BREAKING NEWS: BNN Benarkan Tangkap Oknum DPRD Tala Saat Pesta Sabu Bisnis Terselubung, Polisi Kotabaru Tangkap 2 Pelaku TV Kabel Rekonstruksi Pembunuhan di Buncit Indah, Satu Pelaku Sakit Dikabarkan Tertangkap Pesta Sabu, SRN Anggota DPRD Tanah Laut Buka Suara MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel

BPJS Kesehatan Banjarmasin Bayar Utang Rp180 Miliar Lebih 

- Apahabar.com Selasa, 16 April 2019 - 19:46 WIB

BPJS Kesehatan Banjarmasin Bayar Utang Rp180 Miliar Lebih 

BPJS. Foto-NusantaraNews

apahabar.com, BANJARMASIN – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Banjarmasin telah membayarkan hutang klaim jatuh tempo dan kapitasi sepanjang bulan April 2019, mencapai Rp 180.655.353.786.

Jumlah sebanyak itu untuk 359 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), 31 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Lanjutan (FKTPL), 37 Apotek PRB, 3 Lab dan 13 Optikal dalam ruang lingkup cabang BPJS Banjarmasin.

Baca Juga: Usai Pemilu, Wakil Rakyat Kalsel Siap-Siap ke Keluar Negeri

“Secara nasional BPJS Kesehatan menggelontorkan dana sebesar Rp 11 triliun untuk membayarkan hutang klaim jatuh tempo kepada rumah sakit. Di luar itu, pembayaran dalam bentuk dana kapitasi kepada FKTP sebesar Rp 1,1 milyar,” ungkap Kepala Cabang BPJS Kesehatan Banjarmasin, Tutus Novita Dewi kepada apahabar.com.

Dikatakan, upaya menuntaskan pembayaran fasilitas kesehatan ini, dapat terwujud karena ada dukungan penuh dari Kementerian Keuangan (Kemenkue) dan Kementerian Kesehatan(Kemenkes).

Apalagi untuk pembayaran tagihan klaim rumah sakit yang lolos verifikasi, dan sudah jatuh tempo, akan dibayar pihaknya dengan mekanisme first in first out, atau sesuai urutan pembayarannya

“Tanggal 15 merupakan tanggal pembayaran kapitasi untuk FKTP. Oleh karena itu, ada kemungkinan pembayaran non kapitasi dan tagihan rumah sakit, kita bayarkan pada hari berikutnya,” ujarnya.

Apalagi mitra perbankan, kata Tutus menjalankan transaksi untuk pembayaran dana kapitasi ini dulu.

“Tetapi kita pastikan kewajiban pembayaran ke fasilitas kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku, dan kita juga berkoordinasi dengan seluruh kantor cabang untuk memantau dan memastikan fasilitas kesehatan di wilayah kerjanya telah dibayar sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” terangnya,

Selain itu ia berharap, dengan dibayarnya hutang klaim jatuh tempo oleh BPJS Kesehatan kepada fasilitas kesehatan, pihak fasilitas kesehatan juga bisa melakukan kewajibannya sesuai dengan yang tertuang dalam regulasi. Begitu juga rumah sakit dapat kian optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada para pasien JKN-KIS.

“Kami selalu berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan yang melayani peserta JKN-KIS untuk memberikan pelayanan terbaik tanpa diskriminasi, sebagaimana yang diatur dalam regulasi yang ditetapkan pemerintah,” ucapnya

Dengan demikian, ia kembali mengharapkan masyarakat semakin yakin bahwa program ini akan terus berlangsung, rumah sakit menjadi lebih tenang dan tenaga kesehatan merasa nyaman,.

Lebih jauh dijelaskan, Program JKN-KlS yang dikelola BPJS Kesehatan disamping memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas, juga memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan industri kesehatan dan menciptaan lapangan kerja.

Bahkan apabila terdapat kekurangan, hendaknya dapat diperbaiki bersama-sama.

“Jangan sampai ada diskriminasi pelayanan yang bersifat kasuistis, lalu digeneralisir. sementara banyak peserta JKN-KIS yang terlayani dengan baik,” terangnya.

Kedepannya, ia mengakui pemerintah akan terus menjaga sustainabilitas Program JKN-KIS ini, dan pelayanan kepada masyarakat akan terus diperbaiki.

“Kami berterima kasih kepada penyedia layanan (provider) sekaligus mohon maaf serta apresiasi atas kerja sama, pengertian dan kesabarannya selama ini,” tutupnya.

Baca Juga: Lapas Banjarbaru Jamin Pemilu Aman

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

TP PKK di Kalsel Diminta Aktif Sosialisasikan Penggunaan Masker
apahabar.com

Kalsel

Dewan Sesalkan PT Smart Manfaatkan Pelabuhan PPI di Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

PSBB Banjarmasin Jilid II, Masih Banyak Warga yang Bandel
apahabar.com

Kalsel

Imbas Covid-19, Masjid Hasanuddin Madjedi Lengang
apahabar.com

Kalsel

Warga Keluhkan Lambannya Penanganan Jalan Amblas di Banua Lawas
apahabar.com

Kalsel

Meresahkan, Ular Piton Besar Berhasil Ditangkap 3 Pemuda di Tabalong
apahabar.com

Kalsel

TNI AU Turunkan Pesawat Super Canggih Cari Korban Tenggelam KM Pieces
apahabar.com

Kalsel

Resahkan HSU, Garong yang Sering Nyelonong ke Kelambu Ditangkap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com