BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

UNBK Hapus Kecurangan Hingga 99 Persen

- Apahabar.com Senin, 25 Maret 2019 - 17:43 WIB

UNBK Hapus Kecurangan Hingga 99 Persen

Iliustrasi UNBK. Foto-Sumsel Satu

apahabar.com, SLEMAN – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) diyakini mampu menghapus kecurangan hingga 99 persen. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengemukakan, sebelum UNBK praktik curang dalam UN berjalan sistemik.

“Sekarang ujian nasional sudah direformasi besar-besaran, saya pernah mengusulkan ke Pak Presiden, supaya dimoratorium paling tidak satu tahun pada tahun 2017. Tapi presiden meminta tak perlu dimoratorium, yang penting segera dibenahi,” kata Muhadjir seperti ditulis detikcom, Senin (25/3/2019).

Baca Juga: SMKN 5 Banjarmasin Bagi UNBK 3 Sesi

“Sekarang yang dibenahi pertama adalah penerapan komputer secara massif. Karena sudah 91 persen komputer diterapkan dalam UNBK ini, waktunya juga bergelombang,” katanya seusai menghadiri acara pembukaan pelatihan pengawas sekolah dalam mempromosikan toleransi dan multikulturalisme, di P4TK Matematika Kemendikbud, Jalan Kaliurang Km 6, Sleman, DI Yogyakarta.

Muhadjir menambahkan, pelaksanaan UNBK juga akan membuat siswa lebih nyaman karena hasilnya nanti akan memiliki tingkat kepercayaan tinggi.

“Siswa juga sangat pede, gembira, nyaman, karena apa yang dilakukan nanti pasti mendapatkan pengakuan dari publik maupun pihak yang akan memanfaatkan hasil ujian nasional mereka,” ungkap Muhadjir.

“Karena ini dijamin kejujurannya, ini dulu yang akan kita fokuskan, jujur dulu. Nanti secara bertahap akan dibenahi dari aspek kualitas hasil dari ujian nasional itu,” pungkasnya.

Baca Juga: 1.524.104 Siswa SMK Ikuti Ujian Nasional Hari Pertama

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

WNI yang Tewas di Tangan Abu Sayyaf Dipulangkan ke Tanah Air
apahabar.com

Nasional

Kunker ke Papua, Presiden Jokowi Tiba di Sorong
apahabar.com

Nasional

Beda Penampilan, Jaksa Pinangki Hadiri Sidang dengan Gamis dan Kerudung Merah Muda
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Diundang Raja Salman ke Arab Saudi
apahabar.com

Nasional

Nikah Dini di Makassar Umumnya karena Hamil Duluan

Nasional

Daftar Lengkap 64 Link Pengumuman CPNS 2019, sscn.bkn.go.id & Berkas Online yang Harus Disiapkan!
apahabar.com

Nasional

Ternyata Ini Pemicu Mayat dalam Koper Dimutilasi
apahabar.com

Nasional

Kartu Prakerja Diluncurkan April, Dimulai dari Jabodetabek
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com