Dini Hari, Polisi Amankan 9 Motor di Banjarmasin Timur Zakaria, Pejuang Covid-19 di Tanah Laut Tutup Usia Malam Minggu, Siring Laut di Kotabaru Kembali Bernadi walau Pandemi Putrinya Hanyut, Bapak Meregang Nyawa di Irigasi Karang Intan Kabar Baik, Tanbu Tambah Pasien Sembuh dari Covid-19




Home Gaya

Sabtu, 27 April 2019 - 17:21 WIB

Begini Cara Pakai Obat Kumur Saat Berpuasa

Redaksi - Apahabar.com

Ilustrasi obat kumur antiseptik. Foto – Viva.co.id

Ilustrasi obat kumur antiseptik. Foto – Viva.co.id

apahabar.com, JAKARTA – Jelang Ramadan, obat kumur seakan menjadi solusi bagi orang-orang yang akan berpuasa untuk mencegah bau mulut. Tapi, benarkah demikian?

Meskipun menyikat gigi sangat penting dilakukan untuk membersihkan gigi dari sisa makanan. Namun faktanya, menyikat gigi hanya menyumbang 53 persen proteksi untuk rongga mulut.

Dilansir Antara, Dokter spesialis konservasi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (Unpad) Irmaleny, di Jakarta, mengatakan obat kumur bermanfaat menghilangkan plak di gigi. Plak itu terbentuk dari sisa makanan yang tidak dibersihkan.

“Jika dibiarkan, plak akan menumpuk dan menyebabkan munculnya karang gigi. Akibatnya, muncul bau mulut,” ujarnya, Sabtu (27/4/2019).

Baca juga :  Viral, Pria di Lombok Nikahi Wanita Cantik dengan Mahar Sandal Jepit

Obat kumur, menurut Irma, perlu digunakan saat Anda benar-benar membutuhkannya. Irma menyarankan cara terbaik untuk menghindari bau mulut adalah dengan menyikat gigi secara rutin dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

“Saat puasa, disikat, di-floshing dengan benang gigi. Obat kumur boleh, tapi tidak boleh dipakai terus-terusan. Obat kumur untuk bersihkan plak,” kata dia.

Irma menuturkan, penggunaan obat kumur yang terus menerus akan mengganggu keseimbangan bakteri baik di mulut. Oleh karena itu, jika satu botol obat kumur sudah Anda pakai habis, tidak perlu membeli yang baru.

Baca juga :  Kucing Hanya Diberi Makanan Kering, Bolehkah?

“Biasanya kalau habis satu botol, ya sudah. Di mulut, harus ada bakteri normal. Kalau pakai obat kumur, nanti hilang (bakteri baik). Sebaiknya, jangan berbotol-botol,” ujarnya.

Sementara, dokter spesialis prostodontik dari Surabaya Sandy Aditya menambahkan solusi untuk menghindari bau mulut saat berpuasa yaitu dengan menghindari makanan berminyak, pedas, dan mengandung bawang putih.

Baca Juga: Bukber di Roditha Banjarbaru, Dapatkan Cashback Rp800 Ribu

Baca Juga: Waspadai Penyakit Serius Jika Mendadak Bangun Malam

Editor: Aprianoor

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Imlek 2019, Keindahan Indonesia Goda Turis Tiongkok
apahabar.com

Gaya

Tips Bagi Memelihara Ikan Koi Hingga Menguntungkan
apahabar.com

Gaya

Suka Minum Kafein Saat Hamil, Bisa Memicu Bayi Lahir Prematur
apahabar.com

Gaya

Cegah Corona, Intip Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer di Rumah
apahabar.com

Gaya

Kanker Payudara pada Lelaki, Bagaimana Pengobatannya?
apahabar.com

Gaya

Soal Dugaan Konspirasi di Balik Covid-19, Simak Kata Peneliti Indonesia
apahabar.com

Gaya

Saran Psikolog, Terapkan Ini Hindari Covid-19 di Rumah
apahabar.com

Gaya

Komunitas Driver Mahligai Sehati Taati Aturan Main
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com