Fantastik! Pemkot Banjarmasin Bekali 52 Lurah Motor Listrik Total Rp 1,79 M di Tengah Pandemi Film James Bond ‘No Time To Die’ Tayang di Bioskop, Daniel Craig Antusias Besok, BPP HIPMI Gelar Vaksinasi di Pulau Laut Kotabaru UU Cipta Kerja Paksa Puluhan Perda Banjarmasin Harus Direvisi Bahkan Dicabut Bravo! Satresnarkoba Polres Tanbu Tangkap Bandar Narkotika, Kiloan Sabu dan Ratusan Ekstasi Diamankan

Banjir Balangan, Distribusi Bantuan ACT-MRI Aman

- Apahabar.com     Jumat, 5 April 2019 - 10:49 WITA

Banjir Balangan, Distribusi Bantuan ACT-MRI Aman

Tim relawan menyalurkan sejumlah bantuan dari para dermawan melalui ACT untuk korban banjir di Kabupaten Balangan. Foto-ACT for apahabar.com

apahabar.com, BALANGAN – Kedatangan relawan MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) Balangan disambut sumringah oleh warga di tiga desa, Kecamatan Juai, Balangan, Kalimantan Selatan, Rabu (3/4). Para relawan datang membawa paket logistik untuk mereka.

Logistik berupa nutrisi tersebut merupakan bantuan dari para dermawan yang dititipkan ke Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Selatan. “Terima kasih banyak donatur dan ACT,” ucap H Bahrudin mewakili warga Desa Mihu.

Selain Desa Mihu, para relawan juga menyambangi Desa Lalayau dan Desa Bata. Relawan yang terlibat tak hanya dari MRI Balangan. Namun juga ada dari PMI (Palang Merah Indonesia) dan Tagana. Mereka bergotong-royong saling membahu mendistribusikan bantuan.

“Alhamdulillah proses distribusi berjalan lancar, meski kondisi masih sering hujan,” ujar Nurul Yaqin selaku Ketua MRI Balangan, dalam keterangan resminya, Jumat (5/4).

Nurul berharap bantuan yang diberikan bisa menjadi penghibur bagi warga yang terdampak banjir. “Insyaallah masih ada beberapa desa lagi yang akan kami datangi,” terangnya.

Baca Juga: Setahun the Great Return March, Dukungan Indonesia Terus Bergelora

Baca Juga: Serangan Roket Hujani Gaza

Sabtu (30/3) lalu banjir menerjang Kabupaten Balangan dan menyebabkan jalan, permukiman dan sawah warga terendam. Dua kecamatan yang terdampak paling parah adalah Kecamatan Juai dan Kecamatan Halong. MRI Balangan hadir membersamai warga sejak banjir terjadi.

Hingga hari ini (5/4) debit air masih naik turun. Bahkan, pantau relawan pada Selasa (2/4) lalu debit air naik lagi akibat curah hujan cukup tinggi. Beberapa pelajar di Desa Uyam terpaksa menyeberangi genangan air setinggi paha orang dewasa demi mengikuti Ujian Nasional di Desa Tujuh.

Menyikapi banjir tahunan itu, Badriansyah selaku warga di Desa Lalayau berharap banjir segera reda dan ke depan tidak terjadi lagi.

“Bencana alam memang bukan kuasa manusia, tapi kami berharap ke depan tidak terjadi kembali,” ucapnya.

ACT Kalsel turut prihatin dengan musibah yang melanda warga Balangan. Hal ini disampaikan oleh Plt Kacab ACT Kalsel Zainal Arifin.

“Musibah itu bisa kita maknai dalam dua sisi kebaikan. Pertama, menjadi ujian kenaikan kelas bagi korban agar derajatnya ditinggikan. Kedua, menjadi peluang amal kebaikan bagi yang mau peduli. Semoga masing-masing kita bisa menjadi manusia terbaik di dunia dan akhirat,” ujar Zainal.

Saat ini posko kemanusiaan ACT MRI untuk banjir Balangan telah hadir di Desa Lampihong Selatan Kota Paringin, Kabupaten Balangan. Warga Kalimantan Selatan yang ingin menyelurkan bantuan bisa menghubungi ACT Kalsel atau MRI Balangan.

Baca Juga: Tiba di Christchurch, Keluarga Zulfirmansyah Bergegas ke Rumah Sakit

Baca Juga: Siap Buat Rumah Singgah untuk Pasien Balangan

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

ACT

Meluaskan Jangkauan Distribusi Air, ACT Luncurkan Water Truck
apahabar.com

ACT

Ramadan 2019, ACT Pasok 250 Ton Makanan untuk Warga Gaza
apahabar.com

ACT

SIT Ukhuwah Banjarmasin Siapkan Generasi Qurani yang Cinta Sesama
apahabar.com

ACT

Awal Tahun, Layanan Kesehatan ACT Sapa Gaza
apahabar.com

ACT

Layanan Kesehatan Jaga Anak-anak Gaza di Musim Dingin
apahabar.com

ACT

ACT dan Rintara Jaya Kalsel Libatkan Puluhan Relawan Kurangi Sampah Plastik
apahabar.com

ACT

Nonton Bareng Film Hayya, ACT Kalsel dan Gentara Gerakkan Kepedulian Banua
apahabar.com

ACT

Pasca-gempa M7,0, ACT: Warga Ternate Beraktivitas Seperti Biasa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com