Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Basarnas Banjarmasin Asah Kemampuan

- Apahabar.com Senin, 22 April 2019 - 14:08 WIB

Basarnas Banjarmasin Asah Kemampuan

Puluhan personel Basarnas mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Senin (22/5) siang. Foto-Basarnas for apahabar.com

apahabar.com, BANJARBARU – Untuk meningkatkan kemampuan personel, Kantor Pusat Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) SAR Planning Angkatan XXVI Tahun 2019.

Diklat ini dilaksanakan  di ruang Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Senin (22/4) pagi.

Diklat ini rencananya akan dilaksanakan selama 17 hari, mulai Senin (22/4) sampai Minggu (8/5) nanti. Kegiatan diikuti 25 personel dari Kantor Pusat Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banjarmasin. Serta personel dari Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Yogjakarta.

Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan Banjarmasin Mujiono mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan, kunci utamanya adalah perencanaan, yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam operasi evakuasi.

Baca Juga: Kalsel Dapat Jatah Tambahan Kuota Haji, Berapa?

“Perhitungan yang presis mulai dari titik duga lokasi kejadian, daerah pencarian, pengerahan personel dan peralatan baik dari Basarnas. Maupun potensi yang dibutuhkan, sarana prasarana pendukung baik di darat, laut maupun udara, koordinasi lintas sektoral dengan potensi hingga pembuatan pelaporan akhir. Akan ditransformasikan secara mendalam pada diklat ini,” ungkapnya membuka Diklat Senin (22/4) siang.

Dia menambahkan, adapun output yang diharapkan setelah pelaksanaan diklat SAR planning ini nanti. Basarnas akan memiliki tenaga SAR Planner yang berkompeten dan dapat andalkan.

Dalam mewujudkan target operasi Basarnas, yaitu berhasilnya pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan. Pada setiap waktu dan tempat secara cepat, handal dan aman.

“Bencana, kecelakaan maupun kondisi yang membahayakan manusia memiliki sifat unpredictable. Dengan segala karakteristik dan aspeknya menjadi tantangan di masa depan yang harus kita hadapi bersama,” terangnya.

Dia menegaskan, Basarnas sebagai pemangku kepentingan utama dalam operasi pencarian dan pertolongan. Wajib hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan bantuan ini tanggung jawab negara.

Baca Juga: Kesempatan Kerja untuk Difabel Kian Terbuka

“Kami juga berharap Diklat ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan. Kualitas yang terbina agar dapat menjadi ajang pembelajaran bertukar pikiran, pengalaman serta mempererat jalinan silaturahmi,” tutupnya.

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Siaga Corona, Bandara Syamsudin Noor Mulai Operasikan Thermal Scanner
apahabar.com

Kalsel

Rekonstruksi Pola Pikir Pelajar Menengah, KM2HST Gelar Seminar
Debat Pilkada 2020

Kalsel

Debat Pilkada 2020, AMPI Kalsel Nilai BirinMu Kuasai Materi
apahabar.com

Kalsel

Subsidi Gaji, Ratusan Nomor Rekening Naker Kalsel Belum Tervalidasi
Diduduki Politisi, Fatayat NU Bebas Politik

Kalsel

Diduduki Politisi, Fatayat NU Bebas Politik  
apahabar.com

Kalsel

24 Ribu Pelajar di Kalsel Terima Bantuan Paket Internet, Disalurkan hingga Desember
apahabar.com

Kalsel

Tak Bisa Berenang, Bocah Lenyap di Sungai Barito
apahabar.com

Kalsel

Alhamdulillah, Bayi Usia Sehari Terpapar Covid-19 Asal Tabalong Sembuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com