Apa Kabar Megaproyek Kereta Api Tabalong-Banjarmasin? Booming Bersepeda, Pemkot Banjarmasin Bikin Jalur Khusus Siapkan Poros Ketiga, Rosehan Gandeng Putra Eks Gubernur Kalsel Kena Provokasi, Warga Pekapuran Raya Tolak Tes Covid-19! Terbanyak! Nyaris Seratus Pasien Covid-19 Kalsel Sembuh Hari Ini




Home ACT

Senin, 18 Maret 2019 - 16:53 WIB

Update Banjir Sentani: 42 Korban Jiwa, MRI-ACT Siaga

Redaksi - Apahabar.com

Serahkan bantuan bagi para korban terdampak banjir bandang Sentani, Papua. Foto-ACT

Serahkan bantuan bagi para korban terdampak banjir bandang Sentani, Papua. Foto-ACT

apahabar.com, JAYAPURA – Korban meninggal dunia akibat banjir bandang yang melanda Sentani, Jayapura, Papua terus meningkat. Laporan terbaru dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, korban meninggal bertambah menjadi 42 jiwa.

“Hingga Minggu (17/3) pukul 08.30, tercatat dampak banjir bandang Sentani sebanyak 42 orang meninggal dunia, dan 21 orang luka-luka,” kata Sutopo dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Video: Ribuan Keluarga di Papua Terdampak Banjir dan Longsor

Banjir bandang yang melanda 9 kelurahan di Kecamatan Sentani juga menyebabkan kerusakan bangunan dan fasilitas umum di beberapa titik. Kerusakan di BTN Doyo Baru, misalnya, hingga kini meliputi 9 rumah hanyut, serta Jembatan Doyo dan Jembatan Kali Ular mengalami kerusakan.

Bahkan, 1 pesawat jenis Twin Otter di Lapangan Terbang Adventis Doyo Sentani juga mengalami kerusakan. Sementara di wilayah BTN Bintang Timur Sentani dikabarkan sekiranya 150 rumah terendam banjir.

“Dampak kerusakan masih akan bertambah karena pendataan masih dilakukan, belum semua daerah terdampak dapat dijangkau oleh Tim SAR gabungan,” jelas Sutopo.

Koordinator Tim Disaster Emergency Response Aksi Cepat Tanggap Kusmayadi melaporkan, hingga sekarang sejumlah relawan yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-ACT masih berada di lokasi untuk melakukan pencarian dan evakuasi korban.

“Sudah sejak semalam, relawan kami yang kebetulan tinggal di daerah Sentani melakukan aksi bantuan. Selain evakuasi, mereka juga melakukan pendataan atau assessment dan pembersihan material banjir. Alhamdulillah, mereka juga sudah membagikan 1.000 makanan siap santap untuk para korban terdampak yang selamat,” papar Kusmayadi.

Kusmayadi juga mengatakan, dua orang dari Tim Disaster Emergency Response telah diberangkatkan menuju Sentani, Jayapura, Papua, Ahad (17/3) pagi. Pemberangkatan tim bertujuan untuk memaksimalkan aksi bantuan bagi para korban terdampak banjir bandang Sentani.

“Insya Allah, kami juga akan mendirikan Posko Kemanusiaan ACT sekaligus dengan Dapur Umum. Sehingga kami pun bisa bantu meringankan beban mereka, baik yang sudah mengungsi maupun yang masih bertahan di rumah walau air atau lumpur masih menggenang,” pungkas Kusmayadi.

apahabar.com

Korban banjir bandang yang melanda Sentani, Jayapura, Papua mengungsi. Foto-ACT

Baca Juga: Gempa 4,5 SR Guncang Kepulauan Yapen Papua, Pusatnya di Darat

Editor: Syarif
Rubrik: ACT

Share :

Baca Juga

apahabar.com

ACT

Banjir Balangan, Distribusi Bantuan ACT-MRI Aman
apahabar.com

ACT

ACT Galang Dana untuk Rizki, Bocah Tanpa Anus
apahabar.com

ACT

Ramadan 2019, ACT Pasok 250 Ton Makanan untuk Warga Gaza
apahabar.com

ACT

Roditha Banjarmasin Bagikan 100 Tumbler untuk Relawan
apahabar.com

ACT

Peduli Palestina, Management Ahbab Kembali Gelar Salawat Akbar
apahabar.com

ACT

Bersama Global Qurban, Bahagiakan Jutaan Saudara Hingga ke Sudan
apahabar..com

ACT

Regenerasi Kepemimpinan, Penguatan Kiprah ACT untuk Kemanusiaan
apahabar.com

ACT

Paket Pangan Sambut Ramadan Sapa Matasiri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com