7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Banjir Masih Merendam Rumah Warga, Dinsos Tabalong Bagikan Sembako Polisi Dalami Kaburnya Habib Rizieq dari Rumah Sakit Ummi Nekat Menjambret Wanita di Siang Bolong, Pemuda Kotabaru Diringkus Tim Macan Bamega Sadis! Begal Mobil Carteran di Pelaihari Buang Jasad Korban ke Hutan Sawit

Hanya 20 Persen Napi di Banjarmasin Salurkan Hak Suaranya

- Apahabar.com Kamis, 18 April 2019 - 13:21 WIB

Hanya 20 Persen Napi di Banjarmasin Salurkan Hak Suaranya

Warga binaan Lapas Teluk Dalam, Banjarmasin. Foto-Tribunnews.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Hanya 20 persen warga binaan permasyarakatan atau narapidana di Lapas Klas A Banjarmasin menyalurkan hak pilihnya.

Dari 2.708 penghuni Lapas, hanya 9 orang yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). Sementara untuk pemilih tambahan terdaftar 836 orang.

“Karena ada warga binaan yang juga sudah bebas. Sedangkan yang baru masuk ternyata tidak memiliki e-KTP dan sebagian hanya bisa terakomodir sebagai pemilih tambahan,” jelas Koordinator KPPS Kasi Binadik Lapas Klas II A Banjarmasin Tri Haryanto di Banjarmasin, Kamis (18/4) dikutip apahabar.com dari Antara.

Ya, angka partisipasi pemilih di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) tampaknya cukup rendah. Ini lantaran sejumlah faktor seperti narapidana yang tak memiliki e-KTP hingga daftar pemilih tambahan yang tak terakomodir akibat kurangnya surat suara.

Kemudian aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menentukan jika pemilih tambahan dapat melakukan pemungutan suara ketika surat suara tambahan telah diberikan oleh KPU dan dapat dilaksanakan pada siang hari setelah pukul 13.00 waktu setempat. Ternyata juga berimbas minimnya partisipasi pemilih di Lapas.

Tri Haryanto menyatakan, pihaknya berkomitmen memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada warga binaan untuk menyumbangkan hak suaranya di pemilu.

Bahkan, proses perekaman e-KTP pun sebelumnya telah dilakukan dalam Lapas hingga narapidana dan tahanan dapat dimasukkan dalam daftar pemilih tambahan.

Sebelumnya, proses pemilu di hotel prodeo yang dikenal dengan sebutan Lapas Teluk Dalam itu dipantau langsung Kalapas Banjarmasin Rudy Charles Gill, dan dihadiri oleh Kabag Umum Rakhmat Renaldy serta para saksi.

Berdasarkan data Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, selain Lapas Banjarmasin yang terbanyak pemilihnya, Lapas dan Rutan lain juga menggelar pemungutan suara yang diikuti warga binaan.

Seperti Lapas Martapura tercatat ada 79 DPT dan 28 pemilih tambahan (DPTb), Lapas Narkotika Klas IIA Karang Intan 27 orang DPTb, Lapas Klas IIB Amuntai 9 DPT dan 346 DPTb, Lapas Klas IIB Kotabaru 39 DPT dan 46 DPTb serta form A5 atau form pindah pilih 421 orang, Lapas Klas III Tanjung 241 DPTb, Lapas Klas III Banjarbaru 3.943 DPTb, Lapas Perempuan Klas IIA Martapura 1 DPT dan 335 DPTb, Rutan Klas IIB Pelaihari 15 DPT dan 247 DPTb dan form A5 247 orang, Rutan Klas IIB Rantau 3 DPT dan 202 DPTb, Rutan Klas IIB Kandangan 1 DPT dan 169 DPTb, Rutan Klas IIB Barabai 4 DPT dan 116 DPTb,Rutan Klas IIB Tanjung 89 DPT dan 55 DPTb serta Rutan Klas IIB Marabahan 9 DPT dan 168 DPTb.

Baca Juga: Baru 5 Kelurahan Kirim Kotak Suara di Banjarmasin Tengah

Baca Juga: Situs Down, Begini Tanggapan KPU

Baca Juga: Kemenangan Jokowi-Ma’ruf di Hitung Cepat Picu Rupiah Menguat

Baca Juga: Usai Pemilu Kemarin, GMNI Kalsel Nyatakan Sikap

Editor: Fariz F

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Meski Kecil, Belanja Kesehatan Tetap Sumbang Inflasi Kalsel

Kalsel

Edan, Napi Kotabaru Kepergok Nyabu Dalam Lapas
apahabar.com

Kalsel

BPJS Nunggak, Bayi Penderita Hidrosefalus di Banjar Tak Bisa ke RS
apahabar.com

Kalsel

Bansos Warga Terdampak Covid-19 di Banjarmasin Disalurkan Kembali
apahabar.com

Kalsel

Workshop Menulis Disambut Antusias, Pegiat Literasi Tanbu: Sangat Penting untuk Para Guru
apahabar.com

Kalsel

Boyong Piala Juara Umum, UPT Damkar Banjar Kembali Raih Apresiasi dari Bupati Khalilurrahman
apahabar.com

Kalsel

Pengedar Narkoba di Banjarmasin Ditangkap Saat Santai di Rumah
apahabar.com

Kalsel

Operasi Yustisi di Banjarmasin Jaring 3 Ribu Pelanggar, Pemkot Banjarmasin Raup Puluhan Juta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com