Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Film Suara April, Diharapkan Tingkatan Partisipasi Pemilih

- Apahabar.com Rabu, 10 April 2019 - 21:56 WIB

Film Suara April, Diharapkan Tingkatan Partisipasi Pemilih

Masyarakat menonton film berjudul ‘Suara April’ yang diproduksi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tayang perdana di Cinema XXI Duta Mall Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kasel) pada Rabu (10/4/2019). Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Film berjudul ‘Suara April’ yang diproduksi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tayang perdana di Cinema XXI Duta Mall Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kasel) pada Rabu (10/4/2019).

‘Suara April’ merupakan film bergenre drama terinspirasi dari perjuangan Relawan Demokrasi. Film ini untuk mengajak penonton menggunakan hak suaranya dalam cara populer di kalangan anak muda.

Di akhir penayangan, Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kalsel Edy Ariansyah menyatakan, bahwa film berdurasi 90 menit itu ditujukan sebagai edukasi dengan menonjolkan kebijakan Relawan Demokrasi dalam memperjuangkan partisipasi pemilih.

Menurutnya, dari pemutaran film pemilu ini tidak dikomersilkan ke masyarakat. Namun, KPU Kalsel berencana untuk mendistribusikan ke kabupaten/kota sebagai instrumen mensosialisasikan tata cara pencoblosan, ajakan memilih pada 17 April 2019, jenis surat suara, pengenalan peserta pemilu, tata cara pindah pemilih dan ajakan memilih tanpa vote buying.

apahabar.com

Tarmidzi salah satu pemeran film Suara April menjelaskan film tersebut memiliki pesan moral dalam mengajak masyarakat untuk datang ke TPS. Foto – apahabar.com/Bahaudin Qusairi

Baca Juga: Iwan Setiawan Mundur, Ada Apa dengan Bawaslu Kalsel?

“Ini tentu menjadi hal penting bagi pemilih pada Pemilu 2019, sekaligus meningkatkan partisipasi masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, dalam pemutaran film ini sekaligus mengirimkan doa kepada Torro Margens yang wafat di usia 68 tahun. Sebab, Suara April ini merupakan film terakhir yang diperankannya.

“Setelah memerankan, rupanya beliau dipanggil yang maha kuasa. Tentunya di akhir hayatnya beliau sangat memberi manfaat positif dalam meningkatkan partisipasi politik dan menyukseskan pemilu,” tandasnya.

Turut hadir dalam nonton bareng salah satu pemain film Suara April, Tarmidzi menyebut film edukasi pemilu ini memiliki pesan moral dalam mengajak masyarakat untuk datang ke TPS.

Dirinya yang berperilaku sebagai caleg yang memiliki konotasi kurang baik diharapkan tidak terjadi pada gelaran pemilu pada Rabu 17 April 2019.

“Sebagai caleg tidak boleh berpolitik uang dan saya harap menjadi pelajaran pemilu damai dan adil,” katanya.

Secara umum, film Suara April diproduseri Darius Sinathrya dari karya Sutradara Emil Heraldi dan Wicaksono Wisnu Legowo mengangkat cerita seorang pendidik dan relawan demokrasi yang mencoba mempengaruhi orang-orang di sekitar mereka untuk menggunakan hak suaranya dalam meningkatkan kesadaran pemilih pada pemilu.

Baca Juga: Tunjukkan Jari Tanda Nyoblos, Dapatkan Diskon Makan di Restaurant Golden Tulip

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kuasa Hukum Pimred Banjarhits Desak Kumparan Bertanggung Jawab

Kalsel

Kuasa Hukum Pimred Banjarhits Desak Kumparan Bertanggung Jawab
apahabar.com

Kalsel

Ribuan Jemaah Mulai Padati Pengajian Guru Bakhiet Jelang KH Ma’ruf Amin Datang
apahabar.com

Kalsel

Peringati Haornas 2020, Kapolda Kalsel Gowes Bersama Forkopimda
apahabar.com

Kalsel

Cara Komunitas Amnesia Meriahkan Hari Kemerdakaan
apahabar.com

Kalsel

Kado HUT HST, Tim Bongkar Kios Pasar Keramat
apahabar.com

Kalsel

Gegara Pembeli Nyalakan Rokok, Kios Penjual Bensin di Kelayan A Terbakar
apahabar.com

Kalsel

Patuhi SKB Menteri, Sekolah Tatap Muka di Batola Dimulai Januari 2021
apahabar.com

Kalsel

Kubur 6 Pekerja, Tambang di Sungai Durian Diduga Ilegal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com