3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Tak Ber-IMB, Inspektorat Turun Tangan Menyingkap Tabir Sejarah Banjar (1): Misteri Makam Demang Lehman Luna Maya Pakai Dress Rp 44 Juta dan Handbag Rp 383 Juta, Netizen Kira Mantan Ariel Noah Tenteng Kaleng Cat! Kejutan! OPIN Susul Insan Kotabaru Dukung 2BHD Jadwal Liga Champions Malam Ini, Liverpool, City, Real Madrid, Inter, Live SCTV, Barcelona vs Juventus Besok!

Dewan Dorong Realisasi Waduk Riam Kiwa dan Bendungan Kusan Hulu

- Apahabar.com Selasa, 2 April 2019 - 11:11 WIB

Dewan Dorong Realisasi Waduk Riam Kiwa dan Bendungan Kusan Hulu

apahabar.com, BANJARMASIN – DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mendorong realisasi waduk Riam Kiwa, dan Bendungan Kusan Hulu.

Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur kembali mendatangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, dalam hal ini Ditjen Sumber Daya Air di Jakarta.

“Kedatangan kami kali ini ke Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR untuk membicarakan rencana pembangunan Waduk Riam Kiwa dan Bendungan Kusan Hulu,” ujar Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel Riswandi sebelum adakan pertemuan, Selasa (2/4) dikutip dari Antara.

“Kita perlu membicarakan Waduk Riam Kiwa (kiwa = kiri) di Kabupaten Banjar, Kalsel yang daerah aliran sungainya berhulu pada Pegunungan Meratus. Karena kalau terealisasi akan multi fungsi,” tuturnya via telepon seluler.

Menurut anggota DPRD Kalsel tiga periode dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, kalau Waduk Riam Kiwa terealisasi, bukan saja sebagai sumber air baku untuk perusahaan air minum (PAM) melainkan pula buat irigasi pertanian. Selain itu, bisa sebagai daerah tangkapan air, dan pengendali banjir.

Baca Juga: “Charge Energy” di Waduk Riam Kanan

Begitu pula keberadaan Bendungan Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalsel. Merupakan keniscayaan dalam upaya penyediaan infrastruktur pertanian, serta sebagai pengendali banjir.

“Apalagi Kalsel berobsesi mau menjadi lumbung pangan Kalimantan, sehingga sebagai penunjang perlu terbangun Waduk Riam Kiwa serta Bendungan Kusan Hulu,” ujar laki-laki berdarah Minang yang tidak mencaleg lagi pada Pemilu 2019 itu.

Selama ini, untuk menunjang pembangunan pertanian di Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut sudah terbangun sejumlah waduk dan bendungan yang mampu mengairi persawahan ribuan hektare.

Sebagai contoh Waduk Riam Kanan juga berada di Kabupaten Banjar. Yang mana pembangunannya 1970-an, selain untuk pertanian, berfungsi pula menjadi pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Sementara pada beberapa kabupaten di Banua kini sedang pembangunan bendungan, dan di antaranya ada dalam penuntasan agar sesegeranya fungsional.

Bendungan-bendungan tersebut yaitu, Kinarum Kabupaten Tabalong, Pitap Kabupaten Balangan, Alai Kabupaten HST, serta Bendungan Amandit HSS, demikian Riswandi.

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Stok Darah Berkurang, PMI Banjarmasin Was-Was Jelang Lebaran
apahabar.com

Kalsel

Jumat Berdarah di Sungai Andai Diduga Hanya karena Uang Jajan
apahabar.com

Kalsel

Terkuak, Motif Bidan Muda di Teweh Nekat Habisi Anak Sendiri
apahabar.com

Kalsel

Hadiri HKGB ke-68, Kapolda Kalsel Ajak Bhayangkari Memaknai Peran
apahabar.com

Kalsel

Reklame Cabutan Kembali Tayang, Wali Kota-Kasat Pol PP Beda Persepsi
apahabar.com

Kalsel

Pemprov Kalsel Diingatkan Antisipasi Dini Limbah Industri
apahabar.com

Kalsel

Cegah Virus Corona, Polda Kalsel Siagakan Detasemen KBR
apahabar.com

Kalsel

Marak Kebakaran Lahan, Banjarbaru Tetapkan Status Siaga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com