Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021 Seruan Jokowi: Buru Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi! Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas

Tornado Terjang Amerika Serikat, 14 Orang Tewas

- Apahabar.com Senin, 4 Maret 2019 - 11:57 WIB

Tornado Terjang Amerika Serikat, 14 Orang Tewas

Situasi di Georgia saat tornado menerjang. Foto-TWITTER @KEITH_IRWIN /via REUTERS

apahabar.com, ALABAMA – Tornado dahsyat menerjang Alabama dan Georgia di Amerika Serikat. Akibat bencana alam itu, 14 orang tewas. Buntut tornado itu memicu dahsyat ini.

Seperti dilansir detiknews dari CNN, Senin (4/3/2019), Sheriff Jay Jones mengatakan bahwa seluruh korban tewas berasal dari Lee County, Alabama. Korban tewas itu terdiri dari anak-anak dan dewasa. Jones menyebut lebih lanjut bahwa kebanyakan korban tewas di sebuah lokasi berjarak 8-9 kilometer sebelah selatan Opelika.

“Kami mendapati area kerusakan yang cukup signifikan,” tutur Jones.

Dia memperkirakan area yang dilanda kerusakan akibat tornado nyaris mencapai lebar 0,5 kilometer yang membentang beberapa kilometer ke arah timur lokasi pertama tornado menyentuh daratan.

Menurut Badan Prakiraan Cuaca Nasional AS (NWS), ada belasan tornado yang menyentuh wilayah Alabama dan Georgia, Minggu (3/3) sore waktu setempat.

Baca Juga: Tiga Pantai Jadi Langganan Bencana, Kalimantan Selatan Waspada Cuaca Ekstrem

Secara terpisah, pakar meteorologi CNN Gene Norman menyebut ada dua tornado sekaligus yang menerjang wilayah Lee County dalam kurun waktu satu jam pada Minggu (3/3) malam waktu setempat. Hal ini memicu kerusakan parah terhadap rumah-rumah warga setempat. Lebih dari 5 ribu orang di Lee County tidak mendapatkan aliran listrik akibat tornado ini.

Gubernur Alabama, Kay Ivey, memperpanjang pemberlakuan status darurat yang telah dirilis bulan lalu akibat tornado dan cuaca buruk.

“Hati kami tertuju pada orang-orang yang kehilangan nyawa akibat badai yang menerjang Lee County,” sebut Ivey via Twitter.

“Mendoakan keluarga mereka dan siapapun yang rumah dan bisnisnya terkena dampak. Para pejabat dari @AlabamaEma dan badan-badan lainnya dengan cepat bekerja untuk memberikan bantuan,” imbuhnya.

Tayangan televisi WRBL, afiliasi CNN, menunjukkan banyak pohon tumbang akibat angin kencang yang dibawa tornado. Puing-puing dari rumah warga yang rata dengan tanah terlihat menumpuk di pinggir jalan.

Di Talbotton, Georgia dilaporkan sedikitnya 15 struktur hancur akibat tornado. Enam orang dilaporkan mengalami luka-luka, dengan yang paling parah mengalami patah tulang.

Baca Juga: 8 Ciri akan Terjadi Tsunami

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Nasional

VIDEO: POLRI Bantu Korban Tsunami Selat Sunda
apahabar.com

Nasional

53 Tokoh Dianugrahi Tanda Jasa dan Kehormatan dari Presiden, Siapa Saja?
apahabar.com

Nasional

Perkebunan Teh Menoreh Kedatangan Guru Besar Korsel dan Kamboja
apahabar.com

Nasional

Sidang MK, Yusril: Saya Berharap Putusan Mengakhiri Konflik dan Pertikaian
apahabar.com

Nasional

Puan Maharani: Pemerintah Tetap Naikkan Iuran BPJS Kesehatan
apahabar.com

Nasional

Jakarta Banjir, Lebih dari 159 Sekolah Diliburkan
apahabar.com

Nasional

Gelombang Tinggi, Setengah Penumpang Kapal Tenggelam Masih Hilang
apahabar.com

Nasional

Silaturahmi Akbar di Serang, Ma’ruf Ajak Warga Bela NKRI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com