Keren, RSD Idaman Banjarbaru Ditetapkan Sebagai RS Unggulan Pelayanan KB Simakalama Pembelajaran Tatap Muka OTT Amuntai, Giliran Orang Dekat Bupati HSU Diperiksa KPK KPK Tangkap Tangan Maliki, Bupati HSU Tunjuk Plt Kadis PUPRP Baru PLN Suplai Listrik untuk Kawasan Food Estate Kalteng

Warga Penajam Nikmati Jargas, Pertamina: Lebih Ekonomis

- Apahabar.com     Kamis, 28 Maret 2019 - 23:32 WITA

Warga Penajam Nikmati Jargas, Pertamina: Lebih Ekonomis

Pemasangan jargas oleh salah seorang petugas di PPU. Foto-Antara

apahabar.com, BALIKPAPAN – Selain Balikpapan, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) juga secara resmi telah merasakan manfaat jargas.

Bertempat di Kelurahan Nenang, anggota Komite BPH Migas, Jugi Prajogio didampingi Bupati PPU Abdul Gafur Masud meresmikan jaringan gas kota sebanyak 4.260 SR, kemarin, Rabu (28/3).

Jargas di Kabupaten PPU merupakan yang pertama kali dibangun oleh Ditjen Migas, Kementerian ESDM dengan APBN Tahun Anggaran 2018. Jargas Kabupaten PPU ini tersebar di Kelurahan Nenang, Penajam, Nipah-Nipah, Gunung Seteleng, dan Sungai Parit.

Baca Juga: Rupiah Melemah Seiring Koreksi Mata Uang Asia

Perencanaan, penyediaan, serta pendistribusian gas bumi melalui jargas, sesuai Perpres No 6/2019, didasarkan pada volume kebutuhan penyaluran gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil, ketersediaan sumber gas bumi, dan ketersediaan infrastruktur penunjang.

“Pembangunan jargas di Penajam Paser Utara sendiri telah memenuhi kriteria tersebut sehingga Pemerintah juga membangun jargas di sini, untuk masyarakat dapat mendapatkan manfaat dan memperbaiki keekonomian masyarakat,” ujar Komite BPH Migas, Jugi Prajogio dalam keterangan resminya, Kamis (28/3).

Terkait kebijakan jargas, BPH Migas memiliki fungsi dalam penetapan harga jual gas bumi untuk Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil. Khususnya di Penajam Paser Utara telah ditetapkan sebesar Rp. 4.250/M3. Harga ini menurutnya jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan LPG 3 Kg.

“Harapan kami masyarakat dapat merasakan manfaat dari jargas dengan jauh lebih mudah dan murah,” tambah Jugi.

Program jargas merupakan program pemerintah melalui Kementerian ESDM guna memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses energi gas yang murah, mudah dan aman.

Sejak dibangun pertama kali pada tahun 2009, total SR jargas yang terbangun dengan dana APBN hingga saat ini mencapai 325.773 SR yang terdistribusi di 16 provinsi, 40 kabupaten/kota. Pada tahun 2019 rencananya akan dibangun sebanyak 78.216 SR jargas di 18 lokasi.

Total jargas yang dibangun di Kaltim sendiri mencapai 34.574 SR yang tersebar di Kota Balikpapan sebanyak 8.849 SR, Kota Bontang 16.965 SR, PPU 4.260 SR dan Kota Samarinda sebanyak 4.500 SR.

Baca Juga: Jokowi Datang, Bandara Syamsudin Noor Diharap Segera Beroperasi

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ekbis

Patroli Siber BPOM di Banjarmasin, Takedown Sejumlah Situs Belanja Online
apahabar.com

Ekbis

Menteri ESDM: Peluncuran B30 untuk Perkenalan
apahabar.com

Ekbis

RUPS 2020, XL Axiata Sepakat Bagi Deviden Serta Perubahan Susunan Direksi dan Dewan Komisaris

Ekbis

Setelah Kenaikan Selama 3 Hari, Harga Minyak Turun
apahabar.com

Ekbis

Sejumlah Industri Masih Tunjukan Kinerja Positif di Tengah Pandemi Covid-19

Ekbis

Efek Samping Vaksin Nusantara, Peneliti: Demam hingga Kolesterol Naik
apahabar.com

Ekbis

Vaksin Pfizer Diprediksi Pengaruhi Gerak IHSG
apahabar.com

Ekbis

Di Tengah Pandemi, Telkom Cetak Laba Rp10,99 Triliun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com