Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif Kejari Banjarbaru Musnahkan Ratusan Gram Narkotika dan Barbuk Tindak Pidana Tetap Lainnya

Syafrudin H Maming: Jalan Tol Batulicin-Banjarbaru Dukung Pengembangan Wisata Kalsel

- Apahabar.com Sabtu, 30 Maret 2019 - 09:58 WIB

Syafrudin H Maming: Jalan Tol Batulicin-Banjarbaru Dukung Pengembangan Wisata Kalsel

Syafrudin H Maming bersama KH Ma’ruf Amin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Janji calon presiden nomor urut 01 Jokowi untuk menuntaskan proyek jalan tol Batulicin – Banjarbaru, diapresiasi positif anggota DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel), Syafrudin H Maming. Menurutnya, jalan tol Batulicin – Banjarbaru memiliki nilai strategis bagi Kalsel, terutama dalam membuka kawasan ekonomi baru yang akan berdampak meningkatnya kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

Syafrudin H Maming mengatakan, dengan adanya jalan tol Batulicin – Banjarbaru, maka akses jalan darat dari wilayah tenggara Kalsel ke pusat ibukota di Banjarmasin akan semakin mudah dan cepat.

“Jika melalui jalan yang lama, dari Banjarmasin ke Batulicin ditempuh sekitar 5 hingga 6 jam, maka dengan adanya jalan tol tersebut, jarak tempuh diperkirakan hanya sekitar 2 sampai 3 jam,” kata Syafrudin.

Dengan akses cepat, lanjut anggota DPRD dari Fraksi PDIP tersebut mencontohkan, mobilitas orang dan barang akan semakin cepat pula. “Ini akan sangat menguntungkan bagi Kalsel, karena dengan jalan tol kebutuhan pokok akan semakin mudah dan cepat terdistribusikan sehingga dapat memangkas biaya, dan harga barang kebutuhan pokok bisa lebih murah,” jelas Syafrudin.

Baca Juga: Jokowi Janji Realisasi Proyek Kereta Api dan Tol Banjarbaru-Batulicin

apahabar.com

Proyek jalan tol Batulicin-Banjarbaru. Foto-Istimewa

Selain itu, kata Syafrudin H Maming atau akrab disapa Cuncung, terbukanya jalan tol Batulicin – Banjabaru, jelas akan membuka kawasan ekonomi baru. Jika selama ini, perekonomian khususnya perdagangan Kalsel masih bertumpu di Kota Banjarmasin, maka ke depan dengan adanya jalan tol, pusat perekonomian bisa melebar ke wilayah yang lain seperti Tanah Bumbu, dan Kotabaru, mengingat kedua wilayah ini memiliki potensi jika dibarengi terbangunnya pelabuhan laut yang refresentatif.

Dampak positif lainnya adalah pengembangan kawasan wisata baru. “Jalan tol Batulicin – Banjabaru akan membuka akses munculnya destinasi wisata baru di sepanjang jalannya. Karena lokasi jalan berada di kawasan alam yang indah ,” ujar Cuncung.

Oleh sebab itu, janji capres 01 Jokowi membangun dan menyelesaikan jalan tol Batulicin – Banjabaru harus didukung penuh oleh masyarakat Kalsel. “Saya berharapan proyek jalan tol Batulicin – Banjarbaru bisa masuk dalam proyek nasional di bidang infrastruktur pemerintah pusat ,” tambah Cuncung.

Baca Juga: Tol Banjarbaru-Batulicin, Asita: Genjot Pariwisata Lokal

Baca Juga: Pembiayaan Jalan Tol Banjarbaru-Batulicin Perlu Dimatangkan Lagi 

apahabar.com

Proyek jalan tol Batulicin-Banjarbaru. Foto-Istimewa

Disisi lain, agar proyek jalan tol tersebut dapat berjalan dengan baik, maka kata Cuncung, peran pemerintah daerah dan DPRD sangat penting.

“Pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten yang terkena proyek jalan tol harus aktif melakukan loby ke pemerintah pusat terutama menyangkut anggaran agar jalan tol Batulicin – Banjarbaru bisa terealisasi. Demikian pula dengan DPRD sebagai lembaga legeslatif harus pula aktif mendukung proyek ini,” tandas Cuncung yang juga calon anggota legeslatif Kalsel untuk DPR RI.

Disisi lain, Cuncung Syafrudin H Maming juga berharap, selain jalan tol Batulicin – Banjarbaru, capres 01 Jokowi juga harus memperhatikan kawasan lainnya di Kalsel seperti “banua enam”. “Saya optimis pak Jokowi akan mewujudkan harapan masyarakat Kalsel dalam pembangunan infrastrukturnya,” ucap Cuncung.

Baca Juga: Ekonom: Tol Banjarbaru-Batulicin Pacu Ekonomi Daerah

Baca Juga: Dewan Sebut Laporan Konsultan Jalan Banjarbaru-Batulicin ‘Ngaco’

Editor: Budi Ismanto

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Heboh, Warga Martapura Kembali Dapat Ular Piton
apahabar.com

Kalsel

Apa Kabar Perda Minuman Beralkohol di Banjarmasin?
apahabar.com

Kalsel

Sukrowardi Samakan Tatib dengan Alquran, Paripurna DPRD Banjarmasin ‘Meledak’
apahabar.com

Kalsel

Anggota DPRD Banjarmasin Bakal Reses Temui Konstituen
apahabar.com

Kalsel

LK3 : Penyebaran Hoaks Berbau SARA Ancam Pemilu 2019
apahabar.com

Kalsel

May Day 2019, ‘Buruh Juga Manusia’
apahabar.com

Kalsel

Lakukan Evaluasi, Tim GTPP Covid-19 Kalsel Berkunjung ke Tapin
apahabar.com

Kalsel

Kecelakaan Maut di Batola, Mahasiswi Banjarmasin Tewas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com