apahabar.com Terima “Journalism Emergency Relief Fund” dari Google Demi Cicilan Mobil, Satpam di Banjarbaru Bobol Belasan Ruko! Demokrat-PDIP Berkongsi, ‘Karpet Merah’ untuk Eks Wagub Kalsel Rapid Test Rp 150 Ribu, Bandara Syamsudin Noor Sambut Positif Dua Hari, Belasan Warga Kotabaru Sembuh dari Covid-19




Home Politik

Senin, 25 Maret 2019 - 17:30 WIB

Survei JSI: Jokowi-Ma’ruf Lebih Baik Saat Debat

Redaksi - Apahabar.com

Ilustrasi Jokowi dan Prabowo Subianto. Foto-detikcom

Ilustrasi Jokowi dan Prabowo Subianto. Foto-detikcom

apahabar.com, JAKARTA – Penilaian lembaga survei tak hanya soal elektabilitas pacangan capres-cawapres. Jaringan Suara Indonesia (JSI) pun melakukan survei performa kedua pasangan calon pemimpin negeri ini.

Hasilnya, Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin dinilai lebih baik dari pada pasangan capres-cawapres, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca Juga: Charta Politika Rilis Survei Unggulkan Jokowi-Ma’ruf

Survei dilakukan 3-8 Maret 2019 memakai teknik multistage random sampling dengan jumlah responden awal 1.220. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan kuesioner. Margin of error dalam survei ini 2,9 persen dengan kepercayaan 95 persen.

JSI bertanya kepada responden, setelah menonton debat kandidat capres-cawapres mana yang lebih baik. Hasilnya, 57,8 persen menyatakan Jokowi-Ma’ruf lebih baik, sedangkan 31,2 persen menilai Prabowo-Sandi lebih baik.

Baca juga :  Wahid Siap Jika Dipercaya Golkar Dampingi Sugianto Sabran

“Jokowi-Ma’ruf sebesar 57,8 persen, lalu Prabowo-Sandiaga sebesar 31,2 persen. Untuk yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 11,1 persen,” kata Direktur Eksekutif JIS, Fajar S Tamin dalam konferensi pers di Hotel Mercure Sabang, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2019).

Fajar mengatakan sebanyak 84,5 persen responden menyatakan tidak akan berubah pilihan setelah menonton debat kandidat. Sedangkan, sebanyak 5,5 persen menyatakan bisa berubah pilihan.

Fajar kemudian mengatakan, JSI juga bertanya soal capres-cawapres mana yang paling layak terpilih setelah debat kandidat. Sebanyak 59,1 persen responden menyatakan Jokowi-Ma’ruf layak terpilih menjadi Presiden periode 2019-2024. Sedangkan mereka yang memilih Prabowo-Sandiaga hanya 28,9 persen.

Baca juga :  Demokrat-PDIP Berkongsi, 'Karpet Merah' untuk Eks Wagub Kalsel

“Tidak tahu dan tidak menjawab 12 persen,” lanjutnya.

Debat kandidat Pilpres 2019 sendiri sudah berlangsung tiga kali. Debat pertama berlangsung pada 17 Januari 2019 dikuti oleh kedua capres-cawapres.

Debat kedua berlangsung pada 17 Februari 2019 hanya diikuti capres. Lalu debat ketiga berlangsung pada 17 Maret 2019 diikuti hanya cawapres.

Baca Juga: Selendang Rajutan Nenek 80 Tahun untuk Jokowi

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Massa Terus Masuki GBK Saat Konser Putih Bersatu Dimulai
apahabar.com

Politik

Merusak APK Bisa Dibui
apahabar.com

Politik

Hari Ini Prabowo Pidato Kebangsaan di Surabaya
apahabar.com

Politik

Ovie-Iwan Mundur, Jalan Nadjmi-Jaya Diprediksi Kian Mulus
apahabar.com

Politik

Abdul Razak Siap Bertarung dengan Cucunya di Pilkada Kalteng
Survei CPCS: Prabowo-Puan Kandidat Kuat

Politik

Survei CPCS: Prabowo-Puan Kandidat Kuat
apahabar.com

Politik

Golkar Klaim Masih ‘Berkuasa’ di Kalsel
apahabar.com

Politik

Peserta Pemilu Pertanyakan Penertiban APK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com