Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru

Begini Cara Pakai Obat Kumur Saat Berpuasa

- Apahabar.com Sabtu, 27 April 2019 - 17:21 WIB

Begini Cara Pakai Obat Kumur Saat Berpuasa

Ilustrasi obat kumur antiseptik. Foto – Viva.co.id

apahabar.com, JAKARTA – Jelang Ramadan, obat kumur seakan menjadi solusi bagi orang-orang yang akan berpuasa untuk mencegah bau mulut. Tapi, benarkah demikian?

Meskipun menyikat gigi sangat penting dilakukan untuk membersihkan gigi dari sisa makanan. Namun faktanya, menyikat gigi hanya menyumbang 53 persen proteksi untuk rongga mulut.

Dilansir Antara, Dokter spesialis konservasi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (Unpad) Irmaleny, di Jakarta, mengatakan obat kumur bermanfaat menghilangkan plak di gigi. Plak itu terbentuk dari sisa makanan yang tidak dibersihkan.

“Jika dibiarkan, plak akan menumpuk dan menyebabkan munculnya karang gigi. Akibatnya, muncul bau mulut,” ujarnya, Sabtu (27/4/2019).

Obat kumur, menurut Irma, perlu digunakan saat Anda benar-benar membutuhkannya. Irma menyarankan cara terbaik untuk menghindari bau mulut adalah dengan menyikat gigi secara rutin dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

“Saat puasa, disikat, di-floshing dengan benang gigi. Obat kumur boleh, tapi tidak boleh dipakai terus-terusan. Obat kumur untuk bersihkan plak,” kata dia.

Irma menuturkan, penggunaan obat kumur yang terus menerus akan mengganggu keseimbangan bakteri baik di mulut. Oleh karena itu, jika satu botol obat kumur sudah Anda pakai habis, tidak perlu membeli yang baru.

“Biasanya kalau habis satu botol, ya sudah. Di mulut, harus ada bakteri normal. Kalau pakai obat kumur, nanti hilang (bakteri baik). Sebaiknya, jangan berbotol-botol,” ujarnya.

Sementara, dokter spesialis prostodontik dari Surabaya Sandy Aditya menambahkan solusi untuk menghindari bau mulut saat berpuasa yaitu dengan menghindari makanan berminyak, pedas, dan mengandung bawang putih.

Baca Juga: Bukber di Roditha Banjarbaru, Dapatkan Cashback Rp800 Ribu

Baca Juga: Waspadai Penyakit Serius Jika Mendadak Bangun Malam

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Pakar Siber: Waspada Privasi dan Keamanan Saat Pakai VPN
apahabar.com

Gaya

Waspada Heat Stroke, Berikut Gejala dan Tips dari Dokter Rudi Rafisa
apahabar.com

Gaya

Teknik Ampuh Atasi Cemas Berlebih dengan ‘Mindfulness’, Yuk Dicoba!
apahabar.com

Gaya

Biaya Langganan Netflix Naik Mulai Agustus
apahabar.com

Gaya

Mengapa Covid-19 Bikin Orang Sehat Jadi Diabetes?

Gaya

Handphone Anda Sering Hang? Simak 5 Solusinya
apahabar.com

Gaya

Model Video Klip Religi Yudan dan Sakti Sheila On Seven, Ada Rai Mualaf?
apahabar.com

Gaya

Gaya Hidup Milenial Rentan Hipertensi, Simak Penyebab dan Cara Mencegahnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com