Orbawati Buron, Nasdem Tanah Laut Fokus Menangkan BirinMu Detik-Detik Akhir Kampanye, Bawaslu RI Turun ke Banjarmasin Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel Terpapar Covid-19, Kemenag Tutup Satu Ponpes di Palangka Raya Cobain Bikin Video Berkualitas Film dengan Galaxy Note20 Series

Sikeudes Memudahkan Desa Buat APBDes

- Apahabar.com Selasa, 5 Maret 2019 - 20:18 WIB

Sikeudes Memudahkan Desa Buat APBDes

Dinas PMD Banjar menggelar Workshop Evaluasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes versi 2.0 bersama BPKP, DPR RI, Polri, BPK RI, dan Pemerintah Kabupaten Banjar di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Selasa (5/3) pagi. Foto-apahabar.com/ Reza Rifani

apahabar.com, MARTAPURA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Banjar menggelar Workshop Evaluasi Sistem Tata Kelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes versi 2.0.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Pengelola Keuangan dan Pembangunan Desa yang Partisipatif, Transparan dan Akuntabel Dengan Menggunakan Aplikasi Siskudes”. Acara di aula Dinas Pendidikan Banjar, Senin (5/3) itu dihadiri BPKP, DPR RI, Polri, BPK RI, dan Pemerintah Banjar.

Baca Juga: Tes Urine 105 Siswa SMK di Banjarmasin, Intip Hasilnya!

“Saya menyambut baik dan mengucapkan terimakasih kepada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalimantan Selatan yang telah berinisiatif atas penyelenggaraan acara workshop pada hari ini,” kata Bupati Banjar KH Khalilurrahman melalui Sekda Banjar Nasrun Syah.

Ditambahkan Nasrun Syah, sehubungan dengan telah ditetapkannya Permendagri No 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa Pasal 2 ayat 1, yang mana keuangan desa harus dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Untuk itu, kepala desa harus segera memahami dan melaksanakan peraturan tersebut.

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Sikeudes) yang dilahirkan BPKP bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dinilai sangat memberikan kemudahan dan membantu dalam hal pengelolaan keuangan desa.

Baca Juga: Selangkah Lagi BSF Masuk Event Nasional

“Alhamdulillah, untuk tahun anggaran 2018 desa-desa di Kabupaten Banjar telah melaksanakan laporan keuangan dengan aplikasi Siskeudes dan telah dilakukan kompilasi di tingkat kabupaten walaupun belum semua desa,” jelasnya.

Ia meminta kepada para peserta workshop, khususnya para pambakal mengikuti dan memahami materi-materi yang disampaikan oleh narasumber pada hari ini dengan baik dan tuntas. Sehingga diharapkan dapat diimplementasikan dalam pelaporan dana dan tidak ada lagi kesalahan dalam pengelolaan keuangan.

Selanjutnya, Nasrun Syah juga berharap kehadiran aplikasi ini dapat lebih memudahkan bagi desa dalam pembuatan Peraturan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

Baca Juga: Tenang, Stok Daging Beku untuk Haul Sekumpul Ke-14 Dijamin Aman

Reporter: Reza Rifani
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Birinmu

Kalsel

Dilaporkan Denny, Tim BirinMu Serahkan Kontra Memori Keberatan ke Bawaslu Pusat
apahabar.com

Kalsel

Kunjungi Lokasi TMMD di Tanah Bumbu, Mayjen TNI Irwan Disambut Tarian Tandik Pedalaman
apahabar.com

Kalsel

Nestapa Bocah di Banjarmasin: Diajari Jadi Budak Seks Sejak 14 Tahun
apahabar.com

Kalsel

Wujudkan Komitmen PASTI, Kemenkumham Kalsel Gelar Rapat Koordinasi
apahabar.com

Kalsel

Kemenag Kalsel Gelar HAB Esok, Undangan Di-imbau Menyesuaikan Pakaian
apahabar.com

Kalsel

Banjir Rendam Perumahan Warga dan Jalan Nasional di Tapin Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Polres Batola Terus Lakukan Pendisiplinan di Pasar Tradisional
apahabar.com

Kalsel

PMA untuk Majelis Taklim Belum Ada Juknis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com