Cuaca Kalsel Hari Ini, Waspada Potensi Hujan Petir di Sejumlah Wilayah Demi Top Up Game Online, Pria di Balikpapan Tipu Puluhan Orang Persiapan PON Papua, Balikpapan Sumbang 61 Atlet untuk Perkuat Kaltim Rekap PSU Sejumlah Kecamatan Selesai, KPU Banjar Gelar Penghitungan Lusa Gol Tunggal Raheem Sterling Bawa Inggris Tekuk Kroasia

Aksi Sedekah Sampah Hasilkan Rp4,7 juta

- Apahabar.com Senin, 8 April 2019 - 13:31 WIB

Aksi Sedekah Sampah Hasilkan Rp4,7 juta

Ilustrasi sedekah sampah. Foto-detakpos.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Aksi sedekah sampah untuk disabilitas yang dilaksanakan beberapa waktu lalu telah dikalkulasikan ada 2,8 ton sampah yang dikumpulkan dari berbagai titik.

Dari 2,8 ton sampah, menghasilkan Rp4,7 juta.

Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Kota Banjarmasin, Faturrahman mengatakan, hasil penjualan sampah itu segera diserahkan kepada kelompok disabilitas dari Sentra Advokasi Perempuan, Difabel dan Anak (SAPDA) Banjarmasin.

Penyerahan dalam bentuk barang, dimana pihaknya akan meminta SAPDA soal kebutuhan apa yang diinginkan.”Apa yang dibutuhkan SAPDA dari pendapatan sedekah sampah itu akan kami jadikan barang,” katanya dalam rapat FKS di Aula Baretlitbangda Kota Banjarmasin.

Fatur melanjutkan, sampah yang terjual itu sebenarnya masih ada yang belum terangkut. Alasannya karena minimnya armada pengangkutan dan ada juga sampah yang masih dalam keadaan basah sehingga perlu waktu untuk pengeringan.

Baca Juga: 10.169 Siswa SMP Sederajat Ikuti USBN

Adapun jumlah sampah yang dikumpulkan itu berupa sampah jenis kardus dengan berat 1071 Kg, HVS 956 Kg, kertas buram 134 Kg doplek 327 Kg, koran 325 Kg.

Adapun harga per kilogram, kardus Rp1400, HVS Rp1900, kertas buram Rp900, doplek Rp400, koran Rp3.500.

Sementara itu Dede dari SAPDA mengaku banyak terimakasih pihaknya mendapat bantuan dari aksi sedekah sampah yang dikumpulkan oleh beberapa instansi dan sekolah.

Saat ditanya barang apa yang dibutuhkan untuk kebutuhan anggotanya. Dede menyebutkan saat ini pihaknya lagi butuh-butuhnya alat kesekretariatan, seperti ATK, meja dan lainnya. Alat itu diperuntukkan untuk mendukung sarana Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kuin Selatan.

“Tempat itu menjadi wadah kaum difabel dan anak terlantar. Mereka akan diberikan keterampilan dan PKBM ini menjadi wadah mereka berkumpul untuk mendapatkan ilmu apapun,” katanya.

Soal tenaga pengajar, Dede mengatakan, semua yang ada di PKBM merupakan tenaga relawan. Terkait bantuan tersebut ia mengaku sangat terbantu.

Baca Juga: Kreatif, Musisi Banjarmasin Rilis Lagu ‘Jokowi Lagi!’

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Golkar Tunjuk H Muhidin Dampingi Paman Birin, Supian HK Beberkan Alasannya
Pantai Abrasi, Begini Keluhan Warga Pesisir Tanah Bumbu

Kalsel

Pantai Abrasi, Begini Keluhan Warga Pesisir Tanah Bumbu
apahabar.com

Kalsel

Meriahkan HUT RI, Kodim 1008/Tanjung Gelar Berbagai Lomba
apahabar.com

Kalsel

Performa DJ Yasmin ‘Hipnotis’ Ratusan Muda-mudi Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Nasib 50 Sumur Bor di Banjarbaru, BRG Pun Tak Bisa Bersikap
apahabar.com

Kalsel

Jumat Siang, Tujuh Daerah di Kalsel BMKG Prakirakan Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Kalsel

Terapkan Perbup Tala, Polres Tala Sebut Ada Denda Biaya Bagi Pelanggarnya
apahabar.com

Kalsel

Pelayanan Kesehatan Calon Haji Banjarmasin Dialihkan ke RS Sultan Suriansyah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com