‘Olahraga’ Malam, Ratusan Pemuda di Tapin Arak Motor Sampai Polres CEK FAKTA: Covid-19 Jadi Ladang Bisnis RS di Banjarmasin? Duh, Zona Hitam Covid-19 di Banjarmasin Bertambah! Selama Pandemi, Biaya Operasional Bekantan Kalsel Kian Melonjak Belasan Warga Kalsel Terimbas Penyusutan Karyawan Lion Air




Home ACT

Senin, 22 April 2019 - 15:33 WIB

Global Wakaf ACT Hasilkan Minyak Atsiri 175 kg dalam Setahun

Redaksi - Apahabar.com

Lahan seluas 110 hektar yang ditanami serai wangi melalui Global Wakaf-Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Gampong Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya. Foto-ACT

Lahan seluas 110 hektar yang ditanami serai wangi melalui Global Wakaf-Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Gampong Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya. Foto-ACT

apahabar.com, BANJARMASIN – H Mustafa, seorang wakif asal Aceh Jaya, telah mewakafkan lahan seluas 110 hektar yang ditanami serai wangi melalui Global Wakaf-Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Gampong Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya. Hingga April 2019, lahan wakaf ini telah menghasilkan total stok minyak atsiri sebanyak 175 kilogram.

Tidak hanya lahan produktif saja, di akhir tahun 2018 ACT juga menyerahkan bantuan operasional pendidikan berupa 100 unit kasur, 1 unit genset dan dana operasional sebesar 25 juta rupiah kepada pengurus Dayah (Pesantren) Al Anshar di lokasi lahan wakaf tersebut.

Dalam prosesnya, lahan wakaf ini ditanami bibit-bibit serai wangi terbaik dengan waktu panen tiap tiga bulan sekali dan dapat menghasilkan panen sebanyak 4,8-5 ton daun kering per 1 hektar.

Hasil dari serai wangi ini kemudian didistribusikan ke agen-agen maupun langsung ke Kota Blangkejeren Provinsi Aceh dengan kisaran harga 250 sampai 300 ribu/kg. Di sisi lain, keuntungan lahan wakaf disalurkan kepada maukuf alaihi (penerima manfaat) yaitu pesantren dan warga sekitar yang ada di Aceh Jaya dan program-program kemanusiaan ACT lainnya.

Pungki M Kusuma, Operation Manager Global Wakaf mengungkapkan bahwa selain memanen hasil produksi juga mulai disiapkan satu pabrik penyulingan untuk hasil produksi. “Nantinya insya Allah akan dikembangkan lagi karena target market kedepannya adalah untuk ekspor khususnya sebagai bahan parfum. Secara bisnis, Indonesia adalah 5 negara terbesar sebagai pengekspor minyak atsiri,” ungkapnya.

“Tahun ini pun kami berencana mengoptimalkan hasil produksi di lahan 110 hektar tersebut dengan konsisten panen setiap tiga bulan sekali. Dengan begitu lahan wakaf ini akan terus produktif,” imbuh Pungki.

apahabar.com

Hasil serai wangi menjadi minyak atsiri. Foto-ACT

Baca Juga: Hari Kartini, di Mata Si Cantik Rima Anjani Relawan Kemanusiaan ACT

Baca Juga: ACT Kalsel Ajak Warga Kuatkan Palestina

Sebagai gambaran, program wakaf dari global wakaf memiliki tujuan untuk membantu masyarakat umum dalam pemenuhan kebutuhan dasar sekaligus dapat memberdayakan masyarakat sehingga lebih produktif secara ekonomi jangka panjang. Global wakaf pun mengemas potensi wakaf dengan perspektif totalitas penanggulangan krisis kemanusiaan.

Keberhasilan wakaf produktif di Aceh diharapkan mampu memotivasi masyarakat Kalimantan Selatan untuk mau berwakaf. Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin.

“Wakaf adalah salah satu sarana orang beriman untuk menuju surga. Hal ini karena manfaat yang dirasakan untuk masyarakat sangat besar. Jadi, jangan ragu dan jangan ditunda karena Allah pasti ganti yang terbaik di dunia dan di akhirat kelak,” ujarnya. “Wakaf produktif di Aceh ini menjadi salah satu wujud dari kebangkitan perekonomian masyarakat. Semoga semakin banyak pula orang yang  terketuk hatinya untuk berwakaf,” pungkas Zainal.

Baca Juga: Kegembiraan dan Ucapan Syukur dalam Sekotak Pangan

Baca Juga: Dongeng Kemanusiaan dan Layanan Kesehatan ACT di Desa Terpencil

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

ACT

Gaji Rendah Tak Surutkan Semangat Guru di Pelosok Daerah
apahabar.com

ACT

ACT Bagi Ratusan Paket Berbuka Puasa untuk Palestina
apahabar..com

ACT

Regenerasi Kepemimpinan, Penguatan Kiprah ACT untuk Kemanusiaan
apahabar.com

ACT

Kolaborasi Global Qurban-ACT Luaskan Kurban hingga ke Tepian Negeri 
apahabar.com

ACT

ACT Kalsel Renovasi Sekolah Baru untuk MI Nurul Huda di Sungai Tabuk
apahabar.com

ACT

ACT Pasok Bantuan Korban Terdampak Banjir Tanah Bumbu
apahabar.com

ACT

Trauma Healing Korban Kebakaran Alalak, ACT Berkerjasama Kalsel Peduli
apahabar.com

ACT

Anak-anak Nelayan Desa Rampa Bergembira Bersama Karin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com