Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu

Pakai Masker pun Tetap Keciuman Aroma Sampah TPS Veteran

- Apahabar.com Kamis, 7 Maret 2019 - 15:56 WIB

Pakai Masker pun Tetap Keciuman Aroma Sampah TPS Veteran

Sampah yang dibuang warga di TPS Jalan Veteran, Banjarmasin Timur melebihi kapasitas terkesan dibiarkan. foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak sedikit warga yang mengeluhkan tempat pembuangan sampah (TPS) Jalan Veteran, Banjarmasin timur. Disamping tingginya volume sampah, aromanya pun sering mengganggu.

Terlihat, jumlah sampah di TPS yang berada persis di bahu jalan penghubung antara Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar tersebut melebihi kapasitas. Akibatnya sampah-sampah itu pun berserakan, hingga memakan jalan protokol.

Baca Juga: Warga Negara Asing di Batulicin Miliki KTP

Tak jarang, pemandangan tersebut mengganggu para pengendara yang lewat. Apalagi kerap menimbulkan aroma tak sedap.

“Setiap kali melintas di dekat TPS ini, saya pasti tahan nafas. Meskipun sudah menggunakan masker, karena tidak tahan dengan aromanya,” jelas Fachrul Razi kepada apahabar.com, Kamis (7/3/2019).

Warga Jalan Sungai Andai ini berharap, daya tampung TPS tersebut dibuat lebih besar. Atau pun sarannya, diawasi agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

Menanggapi keluhan warga, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Mukhyar mengatakan telah berkoordinasi dengan Satpol PP. Yakni dengan membangun posko pengawasan yang nantinya diletakan disekitar TPS itu.

Tujuannya tidak lain untuk menindak warga yang melanggar Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Persampahan. “Kita berkoordinasi dengan Satpol PP agar mengerahkan petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) menjaga TPS di Jalan Veteran,” ujar Mukhyar.

Menurutnya, keberadaan Linmas harus benar-benar maksimal mengawasi TPS tersebut. Sebab, sebelumnya masih ada sejumlah warga yang mencuri kesempatan untuk membuang sampah di TPS itu di luar waktu yang ditentukan.

Oleh karenanya, situasi “kucing-kucingan” antara petugas dan warga pun tidak dapat dihindari. “Dulu itu Satpol PP sempat kucing-kucingan mengawasi warga yang membuang sampah di luar ketentuan Perda. Makanya kita meminta menaruh Linmas di sana, agar bisa menindak warga bandel itu,” terangnya.

Ia pun menduga, tak sedikit warga Kabupaten Banjar ikut membuang sampah di sana. Sebab, letak geografis TPS itu yang berdekatan perbatasan antara Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. Makanya ia mengingatkan kepada warga yang terbukti membuang sampah sembarangan akan dikenakan denda maksimal Rp 5.000.000.

Baca Juga: Jumlah Warga Asing di Kalsel Stabil

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Warga di Desa Terpencil Terbantu Program UHC Balangan
apahabar.com

Kalsel

PLN Jaga Keandalan Listrik RS Rujukan Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Zulfan Noor Ingatkan PPDP Harus Tahu Data Pasien
apahabar.com

Kalsel

Bangkitkan BUMDes, Balatmas Banjarmasin Latih SDM Desa Bartim
Tabrakan Frontal di Tamban, Empat Korban Terpental

Kalsel

Tabrakan Frontal di Tamban, Empat Korban Terpental
apahabar.com

Kalsel

Tanpa Peringatan Dini, BMKG Lihat Potensi Hujan Lokal di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

BEM Se-Kalsel Kembali Unjuk Rasa Tolak UU Cipta Kerja di Banjarmasin, Desak Jokowi Terbitkan Perppu
apahabar.com

Kalsel

Kapolres HSU Beri Penghargaan pada Personel Berdedikasi Tinggi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com