Akhirnya! Honorer Puskesmas se-Banjarmasin Bakal Segera Gajian Siram Wajah Petugas dengan Air Cabai, Tahanan BNN Kabur Brakkkk!! Mobil Relawan Kebakaran di Banjarmasin Tabrak Pejalan Kaki hingga Tewas Duduk Perkara Viral Pencurian RX King di Kelayan, Warga Sempat Salah Tangkap! Keluarga Tolak Otopsi, Pria Paruh Baya di Kasbah Banjarmasin Diduga Meninggal Lantaran Sakit

Tengkorak: Film Berbudget Murah dengan Prestasi Membanggakan

- Apahabar.com Sabtu, 30 Maret 2019 - 06:15 WIB

Tengkorak: Film Berbudget Murah dengan Prestasi Membanggakan

Film Tengkorak. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Film “Tengkorak” yang bergenre Science Fiction (Sci-Fi) atau fiksi ilmiah karya anak bangsa ini patut diacungi jempol. Pasalnya, selain memberi nuansa baru di perfilm-an Indonesia yang di dominasi film percintaan dan horror, film ini juga menoreh penghargaan di tingkat internasional.

Film nekad karya dosen dan mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM) ini, mendapat nominasi Best Film untuk kategori Science Fiction, Fantasy dan Thriller dalam Festival Film Cinequest di Sanjose, California, Amerika Serikat.

Film ini menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia yang tampil di ajang festival film tersebut.

apahabar.com

Film yang mewakili Indonesia pada Festival Film Cinequest di Sanjose, California, Amerika Serikat. Foto-thejakartapost.com

Film karya sutradara Yusro Fuadi ini, Hadir dengan membawa ide cerita unik dalam sebuah fantasi yang terbungkus dengan balutan humor dan kearifan lokal khas Yogyakarta. Film ini membawa misi untuk mengangkat hal-hal baru dalam dunia perfilman Indonesia.

Selain aspek sinematografi, Film yang di produksi tahun 2014 ini juga memberikan sentuhan efek visual 3D. Miniatur dan juga full scale set dengan dukungan blue screen untuk menciptakan setting dan mendukung adegan-adegan tertentu. Proses scene yang cukup sulit diproduksi. Pasalnya, film ini membutuhkan lebih dari 25 blue screen.

apahabar.com

Crew film tengkorak membangun set miniatur. Foto-instagram/tengkorak.crew

Menariknya, film ini dibuat mandiri dengan keterbatasan finansial. Untungnya, di tengah-tengah proses produksi berlangsung, mereka mendapatkan beberapa sponsor pendukung.

Hingga film ini jadi, perkiraan biaya yang dikeluarkan hanya sekitar 400–500 juta. Padahal film genre Sci-Fi setidaknya menghabiskan dana jauh di atas itu.

Tak sia-sia, ‘tengkorak’ juga sukses di Festival Film Asia JAAF 2017 dan Festival Film Internasional Balinale 2018 lalu.

Walaupun Film ini berbudget rendah tapi prestasinya mentereng di kancah perfilman internasional.

Reporter: M. Randy Fitrawan
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Film

Setelah 4 Dekade, Constance Wu Jadi Aktris Asia yang Tembus Nominasi Golden Globe
apahabar.com

Film

Sutradara Lagi-Lagi Ateng Bocorkan Plot Cerita
apahabar.com

Film

Sutradara dan Wartawan Senior Ali Shahab Tutup Usia
apahabar.com

Film

Vino-Marsha Timothy Jarang Bicara Film di Rumah
apahabar.com

Film

Maret, Upin & Ipin Keris Siamang Tayang
apahabar.com

Film

Wow, 16 Lagu The Panasdalam Ramaikan Film Koboy Kampus
apahabar.com

Film

Mengenang Kembali Karya Sutradara Ali Shahab
apahabar.com

Film

Unjuk Kekuatan, Seperti Ini Captain Marvel di Cuplikan Terbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com