Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Nyasar ke Permukiman, Seekor Bekantan Tersengat Listrik

- Apahabar.com Jumat, 22 Maret 2019 - 19:49 WIB

Nyasar ke Permukiman, Seekor Bekantan Tersengat Listrik

Seekor Bekantan yang tersengat listrik ditemukan tergolek lemah di kawasan Jalan Ahmad Yani, Km 4,5, Banjarmasin Timur, Jumat (22/3) petang. Ist

apahabar.com, BANJARMASIN – Keberadaan bekantan menggemparkan warga Jalan Jenderal Ahmad Yani, Pal 4,5, Banjarmasin Timur, Jumat (22/3) petang, tepatnya depan Rumah Makan Cianjur.

Nyasar ke permukiman warga, satwa dilindungi itu terhempas ke tanah setelah tersengat aliran listrik. Akibatnya, maskot Kota Banjarmasin itu tak lagi bisa bangun.

Seorang warga di lokasi kejadian sempat mendengar suara ledakan dari trafo listrik. Saat didatangi, bekantan sudah tergolek lemah.

Seketika temuan hewan bernama latin Nasalis larvatus itu jadi tontonan warga maupun pengendara yang kebetulan melintas.

Sejumlah warga beserta tim emergency lalu berdatangan ke lokasi kejadian untuk memberikan pertolongan. Lalu, bekantan tersebut sempat berupaya kabur dengan memanjat pohon.

Hendak dievakuasi, sayang nyawanya tak tertolong akibat kembali tersengat listrik.

“Setelah dapat info kami langsung ke sini. Saat ditemukan kondisinya masih hidup, kemudian naik lagi ke pohon,” jelas Antung Sanstra, saksi mata di lokasi kejadian.

Ia menduga endemik asli Kalimantan berjenis kelamin betina itu, takut setelah melihat kedatangan warga. Lantas, memilih kembali naik ke tegangan listrik dan mati tersetrum jaringan kabel listrik terbuka.

Pantauan apahabar.com di lapangan, tercium bau bulu terbakar akibat sengatan listrik tersebut.

Menurut salah seorang anggota Sahabat Bekantan Indonesia (SBI) diperkirakan bekantan  masuk ke area pemukiman karena habitat aslinya yang sudah mulai sedikit.

“Diperkirakan karena terpisah dari rombongan bekantan ini lari ke sini,” ujar Sifudin Noor anggota SBI. Informasi warga, bekantan malang tersebut dalam kondisi hamil.

Saat ini, jasad hewan berhidung mancung yang dilindungi undang-undang itu sudah diamankan ke basecamp Save bekantan yang terletak di Jalan Sultan Adam, Banjarmasin Utara.

“Iya sudah meninggal karena tubuhnya tersengat listrik bertegangan tinggi,” ucap relawan Tim Bekantan Wild Life Rescue Center,

Menurut Stan Lotha, peneliti Bekantan asal Ceko, kemungkinan besar Bekantan yang masuk permukiman sulit untuk bisa terselamatkan.

“Jika masih hidup, lebih baik dia tidak begitu banyak diganggu, dia sangat sensitif terhadap stres,” jelasnya dihubungi apahabar.com.

Sejauh pengalamannya, kasus Bekantan tersengat listrik sangat sering terjadi. Kawat listrik yang tidak terisolasi dengan baik berbahaya bukan hanya untuk bekantan yang akan mati tapi juga terhadap warga karena kecelakaan seperti ini bisa menyebabkan kebakaran.

 

 

 

 

 

 

 

Reporter: Rizal Khalqi/Eddy Andriyanto
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pengamanan Rutin Kegiatan Jemaat Gereja di Satui Berlangsung Kondusif
apahabar.com

Kalsel

Duta Mall Banjarmasin Bantu Warga Sekitar Cegah Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Idulfitri Berdarah di HSS: Niat Melerai, Rahman Malah Dihabisi
apahabar.com

Kalsel

Awal Ramadan, Umumnya Cuaca Cerah
apahabar.com

Kalsel

Menggenjot Anjungan Kalsel di TMMI Jadi Pusat Promosi Wisata Banua
apahabar.com

Kalsel

Damkar Martim Distribusikan Bantuan ke Pulau Sebuku dan Alalak
apahabar.com

Kalsel

Turunkan Angka Stunting, Intip Siasat Pemerintah Kabupaten Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Hut Bhayangkara di Banjarmasin Berlangsung Khidmat, Simak Arahan Presiden
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com