Sosok Promotor Pemberian Gelar Doktor Kehormatan Paman Birin Bukan Orang Sembarangan Tempo Dua Bulan, Polres Tala Ungkap Puluhan Tersangka Kasus Narkoba Kebakaran di Pampanan, INAFIS Polres Tabalong Turun Tangan Kios di Tapin Terbakar, Satu Orang Jadi Korban Tarif PCR Sudah Turun, Maskapai Penerbangan di Kalsel Masih Menjerit

Puncak Acara MRSF Kalsel 2019 Sisakan 10 Ton Sampah di Halaman Kantor Gubernur

- Apahabar.com     Senin, 18 Maret 2019 - 01:12 WITA

Puncak Acara MRSF Kalsel 2019 Sisakan 10 Ton Sampah di Halaman Kantor Gubernur

Nampak sampah yang berserakan pasca MRSF Kalsel 2019. Foto-apahabar.com/Eddy Andriyanto

apahabar.com, BANJARBARU – Millennial Road Safety Festival (MRSF) 2019 memang mampu pecahkan rekor MURI, Minggu (17/3). Namun ada satu hal yang terlupakan.

Acara yang mampu menyedot 210.000 orang tersebut mampu memecahkan rekor MURI untuk kategori lomba pidato 3 bahasa, pelayanan SIM 72 jam nonstop, gerai makanan gratis dan Si Tala milik Polres Tanah Laut.

Baca Juga: Puncak Millenial Road Safety Festival Polda Kalsel Meriah

Hanya saja, sukses acara itu menyisakan pekerjaan buat petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru. Salah satu petugas, Dika memperkirakan ada 10 ton lebih sampah yang dihasilkan dari puncak acara yang digelar di halaman kantor Setda Provinsi Kalimantan Selatan tersebut.

Untuk membersihkan sampah-sampah tersebut, Dinas Lingkungan Hidup Banjarbaru menerjunkan 50 petugas kebersihan yang disebar di beberapa titik.

Dika, sebagai pengawas lapangan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru itu menjelaskan, sampah-sampah didominasi oleh sampah plastik. Kebanyakan memang merupakan sampah yang dihasilkan dari hasil sisa-sisa makanan. “Sampah plastik botol minuman, kemasan makanan,” kata Dika kepada apahabar.com dilokasi.

Baca Juga: Tampilkan Kain Sasirangan, Maulida Terpilih Jadi Putri Nusantara IPDN 2019

Sedangkan untuk sarana pengangkut sampah diterjunkan 2 buah truk pengangkut sampah. Kedua truk itu bolak-balik mengankut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ST Gunung Kupang Banjarbaru.

Dika menambahkan, selain melakukan operasi bersih-bersih sampah pasca puncak acara MRSF, Dinas Lingkungan Hidup senantiasa menggelar penyapuan rutin.

Pihaknya pun menyayangkan sikap pengunjung gelaran Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan yang dianggap tidak pandai bersyukur. Sebab pengunjung membuang bungkus makanan sembarangan, padahal makanan yang mereka dapatkan secara gratis.

“Habis makan tidak mau buang sampah ditempatnya, pihak panitia juga tidak melakukan antisipasi ini sebelum. Saya prihatin saja mas dengan tumpukan sampah ini,” sesal Dika.

Baca Juga: Wali Kota Banjarmasin Mengutuk Keras Tindakan Brutal di Selandia Baru

Ketika ditanya butuh berapa lama untuk membersihkan sampah setelah acara, sang petugas pengawas itu menyebutkan tiga hari. “Sampai 3 hari ke depan kami masih akan terus membersihkan sampah acara yang sedot ratusan ribu orang ini,” jawabnya.

Pihaknya pun membagi tugas dalam dua shift. “Kami akan bertugas dalam 2 shift selama 24 jam hingga 2-3 hari kedepan,” pungkasnya.

Kegiatan yang digagas oleh Ditlantas Polda Kalsel itu disambut meriah warga, dan dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, Wakapolda Brigjen Pol Aneka Pristafuddin, serta para pejabat utama Polda Kalsel.

Turut hadir, seluruh kapolres jajaran Polda Kalsel, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto, Forkopimda Kalsel dan Kota Banjarbaru serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga: Kehadiran PPTSB Kalsel Diharap Berperan dalam Pembangunan Daerah

Reporter: Eddy Andriyanto
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Haruskah Aku Mati

Kalsel

Terungkap! Pendangdut Cilik yang Viral Nyanyikan “Haruskah Aku Mati” Berdarah Amuntai HSU
apahabar.com

Kalsel

Covid-19 Kotabaru Capai 280, Ernawati Sebut Kesadaran Masyarakat Soal Prokes Rendah
apahabar.com

Kalsel

167 Rumah di Wilayah Langganan Banjir Martapura Masih Terendam
apahabar.com

Kalsel

Waspadai Hujan Berpetir dan Angin Kencang

Kalsel

Ada Fakta Baru di Balik Pembunuhan Guru Teweh di Kandangan
apahabar.com

Kalsel

Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com
apahabar.com

Kalsel

TWKM XXXI, Direktur Walhi: #SaveMeratus Didorong Jadi Isu Nasional
apahabar.com

Kalsel

Calon Jemaah Haji Batola Meningkat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com