Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

Wapres JK Sebut Alasan KTP-EL Belum Bisa Multifungsi

- Apahabar.com Selasa, 19 Maret 2019 - 20:21 WIB

Wapres JK Sebut Alasan KTP-EL Belum Bisa Multifungsi

Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto-Rmol

apahabar.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengungkap mengapa saat ini belum bisa membuat kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) jadi kartu multifungsi, seperti untuk pelayanan perbankan, kesehatan dan pendidikan. Meski demikian bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan.

“Secara teknis bisa karena di situ (KTP-el) ada ‘chip’-nya, tinggal diisi. Tetapi mungkin teknologi kita belum bisa cepat ke situ. Ya KTP saja masih ketinggalan, apalagi mau diisi segala macam di situ. Pemilu saja masih kurang (bermasalah dengan KTP-el),” kata JK di Kantor Wakil Presiden Jakarta dikutip dari Antara, Selasa (19/3).

Menurut JK gagasan awal Pemerintah mengadakan program KTP-el memang bertujuan untuk beragam fungsi. Sehingga kartu tersebut tidak hanya dipakai sebagai identitas kependudukan.

Baca Juga: Pasca Teror New Zealand, Ini Langkah Polda Kalsel

“Ide awalnya KTP-el itu merangkap sebagai ‘social security number’. Jadi bukan hanya (bisa) untuk (pelayanan) kesehatan, tapi bisa untuk SIM, mengurus macam-macam; jadi ada ‘social security ID’-nya,” jelasnya.

Sebelumnya dalam debat pilpres putaran ketiga, yang diikuti dua calon wapres, cawapres Sandiaga Uno mengatakan akan mengoptimalkan fungsi KTP-el sebagai kartu layanan kebutuhan masyarakat.

Sehingga, dengan satu kartu tersebut, Pemerintah tidak perlu menambah anggaran untuk menerbitkan kartu-kartu layanan lain seperti Kartu Sembako Murah, Kartu Pra-Kerja, dan Kartu Indonesia Pintar.

“Kita tidak ingin merepotkan dan membebani negara dengan menerbitkan kartu-kartu baru,” kata Sandiaga saat debat cawapres di Jakarta, Minggu (15/3).

Baca Juga: Update Banjir Sentani: 89 Tewas, 6 Ribu Mengungsi

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Tragis, Siswa SMP Tewas Dililit Ular Piton 7 Meter
apahabar.com

Nasional

Terduga Perampok BNI di Dumai Bawa Parang dan Sempat Ancam Nasabah
apahabar.com

Nasional

Pemilu 2019 di Kalsel, 8 KPPS Meninggal dan 64 Tumbang !
apahabar.com

Nasional

Draf RUU Omnibus Law, Presiden Jokowi Target Beres Pekan Ini
apahabar.com

Nasional

Ketika Sisa Makanan Ditukar dengan Rupiah
apahabar.com

Nasional

Ridho Rhoma Kembali ke Penjara, MA Perberat Hukumannya
apahabar.com

Nasional

Para Tersangka OTT KPK di Balikpapan Diterbangkan ke Jakarta
apahabar.com

Nasional

Soal Isu Pelanggaran Kode Etik, Ini Kata Menkes Terawan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com