Lapas Banjarmasin Terpapar Covid-19, Satu Positif dan 8 Reaktif ‘Olahraga’ Malam, Ratusan Pemuda di Tapin Arak Motor Sampai Polres CEK FAKTA: Covid-19 Jadi Ladang Bisnis RS di Banjarmasin? Duh, Zona Hitam Covid-19 di Banjarmasin Bertambah! Selama Pandemi, Biaya Operasional Bekantan Kalsel Kian Melonjak




Home Kalsel

Senin, 22 April 2019 - 14:08 WIB

Basarnas Banjarmasin Asah Kemampuan

Redaksi - Apahabar.com

Puluhan personel Basarnas mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Senin (22/5) siang. Foto-Basarnas for apahabar.com

Puluhan personel Basarnas mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Senin (22/5) siang. Foto-Basarnas for apahabar.com

apahabar.com, BANJARBARU – Untuk meningkatkan kemampuan personel, Kantor Pusat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) SAR Planning Angkatan XXVI Tahun 2019.

Diklat ini dilaksanakan  di ruang Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Senin (22/4) pagi.

Diklat ini rencananya akan dilaksanakan selama 17 hari, mulai Senin (22/4) sampai Minggu (8/5) nanti. Kegiatan diikuti 25 personel dari Kantor Pusat Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin. Serta personel dari Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Yogjakarta.

Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin Mujiono mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan, kunci utamanya adalah perencanaan, yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam operasi evakuasi.

Baca Juga: Kalsel Dapat Jatah Tambahan Kuota Haji, Berapa?

“Perhitungan yang presis mulai dari titik duga lokasi kejadian, daerah pencarian, pengerahan personel dan peralatan baik dari Basarnas. Maupun potensi yang dibutuhkan, sarana prasarana pendukung baik di darat, laut maupun udara, koordinasi lintas sektoral dengan potensi hingga pembuatan pelaporan akhir. Akan ditransformasikan secara mendalam pada diklat ini,” ungkapnya membuka Diklat Senin (22/4) siang.

Baca juga :  Tingkat Literasi Rendah, Masyarakat Diminta Tak Terbuai dengan 'New Normal'

Dia menambahkan, adapun output yang diharapkan setelah pelaksanaan diklat SAR planning ini nanti. Basarnas akan memiliki tenaga SAR Planner yang berkompeten dan dapat andalkan.

Dalam mewujudkan target operasi Basarnas, yaitu berhasilnya pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan. Pada setiap waktu dan tempat secara cepat, handal dan aman.

Baca juga :  Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Warning Pengusaha THM

“Bencana, kecelakaan maupun kondisi yang membahayakan manusia memiliki sifat unpredictable. Dengan segala karakteristik dan aspeknya menjadi tantangan di masa depan yang harus kita hadapi bersama,” terangnya.

Dia menegaskan, Basarnas sebagai pemangku kepentingan utama dalam operasi pencarian dan pertolongan. Wajib hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan ini tanggung jawab negara.

Baca Juga: Kesempatan Kerja untuk Difabel Kian Terbuka

“Kami juga berharap Diklat ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan. Kualitas yang terbina agar dapat menjadi ajang pembelajaran bertukar pikiran, pengalaman serta mempererat jalinan silaturahmi,” tutupnya.

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ikut Gowes, Mardani H Maming Jadi Perhatian Peserta “Jhonlin Ride”
apahabar.com

Kalsel

Cara Kreatif Warga Kampung Tangguh Banua Basirih Jaga Ketahanan Pangan
apahabar.com

Kalsel

Bicara Pengembangan Kemasan, Puluhan Pegiat UMKM Datangi Sekretariat PDI Perjuangan
apahabar.com

Kalsel

Aliran Listrik Kalselteng Kembali Normal
Fakta Baru 40 ODP Gowa di Tapin, 4 Reaktif Covid-19

Kalsel

Fakta Baru 40 ODP Gowa di Tapin, 4 Reaktif Covid-19
Kebutuhan Ditanggung Haji Ijai, Keluarga Covid-19 di Tapin Sehat Sentosa

Kalsel

Kebutuhan Ditanggung Haji Ijai, Keluarga Covid-19 di Tapin Sehat Sentosa

Kalsel

VIDEO: Dini Hari 54 Orang Terjaring Razia Pekat, Kasus Prostusi Online Hingga Pesta Sabu
apahabar.com

Kalsel

Dinsos Kalsel Sebut Program Keluarga Harapan Tepat Sasaran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com