Ditemukan Tewas Diterkam Buaya
Penculik Anak

Kaltim

Polisi Sebut Penculik Anak di Balikpapan Tak Terdaftar di Kantor Ojol
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com