7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas! Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin

Presiden Bagi Tips Aman Berkendaraan kepada Kaum Milenial

- Apahabar.com Sabtu, 9 Maret 2019 - 14:46 WIB

Presiden Bagi Tips Aman Berkendaraan kepada Kaum Milenial

Jokowi selfie dengan kaum milenial. Foto-Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

apahabar.com, PALEMBANG – Presiden Joko Widodo berbagi tips aman berkendaraan kepada kaum muda atau yang dikenal dengan istilah milenial. Hal tersebut disampaikan Presiden saat bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menghadiri acara Deklarasi Millennials Road Safety Festival yang digelar di sekitar Jembatan Ampera, Palembang, Sabtu (9/3/2019).

“Saya ingin titip, enggak banyak-banyak. Kalau mau berkendaraan tolong dicek betul, pertama lampunya nyala enggak, spionnya harus komplit. Sebelum berkendaraan helm harus siap dan dipakai,” ujar Presiden melalui siaran pers yang diterima apahabar.com.

Tak hanya dari sisi perlengkapan, Presiden juga mengingatkan agar kelengkapan surat seperti SIM dan STNK juga dipersiapkan sebelum berkendaraan.

“Jadi kalau nanti ditanyakan oleh Polantas, kita juga bisa menunjukkan bahwa kita memiliki STNK dan SIM,” ucap Kepala Negara.

Di hadapan ribuan anak muda yang memadati lokasi acara, Kepala Negara menegaskan agar para pengendara tidak menggunakan telepon genggamnya saat mengemudikan kendaraan. Hal ini berlaku tidak hanya untuk pengendara sepeda motor, tetapi juga pengendara mobil.

“Tidak boleh loh, waktu berkendaraan tidak boleh main handphone, berbahaya sekali. Naik mobil pun berbahaya sekali, nyetir sambil main handphone. Karena kita ini kalau pas pergi ditunggu keluarga dan orang tua kita di rumah. Jadi hati-hati dalam berkendaraan. Siapkan, cek semua kelayakan kendaraan,” tuturnya.

Menurut Presiden, kecelakaan lalu lintas saat ini berada dalam peringkat kelima penyebab kematian di dunia. Sehingga, dia meminta agar masyarakat bisa lebih berhati-hati lagi.

Baca Juga: Tips Keselamatan Berkendaraan Saat Musim Hujan

“Kecelakaan di dunia memakan korban, rangking lima. Pertama jantung, penyakit paru-paru, diabetes, dan lain-lain. Nomor lima itu kecelakaan lalu lintas. Hati-hati,” ucapnya.

Presiden kemudian meminta dua anak muda untuk naik ke panggung. Dalam dialog tersebut, Presiden meminta Henri dan Joni Iskandar, untuk menceritakan pengalamannya berkendaraan dan berbagi pesan kepada warga lainnya.

“Untuk warga Palembang, kalau berkendaraan jangan ngebut. Menurut pengalaman saya, di tempat saya bekerja setiap hari selalu ada kecelakaan. Jadi untuk warga Palembang, tolong taatilah tata tertib lalu lintas,” seru Henri.

Sementara itu Joni Iskandar, mahasiswa semester 8 di salah satu universitas di Palembang, mengaku sering berkendara sepeda motor bolak-balik dari Indralaya menuju Palembang untuk bimbingan skripsi.

“Untuk mahasiswa khususnya yang bolak-balik Palembang-Indralaya harap berhati-hati apalagi kalau jalanan lagi licin, jadi jangan lupa safetynya terutama untuk perlindungan diri kita sehari-hari. Helm, sepatu, jaket, kaos tangan, dan surat-surat kendaraan yang lengkap,” pesan Joni.

Tampak hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru.

Baca Juga: Tips Berkendara Aman Ala Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Temukan Pelanggaran Pemilu 2019, Emak-Emak ‘Geruduk’ KPU Kalsel
apahabar.com

Nasional

Hari Ini, Unair DO Gilang ‘Bungkus’ Terduga Fetish Jarik
apahabar.com

Nasional

Anggota Terlibat Narkoba, Polri: Hukum Mati!
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Sembuh 45.401 Orang dari 86.521 Kasus Positif
apahabar.com

Nasional

Gerindra: Prabowo Melayat ke Kediaman Ani Yudhoyono Sore Ini
apahabar.com

Nasional

Jokowi Kenalkan 7 Staf Khusus Milenial

Nasional

Dandhy Dwi Laksono Ditangkap Polisi, Terkait Kicauan di Twitter
ampahar,com

Nasional

19 Karyawan PLN Hilang Diterjang Tsunami di Tanjung Lesung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com