Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif

Perda Pengolahan Sampah di Banjarmasin Lemah

- Apahabar.com Senin, 11 Maret 2019 - 17:25 WIB

Perda Pengolahan Sampah di Banjarmasin Lemah

Walau sudah ada bak sampah, kebiasaan membuang sampah sembarangan sepertinya masih menjadi kebiasaan. Maka perilaku salah itu harus dihentikan. Foto-infobandung.co.id

apahabar.com, BANJARMASIN – Berbagai upaya telah dilakukan untuk menangani tumpukan sampah di Banjarmasin. Namun tingkat kesadaran masyarakat masih terbilang rendah untuk membuang sampah pada tempatnya.

Apalagi memasuki musim pancaroba yang membuat volume air naik dan turun, sehingga aliran sungai tidak lancar gegara sampah.

Baca Juga: Satpol PP Terbitkan SP3 Bangunan ‘Bandel’ RSUD Sultan Suriansyah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Mukhyar mengatakan, warga yang tertangkap tangan membuang sampah sembarang bisa dikenakan sanksi membayar denda.

Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 21/2011 tentang Pengelolaan Persampahan dengan denda bagi yang melanggar maksimal membayar Rp5 juta, atau kurungan 3 bulan penjara.

Dia menerangkan bahwa denda dari pelanggaran masyarakat terkait membuang sampah sembarangan itu akan disetorkan ke kas Kota Banjarmasin.

Tapi saat ditanya berapa jumlah pelanggaran dan uang yang dikumpulkan pada tahun 2018? Mukhyar mengakui dirinya tidak tahu lebih lanjut masalah tersebut.

Sebab, dalam waktu 1 bulan tidak terlalu banyak masyarakat kedapatan melanggar Perda yang disahkan sewaktu H Muhidin menjabat sebagai Wali Kota Banjarmasin.

“Setelah Satpol PP menangkap, dia akan diadili Pengadilan Tinggi. Namun tidak ada efek jera, sebab hanya dijatuhi sanksi denda Rp50 ribu saja,” katanya.

Baca Juga: Clear, Polemik Amdal PT AGM Pemprov Sebut Kesalahan Pemrakarsa

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Jadi Contoh, Jemaah Masjid Miftahul Ihsan Malah Tak Disiplin
apahabar.com

Kalsel

Polisi Stop Laporan Anang Rosadi Terhadap Wali Kota Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Keluh Kesah Dayak Meratus di Hari Masyarakat Adat Nasional 2019
apahabar.com

Kalsel

Peringati Hari Anti Korupsi, Kejari Banjarbaru Bagikan Stiker di Jalan
apahabar.com

Kalsel

Satpolair Banjarmasin Gelar Penyuluhan Bahaya Radikalisme

Kalsel

Waspada! Banjir Masih Hantui Kota Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

BPD Diresmikan, Kadis DPMPD Tabalong Ingatkan Tugas dan Fungsi
apahabar.com

Kalsel

Update 16 Mei: Kalsel Bertambah 47 Pengidap Baru, Banjarmasin Tertinggi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com