Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Bupati Genjot Kualitas Pelayanan Petugas Desa di Bidang Kependudukan

- Apahabar.com Kamis, 25 April 2019 - 19:55 WIB

Bupati Genjot Kualitas Pelayanan Petugas Desa di Bidang Kependudukan

Sosialisasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2019 di Gedung Kesenian, Kandangan, Kabupaten HSS, Kamis (25/04/2019). Foto-Kominfo HSS.

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry membuka Sosialisasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2019, Kamis (25/04/2019).

Kegiatan yang digelar di Gedung Kesenian ini diikuti 148 orang dari seluruh perangkat desa & kelurahan setempat.

Bupati H Achmad Fikry menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan acara ini. Dikatakannya bahwa hal ini memang sangat mutlak diperlukan pada era teknologi dewasa ini.

Mengingat sumber daya manusia sekarang harus selaras dengan perkembangan zaman.

“Pelayanan bisa maksimal apabila petugas di desa memahami tugas dan proses di bidang kependudukan ini. Data kependudukan dan pencatatan sipil itu bersifat dinamis, yang selalu berubah dari waktu ke waktu, sehingga berbagai kebijakan pemerintah pun akan menyesuaikan,” katanya.

Untuk itu perlu dibutuhkan perangkat desa yang selalu mampu mengikuti perkembangan.

Paling tidak, desa dan kelurahan sebagai ujung tombak pelayanan, harus mempunyai data yang valid dan terkini tentang kependudukan di desa yang bersangkutan.

Bupati Achmad Fikry juga menyampaikan bahwa pemerintah terus berupaya agar semua warga masyarakat bisa memiliki dokumen catatan sipil.

Untuk daerah terpencil sendiri Pemkab HSS sudah mengambil kebijakan dengan mengadakan pelayanan catatan sipil di Kecamatan Daha dan Loksado.

Sehingga masayarakat di dua wilayah terjauh ini bisa mendapatkan pelayanan yang mudah tanpa harus ke Kandangan, sebagai ibukota kabupaten.

Yang terbaru juga adalah pelayanan Samsat di Nagara. Hal ini sebagai wujud pemenuhan dari keinginan masyarakat untuk mendapatkan percepatan pelayanan.

Kegiatan sosialisasi ini sekaligus merupakan upaya Pemkab dalam mensukseskan program pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas pelayanan yakni Go Digital dan GISA.

Go Digital adalah berupa tanda tangan elektronik dan akte online, sedangkan GISA adalah Gerakan Indonesia Sadar Adminduk.

Dan ini harus dimulai dari tataran paling bawah, yakni Aparat Desa Dan Kelurahan.

Sementara itu, sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Rachmat, S.Sos, MM, menyebutkan acara ini diselenggarakan dengan tujuan agar para perangkat desa dan kelurahan sebagai perpanjangan tangan pemerintah.
Harapannya mereka mampu memahami sekaligus menyampaikan kepada masyarakat terkait kebijakan pemerintah, dalam hal data kependudukan dan pencatatan sipil di daerah ini.

Adapun sebagai narasumber dalam acara sosialisasi kali ini adalah tim dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil HSS.

Baca Juga: Deklarasi Menjaga Kedamaian Pasca Pemilu di HSS

Baca Juga: Bupati HSS Presentasi Langsung ke Tim Penilai WTN

Reporter: AHC01
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Ketua DPRD HSS: Masyarakat Terganggu Adanya Aktivitas Peti
apahabar.com

HSS

Dua Pelajar Kandangan Berprestasi di LKS  
apahabar.com

HSS

IPHI Kabupaten HSS Dikukuhkan
apahabar.com

HSS

Pandangan Umum Fraksi DPRD HSS untuk Dua Raperda
apahabar.com

HSS

Negatif Covid-19, Dua ODP di HSS Dipulangkan
apahabar.com

HSS

Sepekan, 37 Pelanggar Perbup HSS Diberi Sanksi Sosial
apahabar.com

HSS

Komitmen Terapkan Prokotol Kesehatan di Pilkada HSS 2020, Achmad Fikry: Lokasi TPS Harus Luas
apahabar.com

HSS

Sesuai Wasiat, Guru Pahampangan Dimakamkan di Dalam Majelisnya Sendiri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com